Apa Itu Malware? Apakah Berbahaya?

Apa Itu Malware? Apakah Berbahaya?

1515
2
SHARE
Malware menginfeksi komputer
Apa Itu Malware? Apakah Berbahaya? – Bagi kamu yang sudah master pasti sudah mengetahui apa pengertian dari malware. Namun bagi para masyarakat atau orang awam seperti mimin, tentunya masih belum paham dengan istilah tersebut. Istilah komputer ini sudah cukup dikenal luas oleh masyarakat, terutama setelah meroketnya kepopuleran gadget seperti smartphone dan PC tablet seperti sekarang ini, masyarakat jadi lebih sering mendengar tentang istilah-istilah yang berhubungan dengan komputer ataupun teknologi.

Nah pada kesempatan kali ini, mimin akan membahas sedikit tentang malware dengan penyampaian a la orang awam, agar sebisa mungkin bisa dimengerti oleh orang awam. Malware yang merupakan singkatan dari malicious software atau pada istilah sehari-hari, malware sendiri lebih dikenal dengan sebutan virus, yang merupakan sebuah program atau software yang diciptakan sedemikian rupa yang memiliki tujuan untuk menyusup dan “mengganggu” atau bahkan merusak sistem operasi pada suatu perangkat berteknologi tinggi termasuk komputer, dan bahkan smartphone.

Program ini dapat menjalankan suatu perintah tertentu pada perangkat yang di-infeksinya. Itu artinya, jika  salah satu perangkat kita sudah terinfeksi program ini (malware / virus), perangkat tersebut akan dapat menjalankan atau melakukan sesuatu tanpa sepengetahuanmu (sang pemilik) yang tentu saja tujuannya tidaklah baik. Sebenarnya mimin sendiri kurang begitu paham dengan cara kerja malware, karena mimin sendiri adalah orang gaptek dan awam tentang masalah seperti ini.

Namun mimin akan sedikit berbagi pengetahuan tentang hal ini. Malware sendiri memiliki beberapa jenis atau kategori yang dibedakan berdasarkan tujuan pembuatannya. Berikut adalah beberapa jenis malware yang mimin ketahui dan akan mimin ulas secara singkat berdasarkan yang mimin baca dari beberapa sumber :

Virus

Virus adalah sebutan untuk salah satu malware. Malware belum tentu virus, tapi virus sudah pasti malware. Mimin tidak tau pasti apa maksud dari penciptaan virus komputer atau keuntungan yang didapat oleh sang pembuatnya. Menurut informasi yang mimin baca, virus dapat menyebar dan berkembang di dalam sistem komputer. Beberapa virus tidak akan terasa dampaknya pada komputer atau perangkat lain yang di infeksinya, namun ada pula virus yang sifatnya berbahaya. Karena bisa memperbanyak diri, dampak yang paling terasa adalah berkurangnya ruang di memory atau hard disk perangkat dengan signifikan. Tentu ini cukup mengganggu sang pengguna.

Worm

Dalam bahasa Indonesia, worm berarti cacing. Namun berbeda dengan cacing asli yang berbentuk panjang dan menjijikkan, cacing pada komputer sendiri adalah sebuah program yang termasuk malware. Menurut mimin, worm ini tidaklah terlalu berbahaya karena sifat penyerangannya yang tergolong jinak (mohon dikoreksi jika sekiranya ini keliru). Worm sendiri mirip dengan virus, yang mampu memperbanyak diri.

Trojan Horse (Kuda Troya)

Malware ini merupakan program yang “tersembunyi” yang menyamar sebagai program atau aplikasi yang seolah-olah berguna bagi sang pengguna, padahal di dalam program tersebut terdapat malware lain seperti worm dan virus dengan tujuan merusak sistem. Bahkan yang lebih berbahaya lagi, jika di dalam Trojan Horse ini telah “diisi” oleh spyware yang nantinya dapat digunakan oleh sang pembuat malware untuk mencuri data korban seperti informasi password misalnya.

Biasanya, Trojan Horse “dikemas” dalam bentuk aplikasi, dan yang paling rawan adalah aplikasi bajakan. Sehingga sangat disarankan untuk sebisa mungkin menginstall aplikasi bajakan.

Spyware

Seperti namanya, “spy” yang berarti mata-mata, adalah sebuah program yang berfungsi untuk “mengintip” data pada perangkat yang diinfeksinya. Informasi yang diintip tersebut bisa berupa password misalnya. Lalu semua data yang diintip tersebut akan dikirimkan ke sang pembuat spyware yang biasanya bertujuan untuk membobol akun-akun yang telah diketahui password nya tersebut.

Dan masih banyak lagi contoh malware yang bisa kita temui seperti backdoor, hijacker, botnet, dialer, rootkit, adware, wabbit dll.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY