Kumpulan Aplikasi Edit Foto Android Favorit Mimin Techijau

Kumpulan Aplikasi Edit Foto Android Favorit Mimin Techijau

1733
2
SHARE

Kumpulan Aplikasi Edit Foto Android Favorit Mimin Techijau – Teknik pengambilan foto memang sangat penting untuk dapat menghasilkan foto yang bagus. Mengerti dasar-dasar fotografi seperti apa itu ISO, Shutter speed dan Aperture serta hal lain yang kesemuanya sudah mimin bahas pada posting dengan kategori fotografi, juga sangat penting untuk memudahkan kita agar bisa menentukan sendiri foto seperti apa yang ingin kita tangkap.

BACA JUGA : Tips Foto Menggunakan Ponsel Ala Techijau

Hal lain yang tak kalah penting tentu saja adalah perangkat yang kita gunakan, dan juga aplikasi edit foto. Eits, jangan salah! Fotografer profesional pun sering kali melakukan edit foto loh, supaya hasil dari foto yang ditangkap dengan kameranya bisa nampak lebih menarik dan lebih bisa mengeluarkan pesan emosional dari foto tersebut. Mimin pun juga tak jarang untuk melakukan edit foto sebelum di posting di akun Instagram milik mimin (@masbocah).

App edit foto keren untuk AndroidTapi terkadang, pengguna gadget khususnya kaum hawa sering kali ingin mengedit untuk memberikan efek yang lucu-lucu atau menambahkan sticker-sticker tertentu untuk melengkapi fotonya, sehingga bisa disimpulkan bahwa kebutuhan aplikasi edit foto bagi tiap orang adalah berbeda-beda. Masalahnya, kebanyakan dari aplikasi edit foto yang beredar untuk hape Android hanya memiliki fitur yang terbatas, sehingga kita pun terkadang harus menginstal banyak sekali aplikasi edit foto sekaligus agar bisa melakukan pengeditan yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Padahal kan terlalu banyak menyimpan aplikasi itu bisa bikin hape jadi lemot. Apa kamu juga termasuk salah satunya?

BACA JUGA : Kenapa Hape Android Jadi Lemot?

Nah untuk itu, di posting kali ini mimin akan menyarankan koleksi 3 aplikasi terbaik yang biasa mimin gunakan pada perangkat Android untuk melakukan editing foto yang mungkin juga bisa kamu gunakan. Ketiga aplikasi ini punya fitur yang kaya sehingga bisa dimanfaatkan untuk untuk berbagai kebutuhan mulai dari pengeditan yang sederhana, hingga yang ribet. Yaudah yuk, kita langsung ke TKP aja! 😀

1. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi edit foto yang paling sering mimin gunakan. Tampilan yang sederhana, mudah digunakan serta memiliki fitur-fitur dasar yang sangat berguna untuk memberikan polesan-polesan untuk mengubah tampilan pada foto.

Fitur pada aplikasi snapseedTool-tool dasar seperti crop (memotong gambar), rotate (memutar / membuat gambar menjadi lurus) dan tune image adalah fitur dasar yang sangat berguna bagi kita untuk memperbaiki tampilan pada foto. Salah satu fitur favorit yang menurut mimin juga menjadi keunggulan dari Snapseed adalah fitur selective, dimana kita bisa melakukan pengeditan dasar seperti kecerahan, kontras dan saturasi pada bagian tertentu saja dari foto yang kita pilih. Sehingga, area diluar bagian yang sudah dipilih tidak akan terkena efek dari pengeditan tersebut.

Cara menggunakan Snapseed pun tergolong cukup mudah, seperti misalnya ketika kita coba untuk menggunakan fitur Tune image. Dalam fitur tersebut, kita bisa melakukan berbagai pengeditan dasar seperti mengatur brightness, saturation, contrast, ambiance, hingga wamth. Nah untuk memilih menu yang ada, kita hanya perlu mengusap jari pada layar kearah atas atau bawah, lalu usap ke kiri atau ke kanan untuk mengurangi atau menambahkan intensitas pengaturan yang kita pilih. Misalnya, ketika kita memilih menu Brightness, maka kita bisa membuat gambar menjadi lebih terang dengan mengusap layar ke kanan, atau membuatnya menjadi lebih gelap dengan mengusap layar ke kiri. Simple, kan?

Cara menggunakan SnapseedPengaturan diatas memang agak sedikit tricky, karena jika kita salah melakukan pengaturan atau melakukan pengeditan yang terlalu berlebihan, maka foto justru akan nampak lebih jelek.

Asiknya, disini kita bisa menambahkan efek blur pada foto dengan menggunakan fitur Lens blur untuk memberikan efek bokeh atau Depth of field pada foto. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan yaa. Nanti hasilnya malah jadi aneh.

Memberikan efek blur menggunakan SnapseedAplikasi ini memang juga menyertakan fitur filter di dalamnya, meskipun mimin hanya menyukai beberapa dari semua filter yang ada termasuk Vintage dan juga Glamour glow. Tapi jangan salah, walaupun nampak sederhana, sebenarnya ada sangat banyak sekali pengaturan-pengaturan yang bisa kita lakukan dengan menggunakan Snapseed. Oiya, kita juga bisa melihat langsung perbandingan antara foto asli dengan hasil editan yang kamu lakukan dengan mengklik icon yang berada di sebelah kanan atas. Kamu bisa download aplikasi Snapseed di Google PlayStore.

2. Pixlr

Pixlr adalah aplikasi edit foto kedua yang menjadi favorit mimin. Seperti halnya Snapseed, ia juga menawarkan fitur-fitur pengeditan dasar pada menu Adjusment untuk memberikan polesan pada foto termasuk juga setting kecerahan, saturasi, dan lainnya. Namun untuk pengaturan tersebut, mimin lebih suka menggunakannya pada aplikasi Snapseed karena lebih simpel. Ya, apps ini bisa dibilang punya hampir semua fitur yang dimiliki oleh Snapseed, ditambah dengan berbagai fitur tambahan yang membuatnya lebih kaya.

Fitur pada aplikasi Pixlr di AndroidHanya saja, cara menggunakan Pixlr ini bisa dibilang lebih ribet jika dibandingkan dengan Snapseed, meskipun masih tergolong mudah untuk digunakan. Salah satu pengaturan yang tak bisa kita temukan pada Snapseed adalah hadirnya menu pengaturan Hue and Saturation pada Pixlr, yang berguna untuk menghasilkan warna agar nampak berbeda dari aslinya. Selain pengaturan Hue and Saturation, salah satu fitur lain yang menjadi favorit mimin pada apps ini adalah fitur Color splash.

Dengan fitur ini, kita bisa memilih satu warna untuk tetap ditampilkan, sementara warna lain yang ada disekelilingnya akan nampak hitam-putih. Atau, kita bisa mengubah gambar menjadi terlihat kotak-kotak dengan fitur Pixelate.

Efek color splash pada PixlrMimin juga biasa menggunakan Pixlr untuk menambahkan Watermark berupa teks seperti pada gambar dibawah ini. Teks yang tersedia cukup banyak pilihannya, dimana ukuran, warna, serta opacity nya pun bisa kita sesuaikan nantinya.

Memberikan teks pada foto dengan PixlrYang menjadi andalan lain dari apps ini adalah fitur double exposure, dimana kita bisa menggabungkan (bukan menambahkan, tapi menggabungkan) 2 foto menjadi 1 foto baru yang unik.

Terdapat pula berbagai pilihan filter dan sticker yang bisa kamu manfaatkan untuk memberikan kesan yang berbeda pada foto secara instant.

Oiya, hal menarik lain yang bisa kita temukan pada apps ini adalah kita bisa mengubah ukuran foto alias resize foto di akhir sesi, sebelum kita menyimpan foto yang sudah diedit. Kamu bisa download aplikasi Pixlr di Google PlayStore.

3. PicsArt

Nah kalau PicsArt ini adalah aplikasi edit foto favorit mimin yang mungkin paling cocok buat kaum hawa. Kenapa? Karena aplikasi ini punya segudang fitur yang sangat mendukung untuk melakukan pengeditan foto yang lucu-lucu.

Fitur sticker pada aplikasi picsartPicsArt menyediakan berbagai fitur sticker, untuk menghiasi foto yang kamu edit. Selain itu, terdapat pula fitur-fitur penambahan objek-objek tertentu seperti pada gambar diatas. Plus, kita juga bisa menambahkan foto lain diatas foto utama untuk digabungkan, yang sangat berguna ketika kita ingin menambahkan logo watermark dari karya foto kita.

Ingin membuat foto kolase (collage)? Di apps ini juga bisa! Jadi tak perlu lagi menginstal aplikasi lain hanya untuk menggabungkan beberapa foto dalam satu frame. Menambah bingkai pada foto pun juga bisa kok, pokoknya fitur yang lucu-lucu itu hampir semua ada disini deh!

Efek pada aplikasi PicsArtYang membuatnya menjadi favorit mimin adalah hadirnya fitur untuk menambahkan efek-efek cahaya dan juga lens flare seperti pada gambar diatas, dimana kita juga bisa mengatur arah dan juga ukuran dari efek tersebut. Selain itu, hadirnya fitur untuk melakukan setting pada warna RGB (curve) juga menjadi alasan mengapa mimin menyukai aplikasi ini, karena tidak semua apps mendukung fitur yang satu ini.

Mengedit warna RGB pada AndroidTak lupa, fitur dasar untuk mengedit foto seperti setting kecerahan, saturasi, dan lainnya juga ada di PicsArt. Tapi tetep yaa, kalau sekedar ingin edit foto yang sederhana begitu sih mimin lebih suka menggunakan Snapseed karena lebih simpel.

Lalu, kenapa mimin masih menyimpan aplikasi ini kalau lebih sering pakai Snapseed? Karena, beberapa fitur pengeditan yang lebih advance pada PicsArt tidak dimiliki oleh Snapseed, sehingga mimin tetap memilih untuk menyimpannya agar bisa dimanfaatkan di saat tertentu.

Aplikasi picsart pada androidYap, PicsArt memang bisa dibilang merupakan aplikasi edit foto dengan fitur paling lengkap diantara yang lain, hanya sayangnya, tampilan menu dan pengaturan yang terkesan agak ribet dan kurang praktis membuat mimin agak malas untuk membukanya. Kamu bisa mendownload aplikasi PicsArt di Google PlayStore.

Nah, itulah ketiga aplikasi edit foto terbaik versi Techijau.com yang sekaligus juga menjadi favorit bagi mimin. Jadi, gimana? Kira-kira kamu cocok sama yang mana nih? Oiya, kamu juga bisa menemukan berbagai info menarik lainnya dengan menjelajahi blog Techijau.com ini. Sekian dan semoga bermanfaat! 😀

2 COMMENTS

  1. kalau aplikasi edit foto yang punya fitur “reflect” alias merubah foto sisi di sebelah kanan jadi di sebelah kiri apa ya?

LEAVE A REPLY