Mengatasi Masalah Saat Menggunakan Mode Kedalaman Bidang Pada Kamera Zenfone

Mengatasi Masalah Saat Menggunakan Mode Kedalaman Bidang Pada Kamera Zenfone

174
0
SHARE

Mengatasi Masalah Saat Menggunakan Mode Kedalaman Bidang Pada Kamera Zenfone – Mungkin kalian sudah tau kalau mimin sudah selesai membuat ulasan lengkap ASUS Zenfone 3 yang sudah mimin posting di blog Techijau.com ini. Dan ya, mimin cukup terkesan dengan kamera belakang dari hape ini, yang contoh hasil fotonya juga sudah mimin posting di blog ini.

BACA JUGA : Review Foto Hasil Kamera ASUS Zenfone 3

Namun ada sedikit cerita yang mungkin kamu belum tau. Jadi, ketika mimin sedang mencoba kamera dari smartphone ini bersama teman untuk kebutuhan review, salah satu teman mimin mendapati masalah kecil pada kamera di Zenfone 3 miliknya saat mencoba mode Kedalaman Bidang alias Depth of Field (DoF) mode.

Area fokus salah kamera ZenfoneSumber gambar ilustrasi : Facebook (Muhamad Aldi)

Masalah yang dimaksud adalah kamera tak mau mengambil foto ketika menggunakan mode tersebut, serta muncul pesan pop-up bertuliskan “Area fokus salah, coba lagi” (Wrong focus area, try again) seperti pada gambar diatas. Pesan tersebut selalu muncul tiap kali ia mencoba mengambil foto dengan mode Kedalaman bidang, hingga kemudian ia pun bertanya kepada mimin soal bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini.

Untungnya, hal ini bukanlah sebuah masalah besar dan kita bisa dengan sangat mudah mengatasinya. Nah bagi kamu yang juga sedang mengalami masalah yang sama, kamu wajib membaca posting ini sampai akhir karena mimin akan membagikan trik untuk memperbaiki masalah yang sudah disebutkan diatas. Yang harus kamu lakukan adalah mengikuti langkah sederhana berikut:

1. Masuklah ke menu Setting alias Pengaturan, lalu pilih menu Apps seperti pada gambar dibawah ini (sebelah kiri). Pastikan kamu sudah memilih option “All apps” atau “Semua aplikasi” seperti pada gambar dibawah (sebelah kanan), lalu carilah aplikasi Camera.

Mengatasi masalah pada mode kedalaman bidang ASUS Zenfone2. Akan muncul tampilan App info seperti pada gambar dibawah ini. Pilih menu Storage atau Penyimpanan yang terdapat dibawah dua tombol berwarna biru yang ada disana. Lalu, klik tombol Clear data atau Hapus data yang terdapat disana.

Memperbaiki area fokus salah pada kamera Zenfone3. Sudah? Sekarang, tutup menu pengaturan tersebut, dan restart hapemu. Setelah menyala kembali, cobalah untuk menggunakan kamera dengan mode Kedalaman bidang tadi. Seharusnya sih sekarang udah beres masalahnya 😀

BACA JUGA : Tips Fotografi Menggunakan Ponsel ala Mimin Techijau

Perlu kamu tau bahwa cara ini bisa dilakukan di semua perangkat ASUS Zenfone dengan OS Android Marshmallow, termasuk Zenfone 3 Max, Zenfone 3 Ultra, Zenfone 3 Deluxe, Zenfone 2, dan juga Zenfone Selfie. Sangat mudah bukan? Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY