Waspada! ASUS Zenfone Zoom Palsu Mulai Beredar!

Waspada! ASUS Zenfone Zoom Palsu Mulai Beredar!

1588
6
SHARE

Waspada! ASUS Zenfone Zoom Palsu Mulai Beredar! – Kepopuleran sebuah brand smartphone atau gadget, sering kali dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab untuk menjual produk abal-abal yang dilabeli brand dari produk yang sudah terkenal. Salah satu contohnya adalah smartphone Xiaomi Mi4 palsu temuan Pras yang beberapa waktu lalu sempat ramai diperbincangkan.

BACA JUGA : Cara membedakan HP Xiaomi Asli dengan yang palsu

Belum lama ini, temuan perangkat palsu kembali muncul, kali ini brand ASUS dengan produk Zenfone Zoom yang jadi sasarannya. Seorang user dengan nick name Einzel telah mempublikasikan temuan ini di forum ASUS ZenTalk Indonesia. Menurut keterangannya dalam thread di forum tersebut, ia mengungkapkan bahwa ada salah seorang pengguna (dari Zenfone Zoom palsu tersebut) yang datang ke tokonya dengan maksud untuk memperbaiki perangkatnya yang rusak / bootloop.

BACA JUGA : Apa itu Bootloop?

Setelah di cek, barulah diketahui bahwa perangkat tersebut adalah barang abal-abal alias palsu. Berikut adalah penampakan dari ASUS Zenfone Zoom palsu tersebut.

Zenfone Zoom PalsuBerdasarkan bentuk fisiknya saja, kita yang sudah mengenal Zenfone Zoom secara fisik tentu sudah bisa memastikan bahwa perangkat tersebut adalah palsu karena sangat jauh beda dengan aslinya.

Zenfone Zoom KWPemilik dari perangkat ini mengaku bahwa ia telah membeli ASUS Zenfone Zoom KW ini dari seorang penjual online di Facebook dengan harga 2.2 juta rupiah. Kemungkinan besar, sang pembeli yang tertipu ini tergiur dengan iming-iming dari sang penjual yang menawarkan ASUS Zenfone Zoom dengan harga murah, dan biasanya, penjual seperti ini akan mengaku bahwa ia bisa menjual perangkat dengan harga murah karena barang tersebut masuk melalui jalur tak resmi, atau biasa kita kenal dengan istilah barang BM (Black Market).

ASUS Zenfone Zoom Abal-abalMimin meyakininya karena hal serupa juga pernah dialami oleh salah seorang anggota keluarga mimin yang tertipu dengan modus yang sama beberapa tahun yang lalu. Dan bagi kamu yang sedang berniat untuk memiliki ASUS Zenfone Zoom, kamu harus tau beberapa hal atau ciri dari Zenfone Zoom yang asli, sehingga nantinya kamu bisa membedakannya dengan yang palsu.

1. Zenfone Zoom Memiliki Kamera Yang Mendukung Optical Zoom

Berbeda dengan smartphone lain di pasaran, kamera dari ASUS Zenfone Zoom memiliki kemampuan untuk melakukan 3x optical Zoom, yang artinya, kualitas gambar akan tetap terjaga meski kita sudah melakukan zooming saat akan mengambil foto.

Kamera Zenfone Zoom AsliSumber gambar : Android Central

Dan ketika kita mencoba untuk melakukan zooming pada kamera belakangnya, akan ada komponen yang bergerak secara mekanis, dan kamu bisa coba untuk melihat ke bagian kameranya saat sedang menguji coba fitur zoom nya, dimana akan terlihat bahwa memang terdapat pergerakan yang terjadi di dalam kamera.

2. Zenfone Zoom Memiliki Laser Autofocus

Sama seperti beberapa perangkat ASUS lain seperti misalnya Zenfone Selfie, Zenfone Zoom memiliki fitur Laser Autofocus untuk membantu fokus kamera agar lebih cepat dan akurat. Untuk mengujinya, kamu bisa coba menyalakan kamera belakang, dan arahkan ke objek yang jauh. Lalu tempatkan objek lain yang lebih dekat (misalnya tanganmu sendiri) di depan kamera, untuk menghalangi objek yang ada dibelakangnya.

BACA JUGA : Review hasil foto ASUS Zenfone Selfie

Biasanya, kamera akan langsung merespon dan melakukan fokus ke objek yang lebih dekat tersebut dengan cepat.

3. Zenfone Zoom Memiliki Mode Manual

Ia juga dibekali dengan mode manual, termasuk untuk pengaturan fokus manual, ISO, dan juga shutter speed.

4. Zenfone Zoom Memiliki Performa Yang Powerful!

Menggunakan prosesor Intel Atom Quad-core 2.5 GHz, plus dukungan RAM 4 GB, sudah bisa dipastikan bahwa perangkat ini sangat responsive. Prosesor yang digunakannya tersebut bahkan lebih tinggi dari ASUS Zenfone 2, yang mampu memberikan respon yang sangat cepat. Kamu bisa cek spesifikasinya di halaman ini.

BACA JUGA : Review ASUS Zenfone 2

5. Zenfone Zoom Menggunakan ZenUI

Fisik Zenfone Zoom yang AsliSeperti halnya perangkat ASUS lainnya, Zenfone Zoom menggunakan tampilan khas ASUS yang diberi nama ZenUI. Kamu bisa baca lebih lanjut soal ZenUI di halaman ini.

Nah, itulah ciri utama dari ASUS Zenfone Zoom, selain dari segi fisiknya. Ingat, jangan tergiur untuk membeli barang dengan harga miring, karena bisa-bisa kamu malah mendapatkan barang abal-abal seperti yang dialami oleh korban tadi. Kamu juga bisa melakukan pengujian tertentu lain untuk mengetahui apakah perangkat yang kamu punya adalah asli atau palsu.

BACA JUGA : Cara cek hape asli atau palsu

Ada yang ingin menambahkan? Silahkan tinggalkan komentar. Jangan lupa untuk share tulisan ini, agar tak ada lagi orang awam yang menjadi korban! Kamu juga bisa menjelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

6 COMMENTS

    • Iya, kak.. Kalo emang ngerasa masih awam banget, mendingan beli di retail yang terpercaya dah..

      Meskipun sebenernya, cuman sedikit dari para penjual online yang ternyata penipu

LEAVE A REPLY