Menggunakan MyLink M3Y Untuk Melihat Sisa Kuota Pada Smartfren Andromax M3Y

Menggunakan MyLink M3Y Untuk Melihat Sisa Kuota Pada Smartfren Andromax M3Y

49643
54
SHARE

Menggunakan MyLink M3Y Untuk Melihat Sisa Paket Data Pada Smartfren Andromax M3Y – Beberapa hari lalu, mimin sempat iseng untuk mampir ke Gallery Smartfren untuk meminang seri mini WiFi routerย terbaru mereka dengan seri M3Y untuk diuji pakai dan pastinya bakal diulas di blog Techijau.com ini.

Review Smartfren Andromax M3YNah, sembari menunggu proses pembuatan ulasan alias review dari MiFi Smartfren Andromax M3Y ini (sudah selesai & bisa kamu lihat pada link ini), mimin akan membuatkan sebuah tulisan yang mungkin bakal berguna bagi orang awam yang baru saja memiliki perangkat yang sama, yakni tentang bagaimana untuk mengetahui sisa paket data yang terdapat pada Smartfren Andromax M3Y.

Cara mengecek sisa kuota dari MiFi ini sebenarnya sangat mudah bagi mereka yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android karena Smartfren sudah menyediakan sebuah aplikasi bernama MyLink M3Y, atau MyLink M3Z untuk kamu pengguna Andromax M3Z. Namun bukan berarti perangkat dengan OS lain jadi tidak bisa mengecek sisa kuotanya loh ya, nanti akan mimin bahas juga kok disini.

Makanya diperhatikan dulu yaa. Oke, kita langsung aja deh mulai pembahasannya!

Cara Menggunakan MyLink M3Y & M3Z Untuk Cek Kuota

1. Eits, untuk kamu pengguna Android, sebelumnya kamu mesti install dulu donk aplikasi MyLink M3Y di hape atau tablet Android kamu. Kamu bisa menemukannya di Google PlayStore. Atau bagi kamu pengguna Andromax M3Z, kamu bisa download aplikasinya di Google PlayStore juga.

BACA JUGA : Cara Install Aplikasi Di Hape Android Melalui Laptop

Sudah install? Sekarang kamu harus login dulu. Oiya kalau kamu ingin mengeceknya menggunakan laptop, kamu bisa langsung buka browser dan masuk ke andromax.m3y (untuk pengguna M3Y) dan atau andromax.m3z (untuk pengguna M3Z). Tampilannya bakal mirip kok seperti di pada tampilan aplikasi di hape.

Ketika MiFi masih dalam keadaan baru, biasanya username dan password untuk aplikasi ini secara default akan di set “admin”. Artinya, kamu hanya perlu memasukkan kata “admin” sebagai username dan password nya.

Cara cek kuota smartfren andromax m3y2. Nah setelah login, tampilan dari aplikasi akan muncul seperti pada gambar dibawah ini. Untuk melihat sisa kuota yang dimilikinya, kamu perlu untuk memilih menu My Smartfren.

Melihat sisa kuota Andromax M3Y3. Lalu, aplikasi akan membukakan menu tampilan sederhana mengenai sisa kuota yang kamu miliki, di bagian atas layar. Nah untuk melihat info lebih detail, kamu perlu mengklik menu tersebut agar aplikasi menampilkan informasi yang lebih lengkap mengenai bonus kuota, masa aktif, dan lainnya.

Mengecek Kuota Andromax M3YTuh, gampang kan? Eittts tapi tunggu dulu! Kamu perlu membaca lebih lanjut untuk mengamankan MiFi mu!

Mengganti Password WiFi & Login

Setelah berhasil melihat sisa kuota, sekarang saatnya kamu mengganti password login dari MiFi yang kamu gunakan agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Caranya?

Masih menggunakan aplikasi MyLink M3Y / M3Z, di bagian tampilan awal, cari dan pilih menu Quick Settings. Setelah itu akan muncul tampilan menu mulai dari nama WiFi, hingga password login dan password WiFi.

Mengganti password wifi Andromax M3YMenu Wi-Fi SSID yang tertera disana adalah tampilan nama dari WiFi mu. Kamu boleh membiarkannya, atau menggantinya sesuai dengan nama yang kamu inginkan. Nantinya, nama yang kamu set inilah yang akan muncul dan terdeteksi pada perangkat yang sedang mencari WiFi.

Lalu menu Wi-Fi Key adalah password yang wajib dimasukkan bagi siapa saja yang ingin menggunakan jaringan WiFi pada perangkat Andromax M3Y. Yang ini juga kamu boleh membiarkannya, atau menggantinya dengan password lain agar lebih mudah diingat.

WARNING! Jika kamu mengganti Wi-Fi SSID dan Wi-Fi Key, maka kamu secara otomatis akan langsung log-out, dan harus terhubung kembali dengan WiFi yang menggunakan nama baru dan password baru tersebut.

Nah kalau menu Login password ini penting banget dan wajib kamu ganti, supaya MiFi mu nggak diambil alih oleh orang lain! Gantilah password login yang sebelumnya hanya menggunakan kata “admin” menjadi apapun password yang kamu inginkan untuk mengamankan MiFi mu.

Dan iya, setelah itu kamu wajib untuk mengklik tombol Apply yang terdapat dibawahnya agar perubahan bisa disimpan.

Tambahan

Terus, gimana caranya untuk isi ulang kuota di perangkat ini? Gampang kok. Kamu tinggal melakukan isi ulang pulsa, maka otomatis pulsa yang masuk akan berubah menjadi kuota data, seperti yang sudah mimin tuliskan pada posting dibawah ini. Disana, mimin juga memberi penjelasan tentang cara mengisi ulang MiFi Smartfren mu dengan menggunakan voucher, serta daftar harga dari paket yang tersedia. Jadi kamu langsung mampir kesono aja yaa! ๐Ÿ˜€

BACA JUGA : Cara Mengisi Kuota MiFi Smartfren Andromax

Oke deh, mungkin segitu aja yaa dari mimin. Gimana, gampang kan? Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! ๐Ÿ˜€

54 COMMENTS

  1. Menu My smartfren saya kenapa ga seperti Anda ya ? Kalo sya klik menu ini, tampilannya berupa My smartfren tool (link fb & twitter). Kalo mau cek kuota spt kasus sya gitu gmn ? Mohon bantuannya. Makasi

    • Bentar, itu bukanya dari hape atau dari PC, Kak?

      Kalo dari PC, sebaiknya pake alamat yang aku kasih diatas (andromax.m3y). Soalnya memang banyak yang bilang kalo masuknya ke situs my.smartfren.com, bakalan error

  2. Kenapa ya pas setelah saya ganti pasword ga bisa masuk lagi..??stlh baca d atas otomatis log out..trs q coba berxx ganti nama admin n pasword dngn yg baru ttp aja ga bisa login lagi…knp tuh??trs gmn donk mo ceknya jdnya..??oya klo d hp emng bener munculnya sama yg d katakan savrilla d atas..

    • Ini kasusnya cuma nggak bisa login di aplikasi doang kan yaa?

      Terus sebelumnya, password WiFi nya diganti juga gak? Kalo iya, pastikan sudah ikuti langkah berikut

      1. Coba matikan dan nyalakan kembali WiFi di perangkat (hape atau laptop) punya Kakak
      2. Baru deh, coba hubungkan dengan jaringan WiFi dari MiFi nya dan masukkan password WiFi (bukan password login yaa) yang baru di set (kalau seumpama password WiFi nya juga diganti)
      3. Setelah itu login deh pake password yang juga baru di set tadi.

      Kalo masih gagal, bisa kasih info keterangan error nya?

  3. gan..tampilan saya ko beda sama kaya agan share yg untuk ngecek sisa quota..pas saya klik MY SMARTFREN yang muncul bukan sisa quota seperti agan malah yang muncul kaya aplikasi facebook sama twitter dan online chat…
    mohon bantuannya gan…terimakasih

  4. Knp yach udh login dengan yg baru tetep aja gk bisa udh dri browser dri aplikasi jg tetep aja gk bisa…tulisan’a name or password is incorrect padahal udh bner sandi sama pasword’a

    • Aku sih curiganya waktu ganti password di awal itu ada salah ketik, Kak. Terpaksa di factory reset lagi Kak (supaya pasword login nya balik seperti awal lagi yaitu “admin”, tapi nama dan password WiFi nya bakal balik seperti semula juga).

      Caranya : Buka cover belakang, dalam keadaan MiFi nyala, tekan dan tahan tombol reset yang ada di deket baterai selama 3 detik. Tunggu beberapa saat, nanti settingannya bakal balik seperti awal baru beli. Nah setelah itu coba login lagi deh.

    • Wah sepertinya belum bisa, Kak. Mendingan di set aja total Maximal user untuk WiFi nya. Cari di setting, terus WiFi setting. Di bagian paling bawah ada Max User, disana ganti dengan jumlah perangkat yang Kakak pake sekarang (misal pake hape 2 dan 1 tablet, yaa ganti jadi 3 untuk Max User nya).

      Terus ganti password nya supaya semua pengguna WiFi terputus hubungannya, baru deh Kakak konek lagi 3 perangkat punya Kakak ke WiFi nya itu.

    • Nggak bisa cek kuota doang, atau nggak bisa login, Kak?

      Curiganya sih itu ada typo alias salah ketik waktu ganti password nya. Coba di reset dulu aja Kak
      Caranya : Buka cover belakang, dalam keadaan MiFi nyala, tekan dan tahan tombol reset yang ada di deket baterai selama 3 detik. Tunggu beberapa saat, nanti settingannya bakal balik seperti awal baru beli. Nah setelah itu coba login lagi deh.

  5. andromax m3y dicharge batrenya sekaligus dinyalain internet nya, ngga apa2 tuh? atau sebaiknya dicharge dulu sampe penuh baru dinyalain mifinya?

    • Sebaiknya sih di charge dulu sampe penuh, baru dinyalain, Kak. Supaya baterai lebih awet. Tapi kalo terpaksa dinyalain sambil di charge sebenernya juga nggak apa-apa sih, cuman yaa itu, umur baterai jadi sedikit lebih pendek.

      Lagian, MiFi ini nggak terlalu panas juga kan waktu diaktifkan, jadi rasanya bukan masalah yang besar kalo misal harus di charge sambil dipake ๐Ÿ™‚

  6. Koq punya saya gak mw connect yya k,hp nya ,,, pengaturan nya di ganti yang tadi nya Enable semua jadi Disable semua ,,, itu solusi nya gimana yya

    • Lah, kok pake diganti segala? Itu pengaturan apa yang diganti jadi disable?

      Coba di factory reset aja Kak, supaya pengaturannya balik seperti semula, termasuk password dll.

      Caranya : Buka cover belakang, dalam keadaan MiFi nyala, tekan dan tahan tombol reset yang ada di deket baterai selama 3 detik. Tunggu beberapa saat, nanti settingannya bakal balik seperti awal baru beli. Nah setelah itu coba login lagi deh.

    • Setelah ganti password, kita mesti konek ulang dan masukin password yang baru, Kak ๐Ÿ™‚

      Kalo misal ada keterangan “password salah”, berarti kemungkinan ada salah ketik waktu ganti passwordnya tadi. Sila di reset aja.

      Caranya : Buka cover belakang, dalam keadaan MiFi nyala, tekan dan tahan tombol reset yang ada di deket baterai selama 3 detik. Tunggu beberapa saat, nanti settingannya bakal balik seperti awal baru beli. Nah setelah itu coba login lagi deh.

    • Cari di setting, terus WiFi setting. Di bagian paling bawah ada Max User, disana ganti dengan jumlah perangkat yang Kakak pake sekarang (misal pake hape 2 dan 1 tablet, yaa ganti jadi 3 untuk Max User nya). ๐Ÿ™‚

    • Berarti nggak ada signal tuh, Kak. Kita bisa pake ini kalau di area kita sudah tersedia jaringan 4G LTE nya smartfren. Dan coba pastiin dulu SIM card nya udah kepasang dengan benar atau belum. ๐Ÿ™‚

  7. Soalny punya saya signalnya merah trs gak conect ,jd g bisa internetan ,gmn solusinya ini ,redtrat segala macem uda dicoba tapi ttep aja

    • Mungkin emang nggak ada sinyal tuh, Kak. Jadi untuk bisa pake, area tempat tinggal kita harus sudah didukung sama jaringan 4G nya smartfren. Untuk aplikasi di PC, sepertinya belum ada..

      BTW, itu belinya baru-baru ini ya, Kak? Kebetulan beberapa hari ini emang lagi gangguan sih..

LEAVE A REPLY