Beberapa Aplikasi Android Tidak Bisa Dipindahkan Ke External Memory

Beberapa Aplikasi Android Tidak Bisa Dipindahkan Ke External Memory

4557
2
SHARE
Aplikasi Android tidak bisa dipindahkan ke SD Card
Beberapa Aplikasi Android Tidak Bisa Dipindahkan Ke External Memory – Banyak smartphone dengan sistem operasi Android terutama yang kelas entry level yang dibekali memory internal yang kecil. Hal ini menyebabkan pengguna untuk harus memindahkan aplikasi yang di downloadnya ke memory eksternal agar memory internal tidak cepat penuh, yang tentunya akan mempengaruhi kinerja dari smartphone itu sendiri. Namun sayangnya, beberapa aplikasi tidak bisa di pindahkan ke memory eksternal karena beberapa alasan. Hal ini tentunya bukanlah hal baik bagi pengguna smartphone dengan memory internal kecil seperti Samsung Galaxy Y, Y duos, Galaxy Mini, Sony Xperia Tipo, Mini Pro, Live With Walkman dan lainnya. Lalu bagaimana cara memindahkan aplikasi tersebut ke SD card atau eksternal memory? Ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh pengguna smartphone Android tersebut, namun saia lebih menyarankan kepada pengguna untuk me-root device nya terlebih dahulu, karena akan lebih efektif untuk bisa mengoptimalkan memory internal device. Keuntungan dan kerugian dari root pada Android sendiri bisa anda baca di halaman pengertian root pada Android. Nah jika anda sudah me-root device Anda, ada 2 aplikasi “wajib punya” yang bisa anda gunakan untuk memindahkan aplikasi ke SD card diantaranya adalah :

Gemini App manager mampu memindahkan user app (aplikasi yang di download pengguna) ke SD card. Selain memindahkan aplikasi ke SD card, Gemini App Manager juga sangat bermanfaat untuk mempertahankan performa device Android anda. Salah satu fitur yang menjadi alasan mengapa pengguna Android “wajib punya” aplikasi ini adalah Gemini App Manager mampu mengatur autorun dari aplikasi-aplikasi lain, karena banyak aplikasi “bandel” yang berjalan di background (belakang layar) meskipun pengguna tidak menghendakinya yang menjadi salah satu faktor utama penyebab lemotnya device Android. Untuk informasi lengkap tentang cara menggunakannya bisa anda baca di halaman Meningkatkan performa smartphone Android dengan Gemini App Manager.
Aplikasi “wajib punya” kedua adalah Link2SD. Untuk masalah memindahkan aplikasi ke SD card, aplikasi ini adalah yang paling efektif saat ini (menurut saia). Mengapa demikian? Berbeda dengan metode memindahkan aplikasi ke SD card biasa (Move to SD) yang memiliki kekurangan yakni beberapa data aplikasi akan tetap di tulis di memory internal seperti dalvik cache dll, yang menyebabkan memory internal tetap terbebani, aplikasi ini menawarkan metode Link to SD, yakni memindahkan seluruh data user app ke SD card, dengan syarat SD card telah di partisi. Selain itu, aplikasi Link2SD juga bisa digunakan untuk menghapus system app (aplikasi sistem/bawaan) yang tentunya akan membantu melegakan internal memory. Untuk informasi lengkap tentang cara menggunakannya bisa anda baca di halaman Mengoptimalkan internal memory dengan Link2SD.
Jangan lupa untuk meng-klik tombol G+1 dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat 😀

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY