Apa Itu Bug Pada Android?

Apa Itu Bug Pada Android?

14270
8
SHARE
Apa Itu Bug Pada Android? – Kalau kamu adalah salah satu pengguna baru smartphone (khususnya Android) maka pasti kamu akan menemukan banyak sekali istilah – istilah yang mungkin asing bagi kamu terutama jika sebelumnya kamu masih sangat awam akan dunia teknologi. Dan karena kamu sudah menggunakan smart device (perangkat pintar) maka alangkah baiknya jika kamu juga memahami istilah – istilah yang berkaitan dengannya agar kamu juga menjadi smart user (pengguna pintar). Nah pada posting kali ini, mimin Techijau.com akan sedikit membahas tentang salah satu istilah yang cukup sering disebutkan dan di dengar di dunia teknologi, yaitu Bug.

Istilah bug pada Android

Jika diartikan dalam arti yang sebenarnya, dalam bahasa Indonesia kata “bug” berarti serangga pengganggu (sering dikaitkan dengan kutu). Lalu apa kaitannya dengan teknologi? Nah mimin akan sedikit menjelaskan tentang sejarah penamaan dan penggunaan istilah bug ini. Menurut Wikipedia, pada jaman dahulu (sekitar tahun 1945) ketika sebuah komputer masih memiliki ukuran sebesar kamar, pihak militer di Amerika Serikat menggunakan komputer “raksasa” tersebut dan dinamakan “Mark 1”.


Nah pada suatu ketika, komputer tersebut tidak dapat bekerja dengan baik. Dan setelah komputer tersebut diperiksa, ternyata ada seekor serangga yang tersangkut di salah satu bagian dari perangkat keras komputer sehingga komputer tidak dapat bekerja dengan semestinya. Sejak itulah istilah “bug” (kutu) sering digunakan jika terjadi masalah pada komputer.Seiring dengan berkembangnya jaman dan banyaknya perangkat canggih, istilah ini masih digunakan sampai sekarang meski hampir tidak mungkin seekor serangga mampu masuk (dan tersangkut) ke dalam sebuah perangkat mungil seperti smartphone misalnya. Istilah ini digunakan untuk mengungkapkan bahwa terdapat sebuah kesalahan pada perangkat (khususnya perangkat lunak atau software) yang menyebabkan perangkat tersebut tidak dapat bekerja atau berfungsi dengan semestinya. Tidak ada standar bagaimana suatu perangkat bisa dikatakan memiliki bug. Yang pasti jika terdapat sesuatu yang janggal, tidak beres atau perangkat tidak bekerja dengan semestinya, maka bisa disebut bahwa perangkat tersebut memiliki bug.

BACA JUGA : Kumpulan istilah pada Android

Nah mungkin itu saja yang bisa mimin bahas soal bug. Untuk menemukan berbagai istilah lain, silahkan telusuri beberapa artikel terkait yang terdapat dibawah posting ini atau kamu bisa jelajahi artikel lain yang terdapat di blog ini. Dan jika kamu masih baru dalam menggunakan perangkat Android, mungkin beberapa artikel tentang tips dasar Android akan berguna untukmu. Semoga bermanfaat 😀

Referensi artikel : Wikipedia

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY