Apa Itu Shutter Speed Pada Kamera? Ini Penjelasannya

Apa Itu Shutter Speed Pada Kamera? Ini Penjelasannya

4823
0
SHARE

Apa Itu Shutter Speed Pada Kamera? Ini Penjelasannya – Melanjutkan beberapa artikel soal fotografi sebelumnya, kali ini mimin akan membahas soal Shutter speed atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan kecepatan rana. Sebelumnya perlu diingat kembali bahwa ini merupakan artikel tentang ilmu dasar dan ditulis dengan gaya bahasa mimin sendiri yang lebih disederhanakan agar lebih mudah dimengerti oleh orang awam. Baiklah langsung saja mimin lanjutkan karena artikel ini mungkin akan sedikit panjang.

Shutter speed atau biasa disebut juga sebagai exposure time adalah untuk menentukan seberapa lama perangkat membiarkan cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera. Masih bingung? Oke mimin jelaskan lebih detail lagi. Untuk dapat mengambil sebuah gambar (foto), sensor pada kamera harus menerima cahaya yang datang melalui lensa. Misalnya kamu ingin mengambil gambar mobil, maka pastinya kamu akan mengarahkan lensa kameramu ke arah mobil yang berarti dalam kasus ini sumber atau arah datangnya cahaya yang akan masuk ke lensa adalah berasal dari arah mobil tersebut.

Pengertian Shutter SpeedSebelum kamu menekan tombol shutter pada kamera, shutter akan menutupi sensor sehingga cahaya dari lensa belum atau tidak akan diteruskan ke sensor. Nah ketika tombol shutter sudah kamu tekan atau klik, maka shutter akan terbuka dan membiarkan cahaya diteruskan hingga sensor “melihat” cahaya tersebut (seperti contoh sederhana dibawah ini) yang kemudian diproses dan disimpan di memory.

Apa Itu Shutter SpeedNah yang dimaksud dengan shutter speed atau biasa disebut juga sebagai kecepatan rana adalah seberapa lama shutter ini dibiarkan terbuka agar sensor dapat menerima cahaya, tergantung dari settingan yang kita lakukan (jika menggunakan mode manual setting). Misalnya kita melakukan setting shutter speed pada angka 1/1000 maka ketika kamu menekan tombol, shutter akan terbuka dalam waktu 1/1000 detik sebelum kemudian menutup kembali.

Fungsi dari shutter speed sendiri tentu saja berhubungan langsung dengan tingkat exposeure atau tingkat kecerahan pada gambar yang diambil dan ini merupakan salah satu dari 3 elemen utama dalam hal fotografi yang akan berpengaruh pada tingkat exposure yakni ISO, aperture dan kecepatan rana ini sendiri.

BACA JUGA : 3 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Tingkat Kecerahan Foto (Segitiga Exposure)

Semakin lama ia dibiarkan terbuka, maka cahaya yang masuk kedalam sensor akan semakin banyak sehingga gambar yang dihasilkan akan semakin terang. Begitupun sebaliknya. Berikut adalah gambaran sederhananya.

BACA JUGA : Apa Itu ISO Pada Kamera?

Fungsi Shutter Speed Pada KameraDan seperti halnya ISO dan aperture, settingan dari kecepatan rana ini sendiri tentu akan memiliki efek-efek tertentu. Efek yang paling terlihat adalah ketika kita mengambil objek yang bergerak, dalam contoh kasus ini adalah mobil. Ketika kita memotret mobil yang sedang berjalan dengan settingan shutter speed yang cepat (misal 1/1000 detik), maka mobil akan terlihat seperti sedang diam. Sebaliknya, set shutter speed yang lebih lambat (misal 1/4 detik) akan menyebabkan mobil yang bergerak tersebut nampak blur seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Efek shutter speed pada fotoBiasanya fotografer akan lebih memilih menggunakan shutter speed yang lebih cepat pada siang hari untuk menghindari terjadinya over exposure atau gambar terlalu terang dan juga untuk menghindari blur pada gambar yang diambil. Tentu saja kita juga dapat bereksperimen dengan settingan ini dan dipadukan dengan settingan aperture dan ISO untuk menghasilkan foto yang unik dan menarik.

BACA JUGA : Apa Itu Aperture Pada Kamera?

Nah mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Semoga saja mudah dipahami. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan info menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY