Zenfone 2 ZE551ML vs Zenfone 3 ZE552KL, Bedanya Apa?

Zenfone 2 ZE551ML vs Zenfone 3 ZE552KL, Bedanya Apa?

788
2
SHARE

Zenfone 2 ZE551ML vs Zenfone 3 ZE552KL, Bedanya Apa? – ASUS Zenfone 3 sudah resmi dirilis di Indonesia bersamaan dengan digelarnya event Zenvolution pada awal September 2016 lalu. Dan ya, smartphone tersebut sukses menarik perhatian para pecinta gadget karena seri smartphone terbaru dari ASUS itu mendapatkan perubahan yang sangat drastis dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Tapi mungkin masih ada sebagian dari calon konsumen yang masih belum mengetahui soal letak perbedaan antara Zenfone 2 ZE551ML dengan Zenfone 3 ZE552KL (varian layar 5.5 inch). Dan untuk itulah, pada posting kali ini mimin bermaksud untuk membuatkan daftar perbandingan yang membedakan antara keduanya. Kita mulai dari segi fisik dulu yuk!

CATATAN : Gambar perbandingan yang mimin sertakan dalam posting ini hanya merupakan gambar render dan BUKAN foto, sehingga perbedaan ukuran fisik yang terlihat disini bukanlah perbandingan ukuran yang sebenarnya.

Sudah baca notes diatas, kan? Oke, kita lanjut yaa! Meski sama-sama mengusung layar berukuran 5.5 inch, tetapi jika dilihat sepintas saja, kamu pasti bisa langsung membedakan antara Zenfone 2 dengan Zenfone 3.

Perbedaan ASUS Zenfone 2 dengan Zenfone 3Yap, gambar yang berada di sebelah kiri adalah Zenfone 2, yang jelas sangat berbeda dengan Zenfone 3. Pada Zenfone 3, kita takkan menemukan logo ASUS seperti yang bisa kita temukan pada Zenfone 2. Lalu, dagu tambahan di bagian bawah tombol kapasitif juga sudah tidak kita temukan lagi pada Zenfone 3.

Lebih lanjut, lapisan kaca pelindung Gorilla Glass pada Zenfone 3 memiliki desain 2.5D (bagian sisi terluar dibuat sedikit melengkung) dan menutupi seluruh permukaan bagian depan, sehingga membuatnya nampak mewah. Sedangkan pada Zenfone 2, bagian dagu yang terletak dibawah tombol kapasitifnya tidak dilapisi dengan Gorilla Glass dan hanya terbuat dari plastik.

BACA JUGA : Perlukah Menggunakan Pelindung Pada Layar Gorilla Glass?

Perbedaan lebih mencolok akan dapat kita lihat jika kita mengintip ke bagian belakang keda perangkat ini. Body melengkung dengan case yang terbuat dari semacam plastik pada Zenfone 2 sudah tidak kita temukan lagi pada Zenfone 3, karena ASUS memutuskan untuk memilih material kaca sebagai cover belakangnya. Kaca bagian belakang ini juga memiliki tepian tumpul (2.5D) untuk memberikan kesan mewah. Plus, pola lingkaran konsentris yang terdapat pada bagian belakang Zenfone 3 membuatnya nampak jauh lebih menawan.

Perbandingan antara Zenfone 2 dengan Zenfone 3Bingkai kamera belakang yang tadinya berbentuk lingkaran pun berubah menjadi kotak dengan sudut sedikit membulat. Dan yang terakhir, tombol volume yang tadinya diletakkan di bawah kamera belakang, sudah dipindahkan kembali ke bagian samping, dan posisi itu kini digunakan untuk meletakkan sensor sidik jari.

Frame alias bingkai untuk rangka utama dari Zenfone 3 membuatnya terkesan lebih kokoh dibandingkan Zenfone 2, terasa lebih padat, namun terbilang masih cukup ringan. Kok mimin bisa tau? Yakan kemarin pas acara launching nya mimin juga sempat icip-icip dan colek-colek si Zenfone 3 yang varian 5.5 inch. Ehehehe.. Sekarang, kita bahas soal hardware nya yuk!

Pengalaman menggunakan ASUS Zenfone 3Perbedaan Spesifikasi Utama

Meski sama-sama mengusung layar 5.5 inch, RAM 4 GB serta baterai 3000 mAh, namun Zenfone 3 membawa berbagai perubahan yang signifikan dari segi hardware yang lainnya. Tapi sebelumnya perlu dicatat lagi yaa, bahwa Zenfone 3 yang mimin maksud disini adalah versi ZE552KL, karena Zenfone 3 juga mempunyai varian dengan ukuran layar yang lebih kecil yakni ZE520KL.

BACA JUGA : Perbedaan Antara Zenfone 3 ZE552KL Dengan ZE520KL

Perbedaan yang pertama adalah dari sisi penggunaan chipset. Zenfone 3 sudah tidak lagi menggunakan chipset Intel Atom seperti yang digunakan oleh Zenfone 2. ASUS lebih memilih untuk menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625 dengan CPU Octa-core 2.0 GHz. Tak lupa, OS yang digunakan secara default pun sudah menggunakan Android versi 6.0.1 Marshmallow, dengan versi UI yang juga lebih baru yakni ZenUI 3.0.

ASUS juga memberikan upgrade dari sisi kamera. Tak tanggung-tanggung, jika sebelumnya Zenfone 2 berbekal sensor kamera dari Toshiba dengan resolusi 13 megapixel, kali ini mereka menggunakan sensor Sony IMX298 beresolusi 16 megapixel yang sering kali digunakan oleh perangkat smartphone kelas premium. Plus, pelindung dari lensa nya pun konon terbuat dari Saphire, agar lebih terlindung dari goresan yang bisa mengurangi kualitas foto.

BACA JUGA : Apa Itu Megapixel Pada Kamera?

Dan yang terakhir, Zenfone 3 sudah menggunakan port USB Type-C yang lebih modern dibandingkan dengan Zenfone 2 yang masih menggunakan microUSB v2.0. Keunggulan dari port ini adalah kecepatan transfer data dan kecepatan dari charging akan meningkat. Selanjutnya, mimin akan membahas soal fitur baru yang ada di Zenfone 3 yuk!

Fitur Baru Pada Zenfone 3

Dibandingkan dengan Zenfone 2, Zenfone 3 membawa berbagai fitur tambahan yang akan membuatnya semakin jauh meninggalkan Zenfone 2, salah satunya ada di sisi kamera. Ya, smartphone yang mengusung jargon “Built For Photography” ini memang sangat mengandalkan fitur kamera sebagai poin plus utama, sehingga jangan heran kalau fiturnya benar-benar mendapatkan upgrade yang sangat signifikan.

Tampilan belakang Zenfone 3Sebut saja fitur TriTech Autofocus, dimana fitur ini akan memadukan antara Laser-autofocus, Phase Detection Autofocus (PDAF) dan juga Continuous Autofocus untuk memberikan performa fokus kamera yang cepat di segala kondisi pencahayaan. Lalu ia juga sudah dilengkapi dengan fitur OIS untuk membantu menstabilkan lensa kamera untuk meminimalisir efek blur akibat getaran tangan kita.

BACA JUGA : Apa Fungsi OIS Pada Kamera?

Plus, ia juga sudah mendukung perekaman video beresolusi 4K loh! FYI aja, fitur seperti OIS, Laser autofocus dan juga perekaman video 4K adalah fitur yang biasa digunakan pada smartphone premium, dan sangat jarang ditemukan pada perangkat kelas menengah yang ditarget oleh Zenfone 3.

Di bagian software kamera pun ada sangat banyak sekali penambahan fitur yang diusung oleh Zenfone 3. Kalau kamu penasaran, kebetulan mimin sudah coba untuk mencicipi kamera Zenfone 3 dengan seri ZE520KL (layar 5.2 inch) yang hasilnya bisa kamu intip di halaman yang mimin sertakan dibawah ini. Tenang, dari segi hardware, kameranya punya fitur yang sama kok dengan yang varian layar 5.5 inch. Jadi kemungkinan hasil fotonya pun tak jauh beda.

BACA JUGA : Review Kamera ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Fitur baru lain yang dibawa oleh Zenfone 3 adalah hadirnya sensor sidik jari untuk pengamanan ekstra bagi perangkat. Plus, berbagai perombakan dari sisi software nya yang pastinya lebih baik dari Zenfone 2.

Nah, itulah beberapa poin perbedaan yang dimiliki antara Zenfone 2 ZE551ML dengan Zenfone 3 ZE552KL. Jadi, gimana? Kamu pilih Zenfone 3, atau tetap pakai Zenfone 2? Kamu bisa jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

2 COMMENTS

    • Ya jelas unggul Zenfone 3 dong 🙂

      Unggul segala-galanya, Kak. Mulai dari desain, performa, baterai, kamera, fitur, suhu. Semua lebih baik di Zenfone 3. Plus, Zenfone 3 juga udah stabil banget software nya, nggak seperti Zenfone 2 yang kurang stabil dan mesti di update berkali-kali supaya stabil 🙂

LEAVE A REPLY