Apa Itu Auto Sync Pada Android Dan Cara Mematikannya?

Apa Itu Auto Sync Pada Android Dan Cara Mematikannya?

28337
0
SHARE
Apa Itu Auto Sync Pada Android Dan Cara Mematikannya? – Perkembangan dunia teknologi yang pesat telah melahirkan banyak sekali benda-benda canggih yang bermanfaat untuk keseharian manusia. Sebut saja smartphone yang kini menjadi gadget paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Smartphone sendiri terdapat banyak sekali jenis dan tipenya yang diproduksi oleh berbagai vendor berbeda serta memiliki sistem operasi yang beragam. Dan Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan pada perangkat smartphone saat ini.

Pada dunia teknologi juga terdapat banyak sekali istilah-istilah yang sering membuat para penggunanya bingung terutama bagi orang yang masih awam (termasuk mimin). Nah agar tidak terjadi kebingungan seperti yang diungkapkan diatas, maka kali ini mimin memutuskan untuk membuat sebuah artikel untuk membahas tentang salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia gadget yakni pengertian dari Auto Sync.

Auto sync adalah sebuah fitur pada gadget yang gunanya untuk mensiknronisasi (men-sinkron-kan) gadget dengan server dari berbagai akun yang digunakan. Fungsinya adalah untuk memberikan pemberitahuan atau update terbaru dari akun yang di-sinkron-kan tersebut. Masih bingung? Oke mimin akan berikan sedikit contoh. Misalnya kita mengaktifkan auto sync untuk aplikasi facebook. Nah itu artinya kita mengijinkan aplikasi facebook untuk memberikan update dan pemberitahuan terbaru dari akun kita yang akan diterima langsung melalui gadget yang kita gunakan. Update yang dimaksud adalah seperti pemberitahuan komentar baru, pesan baru, permintaan teman baru dan lain sebagainya.

Hal ini juga berlaku bagi akun lain seperti email misalnya, dimana kita akan menerima pemberitahuan secara cepat di gadget kita jika ada email baru yang masuk ke dalam akun yang kita miliki. Namun efek negatif dari fitur ini adalah pemakaian data menjadi lebih besar sehingga akan membuat kuota internet berkurang dengan lebih cepat. Dan semakin banyak akun yang kamu simpan dan sinkronkan di perangkat kita, maka akan semakin besar pula penggunaan data yang dibutuhkan

BACA JUGA :
Namun kita tetap memiliki kontrol akan hal ini, dimana kamu dapat menonaktifkan sinkronisasi pada akun tertentu yang dirasa tidak perlu untuk di sinkronisasi. Berikut adalah langkah yang harus dilakukan untuk menonaktifkan sinkronisasi :

1. Masuklah ke menu setting dan pilihlah menu Accounts & Sync (Akun & Sinkronisasi) seperti pada gambar dibawah ini.

Mengatur sinkronisasi pada Android

2. Lalu akan muncul menu seperti pada gambar dibawah ini. Ini adalah kumpulan akun yang disimpan pada perangkat yang kamu gunakan. Pilihlah aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan sinkronisasinya dengan mengklik icon sinkron (lingkaran di sebelah kanan nama aplikasi) hingga tertulis Auto-sync is off (Sync otomatis dimatikan) di bawah judul aplikasi. Atau jika kamu ingin mematikan sinkronisasi pada semua akun, anda bisa langsung mengklik tombol yang berada di sebelah kanan atas hingga tertulis “OFF”.

Menonaktifkan auto sync pada Android

3. Atau kamu juga bisa melakukan penonaktifan ataupun mengaktifkan kembali sinkronisasi pada gadget melalui quick panel (jika ada) yang berada di bagian paling atas layar (tempat pemberitahuan). Namun dengan cara ini anda tidak bisa mengatur akun mana saja yang ingin di sinkronisasi atau tidak.

Mematikan auto sync pada Android

Dengan mematikan sinkronisasi seperti ini akan sedikit membantu dalam penghematan baterai perangkat Android yang kamu gunakan. Mimin sendiri biasanya mematikan sinkronisasi perangkat jika dalam perjalanan jauh. Namun tentu kita tidak akan mendapatkan update apapun dari semua akun yang kita simpan ketika mematikannya. Nah itulah pengertian dari auto sync serta cara mematikannya. Jika kamu masih baru dalam menggunakan perangkat Android, mungkin beberapa artikel tentang tips dasar Android akan berguna untukmu. Silahkan jelajahi blog ini untuk menemukannya. Semoga bermanfaat 😀

BACA JUGA :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY