Apa Bedanya Zenfone 2 Laser Dengan Zenfone 2 “Biasa”?

Apa Bedanya Zenfone 2 Laser Dengan Zenfone 2 “Biasa”?

31134
0
SHARE
Apa Bedanya Zenfone 2 Laser Dengan Zenfone 2 “Biasa”? – Baru juga selesai nulis soal perbedaan antara Zenfone Selfie dengan Zenfone 2 Laser beberapa hari lalu, eh ada yang tanya lagi soal Zenfone 2 Laser, tapi kali ini jika dibandingkan dengan smartphone flagship dari ASUS yakni Zenfone 2.

BACA JUGA : APA ITU FLAGSHIP?

Well, daripada mimin harus balesin email dan ngetik panjang lebar soal ini berkali-kali, mendingan mimin jadikan posting aja kali yaa. Sebenarnya dari segi spesifikasi, keduanya jelas jauh berbeda. Dari segmen pasar yang ditargetkan pun berbeda, mengingat kedua perangkat ini punya keunggulannya masing-masing. Tapi mungkin yang bikin banyak orang bingung adalah penggunaan nama dari keduanya yang mirip. Dari sisi tampilan pun nampak serupa tapi tak sama.

Oke, gak perlu panjang lebar lagi karena mimin rasa tulisan ini akan cukup panjang, jadi mimin akan langsung membahas sisi perbedaan dari kedua smartphone andalan ASUS ini. Cek ke TKP yuk!

NOTE : Tolong jangan malas membaca yaa 🙂

Poin kelebihan Zenfone 2 Laser
  • Harga (lebih murah)
  • Kamera
Poin kelebihan Zenfone 2 “biasa”
  • Performa
Yang diatas itu poin perbedaan sederhananya yaa. Nah kalo mau lebih detail, silahkan lanjut dibaca, kita mulai dari sisi tampilan…

1. Tampilan Fisik

Jika dilihat dari depan, keduanya memang nampak sangat mirip. Tapi kalau kita melihat pada cover belakangnya, akan nampak beberapa perbedaan kecil seperti misalnya peletakan LED flash pada Zenfone 2 Laser yang terdapat disamping kamera, sejajar dengan kamera dan sebuah titik hitam yang merupakan sensor Laser autofocus yang tidak dimiliki oleh Zenfone 2 “biasa”.
Cover belakang ASUS Zenfone 2 Laser

Lalu ketika kita menengok sedikit kebawah, pada Zenfone 2 terdapat logo Intel Inside yang menandakan bahwa perangkat tersebut menggunakan prosesor dari Intel. Sedangkan pada Zenfone 2 Laser hanya terdapat tulisan “Zenfone” saja.

Cover belakang ASUS Zenfone 2

2. Harga


Nah perbedaan yang cukup jauh mulai bisa kita temukan dari sisi harga antara kedua perangkat ini. Zenfone 2 dengan varian paling murah (ZE550ML) dibanderol di kisaran harga 2.5 juta rupiah (ketika tulisan ini dibuat), sedangkan Zenfone 2 Laser dengan varian paling murah (ZE500KG) dibanderol dengan harga 1.8 juta rupiah.

3. Varian

Zenfone 2 hanya tersedia dalam 4 varian (yang resmi masuk ke Indonesia) dan kesemuanya memiliki ukuran layar 5.5 inch, dan yang membedakan adalah resolusi layar, kapasitas RAM, ROM, dan juga kecepatan dari prosesor yang digunakan. Sedangkan Zenfone 2 Laser memiliki setidaknya 6 varian yang berbeda baik dari sisi ukuran layar (5, 5.5, hingga 6 inch), dukungan jaringan (3G / 4G), kapasitas penyimpanan (ROM), hingga penggunaan prosesor. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca lebih lanjut disini :

BACA JUGA : VARIAN ASUS ZENFONE 2 vs VARIAN ZENFONE 2 LASER

4. Kamera

Meskipun sama-sama mengusung kamera belakang beresolusi 13 megapixel (kecuali untuk ZE500KG), namun fitur kamera yang dimiliki oleh Zenfone 2 Laser lebih banyak dibandingkan dengan Zenfone 2 “biasa” baik dari sisi software maupun hardware. Zenfone 2 Laser dilengkapi dengan sensor Laser autofocus yang akan membuat fokus pada kamera jadi lebih cepat, sedangkan Zenfone 2 tidak memilikinya.

Sekedar info, sensor Laser autofocus biasanya hanya disematkan pada perangkat smartphone mahal/kelas atas karena memang fitur ini tidaklah murah, namun  disini ASUS menerapkannya pada smartphone low end, dan itu berarti ini adalah sesuatu yang bisa dibilang istimewa. Lalu Zenfone 2 Laser juga sudah mendukung fitur manual mode dengan pilihan pengaturan shutter speed yang lebih lengkap yakni di kisaran 1/1000 detik hingga 32 detik. Sedangkan Zenfone 2 hanya mendukung shutter speed di kisaran 1/500 hingga 1/2 detik saja.

BACA JUGA : APA ITU SHUTTER SPEED PADA KAMERA?

Hasil foto

5. Layar


Dari sisi layar, Zenfone 2 lebih unggul dari sisi ketajaman berkat resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel) pada layar 5.5 inch miliknya (kecuali seri ZE550ML). Sedangkan Zenfone 2 Laser hanya dibekali dengan layar beresolusi HD (1280 x 720 pixel). Hanya yang memiliki ukuran layar 6 inch saja yang sudah mendukung resolusi Full HD.

6. Spesifikasi, Performa, Dll

Di sisi jeroan, Zenfone 2 jelas lebih unggul daripada Zenfone 2 Laser dengan varian layar 5 & 5.5 inch, sedangkan untuk varian layar 6 inch bisa dibilang hampir sama baiknya meski Zenfone 2 masih terasa lebih baik. Zenfone 2 menawarkan performa yang powerful berkat prosesor Intel Quad-core 1.8 GHz (untuk versi RAM 2 GB) / 2.3 GHz (untuk versi RAM 4 GB) yang diusungnya.

BACA JUGA : REVIEW LENGKAP ASUS ZENFONE 2

Sedangkan Zenfone 2 Laser (5 & 5.5 inch) hanya dibekali dengan prosesor Quad-core 1.2 GHz dari Qualcomm Snapdragon 410 plus RAM 2 GB. Hanya Zenfone 2 Laser dengan varian layar 6 inch yang memiliki performa yang mendekati Zenfone 2 karena dibekali dengan prosesor Octa-core 1.7 GHz Qualcomm Snapdragon 615 plus RAM 3GB.

BACA JUGA : REVIEW SINGKAT ASUS ZENFONE 2 LASER

Dari yang mimin rasakan, performa yang disajikan oleh Zeny 2 terasa lebih smooth dan responsif, apalagi ketika digunakan untuk urusan multitasking, meski konsekuensinya adalah baterai dari Zenfone 2 sedikit lebih boros. Namun demikian, Zeny 2 sudah dibekali dengan fitur Quick charging atau pengisian daya cepat untuk menutupi kekurangan kecilnya itu.

7. Target Pasar

Nah berdasarkan apa yang dimiliki oleh masing-masing perangkat sepertinya perbedaan antara keduanya sudah jelas, khususnya untuk target pasar yang dibidik oleh keduanya. Zenfone 2 Laser mengusung fitur kamera yang istimewa dengan banderol harga yang sangat terjangkau, sehingga bisa dipastikan bahwa perangkat ini ditargetkan untuk mereka yang meninginkan smartphone murah namun memiliki fitur kamera yang sangat mumpuni.

Bahkan fitur kamera yang dimilikinya sangat jauh melampaui perangkat lain di kisaran harga yang sama. Dan jika kamu menginginkan performa yang lebih baik, kamu bisa memilih Zenfone 2 Laser dengan varian layar 6 inch meski tentu saja kamu mesti mengeluarkan biaya yang lebih untuk itu. Sedangkan untuk Zenfone 2 “biasa” lebih mengedepankan sisi performa meskipun kameranya tidak bisa dibilang buruk.
ASUS Zenfone 2

Respon yang sangat cepat, serta multitasking yang lancar menjadi senjata utama dari perangkat yang satu ini. Dari situ bisa ditebak bahwa Zenfone 2 lebih ditujukan pada mereka yang menginginkan performa kelas tinggi namun dengan banderol harga kelas menengah.


Oke, mimin rasa sudah cukup jelas yaa, dan mimin harap tulisan diatas bisa dimengerti. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Jadi kamu pilih yang mana nih?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY