Aplikasi ASTRO File Manager, Untuk Mengatur Data Di Android

Aplikasi ASTRO File Manager, Untuk Mengatur Data Di Android

6495
2
SHARE
Aplikasi ASTRO File Manager, Untuk Mengatur Data Di Android – Sebuah smartphone memiliki berbagai kemampuan yang lebih dari sekedar handphone biasa. Pada perangkat ini kita bisa melakukan berbagai hal seperti misalnya membaca dan menulis email baru, menerima pemberitahuan social media secara cepat, mengambil dan menyimpan foto, dan bahkan dapat mendownload file-file tertentu dari internet. Nah ketika kita melakukannya (download file dari internet) tentu saja akan dibutuhkan sebuah tempat penyimpanan data yang biasa kita sebut dengan memory, dan biasanya data tersebut tersimpan pada satu folder tertentu.

ASTRO File Manager

Jika kita mendownload banyak file, tentu saja isi dari folder tersebut akan sangat banyak dan berantakan karena bercampur dengan file-file lainnya. Dan hal itu tentunya akan menyulitkan kita ketika harus mencari salah satu dari file-file tersebut. Nah salah satu cara untuk mempermudah melakukan pencarian file adalah dengan mengatur atau memisahkan file-file tersebut pada suatu folder khusus sesuai dengan kategori file (misalnya folder khusus file musik atau gambar) agar lebih rapi. Untuk melakukannya kita akan membutuhkan bantuan dari aplikasi File Manager untuk mengatur data-data atau file yang tersimpan pada perangkat Android milik kita.


Beberapa perangkat Android mungkin sudah dibekali dengan aplikasi file manager bawaan, namun biasanya hanya memiliki fitur-fitur dasar seperti copy, cut, paste ataupun delete. Dan tidak jarang pula perangkat Android yang tidak dibekali dengan aplikasi macam ini sehingga kita harus menginstal aplikasi pihak ketiga. Jika kamu termasuk pengguna yang sedang mencari aplikasi tersebut, maka salah satu aplikasi file manager yang bisa dijadikan pilihan adalah ASTRO File Manager. Aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna perangkat Android dan menjadi pilihan karena kelengkapan fitur yang dimilikinya serta penggunaannya yang tergolong mudah. Dengan aplikasi ini, kita bisa memindahkan satu atau beberapa file sekaligus ke folder tertentu, menghapus, ataupun menggandakan (copy) file yang kita inginkan.

Fitur ASTRO File Manager

Untuk memudahkan pencarian, tersedia sebuah fitur seach yang memungkinkan kita untuk mencari aplikasi berdasarkan jenis file, misalnya file berbentuk gambar, audio video ataupun yang lainnya.


Kita juga dapat menginstal aplikasi (dari file berformat .apk) menggunakan ASTRO File Manager jika kebetulan kita memiliki file .apk yang tersimpan pada SD card di perangkat kita. Selain itu aplikasi ini juga terintegrasi dengan berbagai layanan cloud storage atau penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, Skydrive, Box dan Facebook.
Tampilan ASTRO File Manager Android

Selain itu, kita juga bisa melihat banyaknya file yang terdapat pada folder tertentu lengkap dengan ukurannya seperti pada gambar diatas. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk melihat apakah ada folder mencurigakan yang memakan ruang yang cukup besar pada memory perangkat.

Menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur backup apps. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa melakukan backup pada aplikasi yang kita inginkan, dan apps tersebut akan di convert menjadi file .apk, sehingga kita bisa menginstall aplikasi versi lama jika ternyata update dari suatu apps dirasa terdapat terlalu banyak bug.

Fungsi ASTRO File Manager

BACA JUGA : Apa itu bug pada Android?

Atau kita juga bisa mengirimkan file hasil backup tersebut agar bisa di install di perangkat lain, seperti yang sudah mimin jelaskan pada posting cara mengirim aplikasi ke sesama Android. Nah jika kamu ingin menginstall aplikasi gratis ini pada perangkat Android mu, langsung saja download melalui toko aplikasi resmi Android: Google PlayStore. Jangan lupa untuk menjelajahi blog ini untuk mendapatkan info menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀


Image Credit: Google PlayStore

2 COMMENTS

  1. Apa aplikasi astro yang sada lama saya hapus anda bisa mengenbalikan?karena foto yang saya simpan di astro itu sangat pentin selika untuk saya

    • Ini maksudnya
      1. Bisa mengembalikan foto yang dihapus, atau
      2. Aplikasi ASTRO nya dikembalikan lagi (di install lagi)?

      Kalo maksudnya itu yang nomer 2, yaa jelas bisa, Kak. Tinggal install aja lewat Google PlayStore 🙂

LEAVE A REPLY