MiFi Itu Apa Sih?

MiFi Itu Apa Sih?

5073
0
SHARE

MiFi Itu Apa Sih? – Seiring perkembangannya, sekarang ini banyak sekali aksesoris-aksesoris pelengkap yang ditujukan untuk mendampingi gadget utama yang biasa kita gunakan. Salah satunya adalah MiFi yang kini semakin populer di tanah air, khususnya setelah salah satu provider internet di Indonesia yakni Smartfren, meluncurkan beberapa produk MiFi nya sekaligus.

Namun karena masih terbilang baru, beberapa masyarakat mungkin masih belum paham soal fungsi dari MiFi tersebut, sehingga mereka cenderung sama sekali tidak melirik perangkat ini karena belum mengetahui cara memanfaatkannya.

Apa Itu MiFi dan FungsinyaNah disini, mimin Techijau.com bermaksud untuk membuatkan bahasan singkat mengenai perangkat ini supaya kamu yang tadinya masih merasa asing menjadi lebih kenal dengan aksesoris yang satu ini.

Sebenarnya, MiFi itu apa sih? Menurut Wikipedia, kata MiFi sendiri diduga (masih diduga loh) adalah merupakan kependekan dari My WiFi, dimana nama MiFi sendiri sebenarnya adalah sebuah brand yang diklaim atau didaftarkan oleh Novatel Wireless (sebuah perusahaan operator selular) di beberapa negara sebagai merk dari produknya.

Kalau menurut mimin sendiri, mungkin MiFi ini adalah singkatan dari Mini WiFi Router, atau ada juga yang menyebutnya sebagai Mobile WiFi Router. Terus, fungsinya apa?

Fungsi dari MiFi sendiri yaa itu tadi, ia berperan sebagai WiFi Router seperti halnya yang biasa kita temukan di kantoran atau rumahan, hanya saja MiFi memiliki bentuk fisik yang lebih kecil serta dilengkapi dengan baterai sehingga sifatnya portable alias bisa dibawa kemana-mana.

Atau ia juga bisa disebut sebagai mobile Wi-Fi hotspot, sama persis seperti ketika kita menggunakan smartphone Android sebagai modem WiFi (tethering).

BACA JUGA : Cara Menggunakan Android Sebagai Modem WiFi

Iya, sangat mirip, hanya saja MiFi tidak memiliki fugsi telepon dan sebagian tidak memiliki layar. Kurang jelas? Oke, mimin jelaskan lebih detail deh. Perhatikan gambar dibawah ini :

Mifi adalahJadi, perangkat MiFi akan terhubung dengan jaringan selular (anggaplah 4G LTE) sehingga ia akan memiliki koneksi internet. Lalu, koneksinya tersebut dibagikan lagi kepada perangkat lain seperti smartphone, laptop, tablet, atau yang lainnya melalui jaringan WiFi. Sehingga, mereka yang punya perangkat MiFi akan mempunyai jaringan WiFi pribadi yang bisa dibawa kemana-mana.

Ini jelas akan sangat membantu untuk menghemat pengeluaran untuk biaya internet bagi orang yang punya banyak gadget sekaligus, dimana mereka hanya perlu membeli satu paket internet untuk kemudian digunakan oleh beberapa perangkat secara bersamaan. Perangkat MiFi yang paling populer di Indonesia saat ini adalah MiFi Andromax dari operator Smartfren, dimana mereka memiliki beberapa jenis perangkat sekaligus yang beredar di pasaran.

BACA JUGA : Review MiFi Smartfren Andromax M2s

Namun bukan berarti cuma mereka saja yang memasarkan perangkat MiFi di Indonesia, karena beberapa operator lain termasuk Telkomsel dan Bolt juga menghadirkan perangkat serupa meskipun tak sepopuler MiFi Andromax.

Terus, cara menggunakannya bagaimana? Yaa gampang aja! Kita tinggal membelikan paket internet, menyalakan MiFi, dan kemudian menghubungkan perangkat smartphone atau laptop kita ke MiFi melalui jaringan WiFi, lalu kita bisa mulai internetan deh! Simpel, kan?

Oke, mimin rasa sekian dulu untuk pembahasan kali ini. Semoga bisa untuk nambah ilmu yaa. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY