Apa Itu Konektivitas Nirkabel?

Apa Itu Konektivitas Nirkabel?

514
0
SHARE
Apa Itu Konektivitas Nirkabel? – Beberapa waktu lalu ada seorang teman mimin yang bertanya melalui twitter soal pengertian atau arti dari konektivitas nirkabel. Hemm sebenarnya ini adalah sebuah istilah mengenai hal yang sangat mendasar yang mestinya dipahami oleh para pemilik mobile devices atau perangkat mobile seperti handphone dan smartphone. Oke, karena masih ada beberapa orang awam yang masih belum mengerti soal istilah tersebut, maka pada posting kali ini mimin akan sedikit menjelaskannya namun dengan “bahasa orang awam” agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Konektivitas nirkabel

Seperti yang kita tau, beberapa perangkat elektronik modern seperti komputer, laptop, smartphone, tablet dan lain-lain mampu menghubungkan kita sebagai pengguna untuk mengakses dan menjelajah internet. Nah untuk dapat menghubungkannya pastilah dibutuhkan sebuah konektivitas alias sambungan. Pada personal komputer atau PC biasanya konektivitas ini “dijembatani” oleh kabel-kabel tertentu untuk dapat terhubung dengan internet. Namun konektivitas via kabel ini tentu sangat merepotkan dan sangat tidak praktis bagi beberapa perangkat portable seperti halnya smartphone, tablet bahkan laptop. Untunglah para peniliti telah mengembangkan sebuah metode yang memungkinkan perangkat untuk melakukan koneksi internet tanpa kabel alias konektivitas nirkabel (Wireless connectivity).


Jadi konektivitas nirkabel adalah konektivitas atau sambungan yang dapat dilakukan tanpa menggunakan kabel dan menggunakan gelombang radio tertentu untuk menggantikan peran kabel sebagai penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lain seperti yang saat ini sering kita nikmati, contohnya saja konektivitas seluler (GPRS, EDGE, 3G, 4G dan lainnya) ataupun konektivitas WiFi dimana kata “Nirkabel” alias “Wireless” berarti “tanpa kabel”. Namun istilah ini bukan hanya menyangkut soal konektivitas untuk dapat mengakses internet saja karena sebenarnya istilah ini mencakup untuk hal yang lebih luas termasuk konektivitas tanpa kabel lainnya seperti bluetooth misalnya.

Nah itulah penjabaran sederhana soal konektivitas nirkabel versi Techijau.com yang mimin kemas dalam bahasa orang awam. Jika kamu masih bingung dengan istilah lain yang berhubungan dengan gadget, mungkin beberapa artikel terkait dibawah artikel ini bisa berguna untukmu atau silahkan lihat beberapa artikel dibawah label Istilah. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY