Android Nougat Resmi Dirilis, Apa Saja Yang Baru?

Android Nougat Resmi Dirilis, Apa Saja Yang Baru?

438
0
SHARE

Android Nougat Resmi Dirilis, Apa Saja Yang Baru? – Google akhirnya secara resmi merilis Android N dan mulai memberikan update resmi pada beberapa perangkat Nexus termasuk Huawei Nexus 6P, LG Nexus 5X, Motorola Nexus 6, HTC Nexus 9 dan yang lainnya. Yang berbeda dari perilisan versi Android v7.0 ini adalah tidak adanya perangkat Nexus apapun yang diperkenalkan yang biasanya berbarengan dengan dirilisnya versi baru Android.

BACA JUGA : Apa Itu Nexus Pada Android?

Padahal, sudah cukup banyak bocoran mengenai calon perangkat Nexus berikutnya yang konon bakal dibuat oleh HTC. Entahlah, mungkin perangkatnya belum siap kali yaa. Oia, bagi kamu yang menggunakan salah satu dari perangkat diatas, jangan langsung panik jika ternyata hapemu belum menampilkan pemberitahuan update OS, karena biasanya, perangkat akan membutuhkan waktu hingga 1 minggu untuk mendapatkan pemberitahuan.

Android Nougat ini membawa beberapa pembaruan dari sisi fitur dan juga keamanan. Dan beberapa fitur baru yang dibawa oleh OS versi ini adalah sebagai berikut :

Emoji Baru

Pembaruan paling sederhana dari versi OS Android ini adalah hadirnya 72 emoji baru untuk membuat pengalaman chatting jadi makin asik, meskipun nggak ada yang lebih asik dari ngumpul bareng dan ngobrol langsung sih 😐

Multitasking Lebih Baik

Trend smartphone layar besar sepertinya menjadi salah satu dasar untuk mengembangkan fitur-fitur multitasking. Nah disini, Google memberikan setidaknya 2 fitur baru yang bakal sangat membantu bagi mereka yang doyan multitasking seperti mimin. Jadi, hape dengan layar dan RAM besar pun bisa dimanfaatkan dengan lebih baik lagi 😀

BACA JUGA : Apa Gunanya RAM Besar Pada Smartphone?

1. Multi Window

Fitur ini memungkinkan kita untuk membuka 2 apps sekaligus secara bersamaan pada satu layar yang akan ditampilkan berdampingan. Fitur ini memang bukan terbilang baru karena beberapa smartphone sudah memilikinya berkat kustomasi UI dari Android.

Fitur multi windowNamun dengan adanya fitur ini secara default, maka sekarang semua perangkat (atau setidaknya yang memiliki layar besar) bakal bisa menikmati fitur multi window tanpa harus melakukan kustomasi UI atau melakukan flashing Custom ROM. Konon, fitur ini bakal bekerja lebih baik jika kita menggunakan perangkat tablet loh. Iyalah, kan layarnya juga lebih lega 😀

2. Quick Switch

Nah fitur untuk mendukung multitasking yang kedua adalah Quick Switch. Fitur ini memungkinkan kita untuk berpindah dari apps yang sedang kita jalankan ke apps yang sebelumnya kita minimize dengan hanya menyentuh tombol recent apps dua kali.

BACA JUGA : Apa Itu Multitasking?

Performa Grafik Lebih Baik

Pada perangkat yang mendukung, Google menjanjikan performa grafik 3D yang lebih baik saat bermain game berkat penggunaan Vulkan API.

Notification Direct Reply

Fitur direct reply android nougatSekarang kita tak perlu lagi membuka apps secara penuh untuk membalas chatting yang masuk. Karena Android Nougat sudah mendukung fitur Notification Direct Reply, dimana fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk membalas pesan secara langsung dari notification bar.

Data Saver

Kamu tak perlu khawatir lagi jika menggunakan paket internet dengan kuota sedikit, karena dengan fitur data saver, perangkat akan mematikan akses data background pada aplikasi, sehingga dapat meminimalisir penggunaan paket data karena aplikasi yang terus aktif menggunakan data.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur baru yang tak bisa mimin sebutkan disini. Nah jadi, kamu suka fitur yang mana nih?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY