BBM Material Design Kini Resmi Masuk Di Google PlayStore

BBM Material Design Kini Resmi Masuk Di Google PlayStore

929
0
SHARE
BBM Material Design Kini Resmi Masuk Di Google PlayStore – Beberapa waktu lalu memang sudah beredar kabar bahwa BlackBerry telah membuat versi baru dari aplikasi chatting populer besutannya yakni BBM, khususnya untuk perangkat dengan sistem operasi Android. Dalam update tersebut disebutkan bahwa aplikasi ini akan mengusung desain baru yang lebih mengarah ke Material Design, sebuah panduan desain yang diarahkan oleh Google untuk para developer aplikasi Android.
Icon BBM material design

Beberapa orang sudah mencicipi versi baru dari BBM ini, namun mereka menggunakan jalur yang tidak resmi karena memang versi baru ini belum muncul di toko aplikasi resmi Android yakni Google PlayStore. Namun sebagian lain termasuk mimin lebih memilih untuk bersabar agar bisa melakukan update secara resmi. Dan akhirnya penantian itu pun berakhir karena baru saja BlackBerry sudah merilis update aplikasinya di Google PlayStore dan ya, sekarang kamu bisa melakukan update langsung melalui aplikasi PlayStore di perangkat Android milikmu.

Apa saja yang baru?
Hal baru pertama yang bisa kita temukan adalah dari icon yang dimiliki. Icon baru dari BBM untuk Android ini nampak lebih datar serta menggunakan warna sesuai dengan panduan Material Design. Saat pertama kali membukanya, aplikasi ini akan melakukan loading sejenak dan foto-foto kontak di perangkatmu pun akan hilang. Namun jangan khawatir, foto kontak ini akan kembali seperti semula dalam beberapa saat, tergantung kecepatan koneksi internetmu dan jumlah kontak yang kamu miliki. Tampilan kontak nampak tak banyak mendapat perubahan yang berarti. Icon-icon yang dimilikinya pun masih nampak serupa.

BACA JUGA : Cara mengatasi DP kontak BBM yang hilang

Tampilan kontak BBM Baru

Namun perubahan yang cukup besar mulai bisa kita lihat pada halaman BBM feeds, dimana halaman ini adalah tempat untuk menampilkan berbagai update dari kontak yang kita miliki mulai dari update status atau di BBM disebut juga sebagai PM (Private Message) serta update DP (Display Picture). Diantara 4 icon utama dan update stream (timeline) terdapat sebuah kolom baru bertuliskan What’s on your mind? (apa yang anda pikirkan) untuk mengetikkan status. Pertanyaan kepo macam ini biasanya juga bisa kita temukan pada facebook.

BBM Feeds

Kolom kepo ini akan mempermudah pengguna BBM untuk sharing atau berbagi status tentang apa yang dipikirkannya dengan pengguna BBM lain yang ada di kontaknya. Kita beralih ke halaman profile. Disini foto atau display picture yang kita gunakan akan nampak melingkar (tidak lagi kotak seperti dulu), lalu dibawahnya terdapat Nick name yang kita gunakan serta status update terbaru dari kita.

Tampilan BBM material design resmi

Disini kita juga bisa menemukan kolom kepo yang sama yang terus saja menanyakan soal apa yang kita pikirkan. Lalu dibawahnya terdapat beberapa keterangan mengenai profile kita seperti misalnya PIN, status dan feeds. Tampilan yang sama juga bisa kita lihat pada halaman profil teman di kontak kita. Kolom feeds yang ada di halaman profil akan menampilkan update terbaru dari pengguna yang bersangkutan. Berbeda dengan sebelumnya, feeds yang ditampilkan disini dapat memuat banyak sekali feeds update dari profile tersebut. Menurut mimin, disinilah letak perubahan terbesar dari aplikasi BBM.

Sekarang kita lanjut ke kolom chat list. Di halaman BBM chats ini terlihat lebih simpel dibanding sebelumnya, dan display picture yang ditampilkan memiliki bentuk lingkaran. Beberapa pilihan seperti setting, profile dan lainnya dapat kita temukan dengan mengklik icon di sebelah kiri tulisan BBM chat.

Chat list bbm

Ketika masuk ke halaman chat window, kita akan disajikan dengan tampilan yang juga simpel serta lebih bersih sehingga lebih enak dipandang. Tidak ada perubahan yang berarti di pilihan icon emoticon, namun nampak background yang dimiliki kini lebih enak dipandang. Disini display picture dari kontak yang kita ajak untuk chatting tak akan tampil di bagian atas seperti versi sebelumnya. Display picture itu akan muncul bersamaan dengan chat yang ia kirimkan.

Chat window bbm material design

Beberapa pilihan tambahan seperti ping, copy chat, email chat dll dapat kita temukan dengan mengklik icon yang terdapat di sebelah kanan atas layar aplikasi. Icon yang digunakan nampak tak jauh beda dengan versi sebelumnya.

Option chat bbm

Secara keseluruhan, update BBM versi 2.9.0.44 ini nampak bagus dan lebih kepada perubahan desain yang mengusung konsep material design seperti yang disarankan oleh Google. Soal performa mimin tidak merasakan adanya penurunan atau peningkatan yang berarti, semuanya lancar jaya makmur sentosa. Jadi mimin rasa update kali ini cukup recomended khususnya bagi kamu yang memang sudah menantikan BBM dengan material design ini.

Silahkan lakukan update melalui Google PlayStore. Sebelumnya jika kamu belum tau cara update atau download aplikasi di perangkat Android melalui komputer, kamu bisa melihatnya di posting cara download aplikasi di Android lewat PC. Jangan lupa untuk menjelajahi blog Dunia Gadget 558 ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY