Apa Fungsi Airplane Mode?

Apa Fungsi Airplane Mode?

1294
0
SHARE
Apa Fungsi Airplane Mode? – Pesawat terbang adalah salah satu alat transportasi tercepat dan merupakan yang teraman di dunia saat ini. Coba pemirsa perhatikan alat transportasi darat seperti mobil, motor, bus, kereta dll. Setiap hari ada saja yang mengalami kecelakaan dengan menggunakan salah satu alat transportasi darat tersebut. Meskipun kita juga cukup jarang mendengar berita kecelakaan pada kereta. Pada saat musim mudik, jumlah kecelakaan lalu lintas darat akan semakin meningkat karena memang ada banyak sekali orang yang “bermigrasi” dari tempat dia merantau ke kampung halamannya, atau sebaliknya.

Bagaimana dengan pesawat terbang? Sangat jarang sekali kita mendengar soal kecelakaan pesawat bukan? Paling tidak dalam setahun hanya terjadi beberapa kali saja, dan jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan angka kecelakaan pada alat transportasi darat. Hal itu tidak lepas dari prosedur keselamatan dalam penerbangan yang sangat ketat, sehingga angka kecelakaan dapat diminimalisir. Salah satu prosedur keamanan penerbangan yang dapat dengan mudah kita perhatikan dan temui adalah dimana kita harus mematikan ponsel yang kita bawa, seperti yang sudah pernah saya bahas pada posting mengapa kita harus mematikan ponsel pada saat naik pesawat terbang.

Biasanya, pramugari (atau crew kabin lainnya) akan mengingatkan kita untuk mematikan ponsel dan perangkat lain sesaat sebelum pesawat melakukan take off (lepas landas), dan itu merupakan salah satu prosedur keamanan penerbangan karena pada pesawat memiliki sensor-sensor yang sangat sensitif terhadap gelombang. Dan gelombang radio (termasuk konektivitas lain seperti bluetooth dan kawan-kawan) yang dipancarkan oleh ponsel (dan gadget lain) dapat mengganggu sensor tersebut, dimana hal itu dapat menyebabkan kecelakaan. Namun jika kita tidak ingin mematikan ponsel kita, ada baiknya kita menyalakan airplane mode pada perangkat yang kita miliki.

Airplane mode atau modus pesawat terbang adalah sebuah fitur yang berguna untuk mematikan semua gelombang radio yang ada pada perangkat ponsel kita. Gelombang radio yang dimaksud disini adalah termasuk lalu lintas data (internet), konektivitas (misalnya bluetooth dll) dan semua jaringan (sinyal) akan dimatikan agar tidak mengganggu sensor pesawat. Sehingga kita tetap bisa menggunakan perangkat ponsel kita untuk hal-hal yang bersifat hiburan, seperti game dan musik misalnya. Namun tidak semua ponsel memiliki fitur airplane mode.

Pada perangkat canggih seperti tablet PC (termasuk iPad), smartphone (Android, iPhone, Windows Phone, BlackBerry dll) biasanya fitur ini sudah disediakan pada menu setting pada masing-masing perangkat. Dan untuk beberapa perangkat komunikasi seperti ponsel yang tidak memiliki fitur airplane mode, sebaiknya (dan memang harus) dimatikan saja demi keselamatan anda dan seluruh awak yang ada di pesawat.

Nah sudah jelas bukan apa fungsi airplane mode? Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY