Cara Membuat Akun Gmail Baru Di Android

Cara Membuat Akun Gmail Baru Di Android

16196
9
SHARE

Cara Membuat Akun Gmail Baru Di Android – Untuk dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada perangkat dengan sistem operasi Android, kita diwajibkan untuk mempunyai, menggunakan dan melakukan sign in akun Gmail (Google Mail) karena akun tersebut juga berperan sebagai “akun Android”.

Cara buat akun GMail baru di AndroidPada Google PlayStore misalnya, dimana kita wajib untuk sign in akun Gmail pada perangkat yang kita gunakan agar dapat mendownload dan install aplikasi yang terdapat disana. Tapi, bagaimana jika kita tidak punya? Yaa terpaksa kamu wajib untuk membuatnya terlebih dahulu, karena akun ini benar-benar sangat penting dan bukan hanya untuk urusan download aplikasi saja.

Seberapa penting sih? Emmm, nanti akan mimin jelaskan dibawah yaa. Tenang, tak perlu repot menyalakan komputer atau laptop kok, karena kita bisa membuat akun Gmail langsung dari hape atau tablet Android yang kita miliki.

Nah, bagi kamu yang mungkin belum tau bagaimana caranya, kamu wajib membaca postingan ini hingga akhir karena disini mimin Techijau.com akan memberikan tutorial singkat untuk membuat email Google baru. Dan berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

NOTE : Mohon dibaca dengan hati-hati, yaa 🙂

1. Bukalah aplikasi Gmail pada perangkatmu. Jika kamu benar-benar belum melakukan sign-in pada gadget yang kamu gunakan, maka kamu akan langsung loncat ke langkah nomor 4. Namun, jika kamu sudah melakukan sign-in dan ingin membuat Gmail yang baru, maka aplikasi ini akan membuka inbox dari Email mu. Klik pada icon tiga garis menumpuk (entah apa namanya) yang berada di sebelah kiri atas layar, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Langkah membuat Gmail baruLalu aplikasi akan menampilkan beberapa pilihan menu, cari dan klik menu Settings atau Pengaturan.

2. Akan muncul pilihan pengaturan umum (General Settings) dan juga list dari akun Google yang kamu gunakan pada perangkat yang kamu gunakan. Pilih Add account.

Cara buat Gmail3. Disana akan muncul menu Set up email. Pilih Google, lalu klik Next.

Membuat akun Android4. Nah sekarang, kamu bisa menambahkan akun Google yang kamu punya. Tapi, karena disini kita akan membuat yang baru, maka kamu harus memilih aku Create a new account (buat akun baru) seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.

Gmail baru5. Aplikasi akan menampilkan menu pendaftaran akun baru. Di langkah pertama (pada gambar dibawah) kamu akan diminta untuk memasukkan nama depan dan belakangmu. Ingat, masukkan namamu saja ya, jangan masukkan nama mantan, supaya kamu nggak gagal move on. Setelah itu, klik Next (Selanjutnya).

Membuat email menggunakan AndroidKemudian, kamu diminta untuk memasukkan username dari email yang akan kamu buat. Username ini nantinya juga akan menjadi alamat email mu, misalnya, jika pada username ini kamu isikan dengan “namamantan22”, maka nantinya alamat emailmu akan menjadi “namamantan22@gmail.com”. Sudah paham? Oke, silahkan isi dan klik Next.

6. Sekarang, masukkan password untuk melindungi akun email yang akan kamu buat ini. Pastikan untuk membuat password yang sulit ditebak oleh orang lain agar tak mudah dibobol, namun pastikan juga bahwa ia mudah di ingat oleh kamu sendiri untuk menghindari lupa password. Jika sudah, klik Next.

BACA JUGA : Tips Membuat Password yang Kuat Agar Tak Mudah Dibobol

7. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang kamu miliki. Sebenarnya ini optional alias boleh dilakukan, boleh juga tidak. Tapi akan lebih aman jika kamu mengisi form nomor telepon pada langkah ini karena nantinya akan berguna jika suatu saat kamu lupa password.

Menyertakan nomor handphone pada gmailPastikan kamu memasukkan kode negara yang benar (untuk Indonesia, pilih ID), seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, lalu masukkan nomor hapemu, dan klik Next. Tapi jika kamu tak ingin memasukkan nomor hapemu, kamu bisa klik menu Skip untuk melanjutkan.

8. Jika kamu memasukkan nomor hapemu, maka akan muncul menu popup yang akan menampilkan kembali nomor yang kamu masukkan tadi. Cek kembali, dan jika sudah yakin, klik Verify (Verifikasi) untuk melanjutkan, maka Google akan mengirimkan SMS berisikan kode untuk melakukan verifikasi bahwa nomor yang kamu masukkan tadi valid.

Mengkonfirmasi email gmailMasukkan kode yang dikirimkan lewat SMS tadi pada form pembuatan akun GMail. Tapi, jika ternyata nomor hape yang kamu masukkan itu sedang kamu gunakan pada perangkat yang sama (dengan yang sedang kamu gunakan untuk mendaftar GMail), maka verifikasi akan dilakukan secara otomatis, dan aplikasi akan melanjutkan ke langkah berikutnya.

9. Hampir selesai! Sekarang kamu akan diminta untuk menyetujui ketentuan dan kebijakan yang harus dipatuhi untuk dapat terus menggunakan service dari GMail. Kamu boleh mengklik untuk membacanya terlebih dahulu, atau kamu bisa langsung klik I Agree (Saya Setuju).

10. Kemudian, aplikasi akan menampilkan kembali kenangan bersama mantan alamat email yang sudah kamu masukkan tadi untuk mengkonfirmasi. Disana diberitahukan bahwa akun tersebut akan dapat kamu gunakan untuk berbagai service dari Google termasuk Google PlayStore, Youtube, Google Maps, Drive, dll. Klik Next untuk melanjutkan.

Langkah terakhir membuat GMail di Android11. Langkah terakhir, kamu akan ditawari apakah kamu ingin menerima berita update terbaru dari Google dan juga penawaran terbaru dari Google PlayStore. Klik Next, dan aplikasi akan mendaftarkan email plus data yang sudah kamu masukkan tadi untuk mengaktifkan akun GMail baru yang ingin kamu buat.

Selesai! Sekarang kamu sudah berhasil membuat akun email GMail baru. Cukup panjang sih, tapi tak terlalu sulit, kan? Perlu kamu ketahui bahwa sangat penting bagi kita para pengguna gadget dengan OS Android untuk memiliki dan mengingat akun GMail miliknya. Karena seperti yang sudah mimin ungkapkan di awal tadi, akun ini berfungsi sebagai “akun Android” agar kita dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada, termasuk juga fitur untuk melacak jika ternyata perangkatmu hilang.

BACA JUGA : Cara Melacak Android Yang Hilang

Artinya, jika kamu tak mempunyai akun ini, maka kamu tidak akan bisa memanfaatkan beberapa fiturnya termasuk fitur yang amat sangat penting diatas. Oke, mungkin itu saja yang bisa mimin berikan pada posting kali ini

Kamu bisa menjelajahi Techijau.com untuk menemukan berbagai informasi menarik lain termasuk soal berita, tips, serta review gadget terbaru. Semoga bermanfaat! 😀

9 COMMENTS

  1. Wow, wonderful blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your web site is excellent, as well as the content! dffaeddekckg

    • Hemm, aneh juga yaa.. Biasanya gak begitu kok..

      Apa mungkin maksudnya masukin Pin dari kunci layar? Kalo gak liat screenshot nya gabisa bantu banyak sih. Coba upload screenshot nya di twitter, Kak, terus mention ke akun kita @Techijau

LEAVE A REPLY