Apa Itu Megapixel Pada Kamera?

Apa Itu Megapixel Pada Kamera?

3774
0
SHARE
Apa Itu Megapixel Pada Kamera? – Kalau kita perhatikan sejak handphone masih menggunakan keypad atau tombol numerik dan layar mungilnya, fitur kamera menjadi salah satu komponen yang bisa dibilang cukup penting dalam sebuah handphone. Bahkan kini pada era dimana handphone sudah berkembang dan berevolusi menjadi smartphone (ponsel pintar) fitur kamera sudah menjadi komponen wajib bagi setiap smartphone. Perkembangannya pun tak tanggung-tanggung dan mulai mengganggu pasar kamera pocket digital. Mulai dari peningkatan software, sensor bahkan beberapa smartphone memiliki resolusi yang melebihi resolusi kamera yang dimiliki kamera pocket seperti yang dimiliki Sony Xperia Z series & Nokia Lumia 1520 (20 Megapixel keatas).

Sebagian orang awam menganggap bahwa resolusi (megapixel) kamera yang lebih besar akan menghasilkan gambar yang lebih bagus. Padahal, resolusi pada kamera bukanlah patokan utama untuk dapat menghasilkan gambar yang bagus. Faktor lain yang mendukung adalah kualitas sensor dari kamera itu sendiri, lensa, dan juga kematangan software yang digunakan. Karena alasan itulah mimin merasa harus berbagi sedikit ilmu yang berkaitan soal pixel atau megapixel agar pengguna dapat lebih mengerti soal deskripsi dari pixel.

Sebuah gambar yang tersusun dari sedikit pixel
Pixel sendiri mempunyai arti atau kependekan dari Picture Element (elemen gambar) yang disingkat menjadi kata Pics El (dibaca “piks el”) lalu berkembang dan lebih dikenal sebagai Pixel. Istilah ini menunjukkan skala resolusi dari sebuah gambar dan merupakan representasi dari titik-titik kecil yang kemudian disatukan hingga menjadi atau menampilkan sebuah gambar. Masih bingung? Oke, bagi yang masih memiliki handphone dengan layar monokrom (hitam putih) silahkan ambil dan perhatikan tampilan layar pada handphone tersebut. Tulisan atau gambar yang terdapat disana nampak disusun oleh kotak-kotak kecil berwarna hitam hingga membentuk sebuah tulisan atau gambar.

Contoh pixel pada gambar

Kotak-kotak itulah yang disebut dengan pixel. Lalu apa efek yang dihasilkan jika kita menangkap gambar dengan menggunakan kamera beresolusi besar? Jawabannya adalah ketajaman gambar. Semakin besar resolusi kamera, maka akan semakin banyak jumlah pixel yang dihasilkan untuk menyusun sebuah gambar sehingga akan tampak lebih detail terutama jika kita melakukan cropping atau zooming pada gambar tersebut. Maka semakin banyak dan padat jumlah pixel yang terdapat pada sebuah gambar akan menghasilkan gambar yang nampak lebih detail dan nyata (Perhatikan gambar disamping). Dan jika kita ingin mencetak gambar dalam ukuran besar, akan lebih baik jika gambar tersebut diambil dengan kamera beresolusi tinggi.


Jadi kesimpulannya, kamera dengan resolusi terbesar belum tentu memiliki hasil gambar yang terbaik karena besaran pixel atau megapixel pada suatu kamera hanya menjamin kualitas detail dan ketajaman gambar saja (khususnya ketika di zoom). Sedangkan untuk masalah warna serta kualitas gambar lainnya lebih dipengaruhi oleh sensor, software kamera, settingan ISO, shutter speed, aperture, serta white balance.
Sehingga jangan heran jika terkadang kita menemukan bahwa hasil gambar dengan resolusi kamera lebih kecil justru lebih bagus dari kamera beresolusi besar karena memang banyak hal yang mempengaruhi hasil atau kualitas foto. Orang yang berada di belakang kamera alias sang fotografer pun memiliki peran yang tak kalah pentingnya. Nah mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY