Perbedaan Antara Zenfone 2 Dengan Zenfone Selfie

Perbedaan Antara Zenfone 2 Dengan Zenfone Selfie

11788
0
SHARE
Perbedaan Antara Zenfone 2 Dengan Zenfone Selfie – Awal Juni 2015 kemarin raksasa komputer asal Taiwan, ASUS kembali memperkenalkan smartphone di lini produk Zenfone milik mereka yakni Zenfone Selfie. Jika dilihat sepintas, perangkat ini nampak serupa dengan pendahulunya, Zenfone 2 yang saat ini merupakan smartphone flagship dari ASUS baik dari segi ukuran maupun desain. Namun jika dilihat lebih dekat sebenarnya kita bisa membedakannya dengan mudah karena ada beberapa bentuk fisik yang berubah dari Zenfone Selfie.
Beberapa teman mimin sempat menanyakan soal kedua perangkat ini, dan tidak sedikit yang bertanya manakan yang lebih bagus atau lebih baik. Hemm cukup sulit untuk menilainya mengingat masing-masing perangkat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah pada posting kali ini mimin akan membahas sedikit lebih lengkap mengenai perbedaan antara keduanya baik dari segi spesifikasi, fitur ataupun bentuk fisiknya sehingga kamu bisa melakukan penilaian sendiri dan bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kita mulai dari segi fisiknya.
Bentuk fisik
Jika dilihat dari depan, kita bisa dengan mudah membedakan keduanya berdasarkan letak dan tampilan kamera yang dimiliki keduanya. Pada Zenfone Selfie terlihat memiliki sebuah kamera yang nampak besar di sisi tengah, bagian atas layar. Di samping kiri kamera tersebut memiliki Dual-tone LED Flash, sedangkan di samping kanannya terdapat lubang speaker telepon (earpiece).
Apa bedanya zenfone 2 dengan zenfone selfie
Sedangkan Zenfone 2 nampak memiliki kamera depan yang nampak kecil di bagian kanan atas layar. Logo ASUS terletak di bawah earpiece, yang mana logo ini tidak terlihat pada bagian depan Zenfone Selfie. Selain itu bezel yang dimiliki Zeny 2 terlihat lebih tipis. Beralih ke bagian belakang.
Perbandingan Zenfone 2 dan zenfone selfie
Catatan : Perbandingan ukuran pada gambar tidak sesuai dengan aslinya
Zenfone Selfie memiliki varian cover belakang yang sama seperti Zenfone 2, yakni ada yang “polos” dan ada juga yang memiliki motif hairline (menyerupai logam). Lebih lanjut, nampak terlihat perbedaan peletakan dari LED Flash milik keduanya. Pada Zeny 2, LED Flash tersebut terletak di sisi tengah di atas kamera. Sedangkan Zeny Selfie memiliki LED Flash yang terletak di bagian kanan kamera, lalu di sisi kiri dari kamera tersebut terdapat sebuah titik hitam yang merupakan sensor Laser Autofocus.
Meski sama-sama mengusung layar 5.5 inch, namun Zeny Selfie memiliki fisik yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan Zeny 2. Hal ini menyebabkan Zeny Selfie nampak memiliki bezel yang sedikit lebih tebal.
Layar
Layar yang dimiliki oleh Zenfone Selfie memiliki ukuran dan resolusi yang sama dengan Zenfone 2 model ZE551ML yakni 5.5 inch 1920 x 1080 pixel (Full HD) dengan kepadatan 403 ppi. Namun resolusi ini tentu saja berbeda dengan varian Zeny 2 yang lebih rendah (ZE550ML dan ZE500CL).
Perbedaan Spesifikasi
Dari segi spesifikasi, kedua perangkat ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Zeny 2 menggunakan prosesor Intel pada semua varian modelnya dengan seri ZE551ML yang memiliki CPU Intel Atom Z3580 Quad-core 2.3 GHz 64-bit, dan seri ZE550ML menggunakan CPU Intel Atom Z3560 Quad-core 1.8 GHz 64-bit. Sedangkan Zeny Selfie menggunakan prosesor dari Qualcomm Snapdragon 615 Octa-core (Quad-core 1.5 GHz + Quad-core 1.0 GHz) 64-bit.
Lalu kapasitas RAM dari Zeny Selfie hanya sebesar 3 GB. Sedangkan Zeny 2 memiliki kapasitas RAM hingga 4 GB pada varian tertinggi dan versi dibawahnya mengusung RAM 2 GB.
Beralih ke fitur kamera, Zeny Selfie memiliki fitur kamera belakang yang lebih lengkap serta resolusi kamera depan yang lebih besar. Seperti namanya, Zenfone Selfie memang diperuntukkan bagi para penggemar foto Selfie. Ia mengusung kamera depan beresolusi 13 megapixel dan dilengkapi dengan Dual-tone LED Flash, sedangkan Zeny 2 hanya memiliki kamera 5 megapixel saja di bagian depannya. Dan meski sama-sama mengusung kamera beresolusi 13 megapixel di bagian belakangnya, namun Zeny Selfie sudah dilengkapi dengan sensor Laser autofocus untuk memberikan fokus kamera yang lebih cepat dan akurat khususnya di area pencahayaan minim, sedangkan Zeny 2 tidak memilikinya.
Untuk fitur lainnya seperti kapasitas baterai, mereka sama-sama membawa baterai berkapasitas 3000 mAh, sedangkan untuk software yang digunakan mimin rasa keduanya sama saja karena mereka sama-sama berjalan dengan sistem operasi Android versi 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI. Belum ada informasi yang lebih lengkap mengenai ASUS Zenfone Selfie karena memang produk tersebut baru diperkenalkan pada awal Juni 2015 kemarin dan belum dipasarkan secara resmi khususnya untuk pasar Indonesia. Namun sebagai perbandingan, kamu bisa melihat spesifikasi keduanya pada halaman berikut :

Spesifikasi ASUS Zenfone 2
Spesifikasi ASUS Zenfone Selfie

Berdasarkan fitur yang ada, mimin bisa menyimpulkan bahwa Zenfone 2 lebih diprioritaskan untuk urusan produktivitas, sedangkan Zenfone Selfie lebih dikhususkan untuk entertaintment dan gaya hidup. Nah itulah beberapa perbedaan antara Zeny 2 dengan Zeny Selfie yang bisa mimin bagikan kepada kamu semua. Jika kamu masih bingung untuk memilih, mungkin posting yang berjudul tips memilih smartphone yang sudah mimin buat sebelumnya bisa membantu kamu untuk mengambil keputusan. Silahkan jelajahi blog Dunia Gadget 558 ini untuk mendapatkan update serta info menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY