Aplikasi Yang Membutuhkan Ijin SuperUser (Root)

Aplikasi Yang Membutuhkan Ijin SuperUser (Root)

860
0
SHARE
Aplikasi Root
SuperUser
Seperti yang saia jelaskan di posting sebelumnya, device Android yang telah melalui proses root dapat ditingkatkan kemampuan dan performanya, namun bukan berarti saat device telah  ter-root secara otomatis akan mengalami peningkatan performa. Perlu tindakan lebih lanjut seperti menginstal beberapa aplikasi yang membutuhkan ijin SuperUser (root). Namun hati-hati, karena tidak semua aplikasi terbukti aman untuk di instal. Jika salah memilih aplikasi, bukan tidak mungkin device anda malah terinveksi oleh virus yang terbawa oleh aplikasi-aplikasi “nakal” tersebut. Selain dapat mengganggu performa, juga berpotensi mencuri data-data pribadi anda. Perhatikan ijin yang di minta oleh aplikasi yang ingin anda instal, terlebih yang meminta akses root, apakah ijin yang diminta sesuai dengan fitur yang ditawarkan untuk menjaga keselamatan device anda. Nah sekarang kita akan membahas aplikasi (root) apa sajakah yang aman untuk di instal pada device Android, setidaknya beberapa aplikasi ini masuk ke dalam golongan aplikasi yang “harus” anda miliki jika device anda telah melalui proses root :

Gemini App Manager
Aplikasi root yang aman : Gemini App Manager
Gemini App manager sangat berguna terutama untuk meningkatkan performa device Android anda. Fitur-fitur utama dari aplikasi ini antara lain dapat memindahkan User App ke SD Card. Bahkan aplikasi ini mampu mengkonfigurasi autorun untuk masing-masing aplikasi yang anda instal dengan beberapa setting yang cukup mudah. Untuk melihat review dan cara menggunakan Gemini App Manager dapat anda cek disini
Untuk download aplikasi ini silahkan download di Play Store
Titanium Backup
Aplikasi root yang aman :Titanium Backup
Titanium Backup memiliki fungsi yang sesuai dengan namanya, yaitu untuk mem-backup device Android anda. Bukan hanya file yang dapat di backup dan restore dari aplikasi ini, namun juga dapat membackup baik User App maupun System App beserta data-data dan setting untuk masing-masing aplikasi yang anda backup dengan aplikasi ini. Untuk melihat review dan cara menggunakan Titanium Backup bisa anda cek disini
Untuk download aplikasi ini silahkan download di Play Store
System App Remover
Aplikasi root yang aman : System App Remover
System App remover adalah aplikasi untuk meng-uninstall aplikasi lain. Bukan hanya User App, namun System App juga dapat di uninstall dengan aplikasi ini. Karena cukup banyak aplikasi bawaan device yang tidak berguna atau sangat jarang digunakan atau bahkan mungkin tidak pernah tersentuh oleh pengguna. Namun anda tetap harus berhati-hati menggunakan aplikasi ini, terutama jika anda akan meng-uninstall System App. Karena jika anda meng-uninstall System App yang sifatnya vital, bukan tidak mungkin device anda akan mengalami gagal fungsi pada fitur tertentu, device mengalami bootloop atau bahkan mati total (brick). Jadi pastikan anda tahu dan mengerti tentang fungsi dari aplikasi yang akan anda uninstall.
Untuk download aplikasi ini silahkan download di Play Store

Link2SD

Aplikasi root yang aman : Link 2SD

Link2SD adalah aplikasi untuk memindahkan aplikasi ke SD card. Namun berbeda dengan metode move to SD biasa dimana aplikasi akan tetap menulis sebagian file di Internal memory yang membuat internal memory semakin penuh. Link to SD dapat memindahkan aplikasi secara penuh ke SD Card  dengan syarat SD Card tersebut sudah di partisi atau dibagi menjadi beberapa bagian. Aplikasi yang sudah di Link to SD akan dipindahkan  ke partisi kedua dari SD Card yang seolah olah bekerja sebagai internal memory. Dengan demikian, file yang seharusnya ditulis atau disimpan pada internal memory akan disimpan pada partisi kedua dari SD Card, sehingga internal memory tetap aman meskipun anda menginstal banyak aplikasi. Untuk informasi lengkap dan cara menggunakannya klik disini.
Untuk download aplikasi ini silahkan download di Play Store

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY