Aplikasi SquareDroid, Agar Foto Tidak Terpotong Di Instagram

Aplikasi SquareDroid, Agar Foto Tidak Terpotong Di Instagram

1708
0
SHARE
Aplikasi SquareDroid, Agar Foto Tidak Terpotong Di Instagram – Beberapa waktu lalu ada seseorang yang bertanya pada mimin soal bagaimana cara agar foto tidak di crop (dipotong) saat upload di instagram. Ya seperti yang kita tau, aplikasi sharing foto instagram saat ini hanya mendukung gambar dengan bentuk bujur sangkar (kotak, rasio 1:1). Sedangkan gambar atau foto yang biasanya kita ambil memiliki bentuk persegi panjang baik dengan rasio 3:4 ataupun 16:9 sehingga mau tidak mau kita harus melakukan crop atau memotong sebagian dari foto tersebut agar memiliki bentuk bujur sangkar.

Aplikasi SquareDroid

Tentu saja itu akan menghilangkan beberapa objek yang ada di dalam foto tersebut. Nah salah satu trik agar kamu bisa melakukan upload foto tanpa di crop pada instagram adalah dengan mengedit foto tersebut agar menjadi kotak. Aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan itu adalah SquareDroid. Aplikasi SquareDroid ini merupakan salah satu aplikasi “no crop” terbaik menurut mimin dengan user interface yang mudah serta dukungan beberapa fitur sederhana namun menarik. Pada posting ini mimin juga sekaligus akan membahas tentang cara menggunakan aplikasi ini. So mari kita simak bersama! 😀


1. Seperti yang sudah mimin sebut diatas, aplikasi ini memiliki user interface yang simple sehingga sangat mudah untuk digunakan. Ketika kamu membuka SquareDroid, ia akan menampilkan menu seperti pada gambar dibawah ini.
Cara menggunakan aplikasi SquareDroid

Kamu bisa mengedit foto yang sudah ada dengan memilih menu Pick a photo seperti yang ditunjukkan oleh nomor 1 pada gambar diatas. Atau jika kamu belum punya foto untuk diedit, kamu bisa mengambil foto dengan memilih menu Take a photo seperti yang ditunjukkan oleh nomor 2 pada gambar diatas untuk membuka aplikasi kamera.


2. Ketika kamu memilih menu Pick a photo, kamu bisa memilih satu aplikasi untuk membuka gallery pada perangkatmu seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan pilih salah satu foto yang ingin kamu edit.
Mengedit foto dengan SquareDroid

3. Foto atau gambar pilihanmu akan langsung tampil pada aplikasi seperti pada gambar dibawah ini. Gambar akan memiliki ruang kosong pada bagian atas dan bawah atau kiri dan kanan yang nantinya ruang yang kosong (background) tersebut bisa kamu isi dengan pilihan warna sesukamu. Perhatikan icon yang diberi tanda kotak pada gambar dibawah ini.

Tampilan pada squaredroid

Icon nomor 1 adalah untuk memilih tipe background, dimana kamu bisa menggunakan background satu warna (solid color), background dari gambar itu sendiri yang dibuat agak kabur (blur) atau background dengan dua warna gradasi (gradient). Icon nomor 2 adalah untuk merotasi atau memutar gambar, sedangkan icon nomor 3 adalah untuk menentukan besaran border pada gambar yang akan mimin bahas pada langkah no 7 nanti.

Memilih background untuk foto squaredroid

4. Jika kamu menggunakan fitur blur, kamu bisa mengatur tingkat “blur” dari gambar mu yang akan dijadikan background dengan menggeser tombol yang diberi tanda kotak berwarna merah pada gambar dibawah ini. Setelah melakukan setting itu, kamu bisa mengklik tombol centang pada bagian kiri atas layar.

Membuat gambar foto menjadi kotak

5. Untuk menu pilihan solid color atau background satu warna, kamu akan bisa langsung memilih warna yang kamu inginkan seperti pada gambar dibawah ini. Kamu bisa menggeser tombol-tombol yang ada untuk memilih warna, atau kamu juga bisa langsung memilih warna yang disarankan oleh aplikasi yang terletak di bagian bawah. Silahkan klik OK jika kamu sudah menentukan warna pilihanmu.

Menentukan warna background

6. Nah jika kamu lebih memilih warna gradasi (gradient) untuk background foto mu, kamu akan langsung disajikan dengan tampilan seperti gambar dibawah ini, silahkan perhatikan. Kamu bisa menentukan pilihan warna 1 (diatas) dan warna 2 (dibawah) dengan mengklik salah satu dari warna yang ditampilkan tersebut. Sedangkan icon yang ada ditengah adalah untuk mengubah posisi warna yang kamu pilih.

Cara agar foto tidak dipotong saat upload instagram

Untuk menentukan warna 1 dan 2, kamu bisa melakukan setting yang sama seperti pada langkah no 5 diatas, hanya saja kali ini kamu harus menentukan dua warna yang berbeda.


7. Setelah menentukan background, sekarang kita beralih ke menu berikutnya yaitu menu border. Kamu bisa memperkecil gambar dengan menggeser icon atau tombol yang ada hingga besaran yang kamu inginkan.
Agar foto tidak di crop

Nah setelah melakukan setting tersebut, gambarmu sudah siap untuk diposting di instagram. Kamu bisa langsung meng-upload nya di instagram dengan mengklik tombol icon instagram yang berada di bagian atas layar atau kamu juga bisa menyimpannya di gallery dengan mengklik tombol save. Salah satu contoh hasilnya adalah seperti pada gambar dibawah ini.

Cara agar bisa upload gambar full di instagram

Nah itulah cara menggunakan aplikasi SquareDroid agar foto menjadi kotak. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya silahkan langsung unduh aplikasi ini di Google PlayStore. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai info menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY