Mengirim Email Beserta File Melalui HP Android

Mengirim Email Beserta File Melalui HP Android

2881
0
SHARE

Mengirim Email Beserta File Melalui HP Android – Teknologi yang ada saat ini sudah sangat membantu sekali untuk mempermudah urusan kita. Salah satu contoh teknologi yang paling sering digunakan adalah email, dimana ia akan sangat memudahkan kita untuk mengirimkan pesan berisi berkas tertentu, misalnya saja yang biasa dilakukan untuk kepentingan melamar pekerjaan.

Yap, dengan menggunakan email, kita tak perlu lagi mencetak dan mengirimkan file atau berkas-berkas yang dibutuhkan dalam bentuk fisik, sehingga selain lebih menghemat waktu, tentu saja ini juga akan membuat urusan jadi lebih praktis. Apalagi sekarang, kita bisa dengan leluasa untuk berkirim email melalui perangkat smartphone ataupun tablet, yang bahkan membuatnya lebih praktis lagi.

Email tak hanya digunakan untuk keperluan mengirim lamaran pekerjaan saja, tapi juga dapat digunakan untuk keperluan lain termasuk mengirim undangan nikahan kepada mantan, atau mungkin untuk urusan pekerjaan lainnya. Nah disini, mimin bermaksud untuk membuatkan sebuah tutorial soal bagaimana cara mengirim email menggunakan hape atau tablet dengan OS Android yang kita miliki, untuk kamu yang mungkin belum tau cara untuk melakukannya.

Cara mengirim email di hape AndroidDalam tutorial singkat kali ini, mimin juga akan melengkapinya dengan cara untuk memasukkan file dalam email, sehingga memungkinkan kita untuk berkirim dokumen word, excel, foto, ataupun file lainnya. Oke, kita langsung mulai saja yuk!

Sebelumnya perlu diketahui bahwa mungkin akan tersedia lebih dari satu aplikasi email yang terdapat di perangkat yang kamu gunakan. Dan dalam contoh ini, kita akan menggunakan aplikasi Gmail untuk berkirim pesan.

1. Buka aplikasi Gmail pada hape atau tablet yang kamu gunakan. Jika kamu sudah mempunyai akun Gmail dan sudah melakukan sign-in di perangkatmu, maka kamu bisa langsung menuju langkah nomor 2.

Namun jika kamu belum melakukan sign-in, maka silahkan sign-in terlebih dahulu (masukkan alamat email dan password nya). Belum punya akun Gmail? Oke, mending kamu mampir dulu ke halaman Cara membuat Gmail baru di hape Android.

2. Setelah masuk ke aplikasi Gmail, di tampilan awal akan terdapat icon bulat bergambar pensil yang terletak di sebelah kanan bawah layar. Klik icon tersebut untuk mulai membuat atau menulis email baru.

Menulis email dari hape AndroidJika kamu tak menemukan icon tersebut, maka coba cari menu “Compose Mail” atau “Write a New Mail”.

3. Sekarang, aplikasi akan menampilkan halaman untuk menulis email baru. Perhatikan gambar dibawah ini :

Menulis email di hape androidAngka nomor 1 (kolom From atau Dari) menunjukkan alamat email yang kita gunakan, lalu pada kolom “To” atau “Kepada” (nomor 2), masukkan alamat email yang ingin kamu tuju. Pastikan alamatnya benar yaa, supaya nanti pengirimannya sukses 🙂

Dibawahnya terdapat kolom Subject atau Judul (nomor 3), silahkan isi dengan judul email sesukamu. Jika nanti terdapat kolom tambahan bertuliskan CC, boleh kamu kosongkan. Dan yang nomor 4 adalah isi dari email yang ingin kamu tuliskan.

Nah, jika kamu ingin mengirim file entah itu berupa foto, ataupun dokumen Word dan semacamnya, kamu bisa klik icon clip yang biasanya terdapat di bagian atas (nomor 5). Jika kamu tak menemukannya, cobalah untuk mencari menu attachment.

Lalu, perangkat akan membuka file manager secara otomatis agar kamu bisa mencari file yang ingin kamu kirimkan. Pastikan kamu ingat dimana letak file tempat kamu menyimpannya. Jika ternyata kamu merasa bahwa file yang kamu pilih itu salah, kamu bisa menghapusnya dari email dengan cara mengklik icon “X” atau close yang biasanya terdapat pada preview file. Jika kamu tak menemukannya, cobalah untuk mencari menu Delete dibawah preview file tersebut.

Klik icon Clip sekali lagi jika kamu ingin menambahkan file yang lainnya. Sudah? Sekarang kamu bisa langsung mengirimkan email tersebut dengan cara menekan tombol Send yang biasanya terdapat di bagian atas aplikasi (di sebelah kanan tombol Clip).

4. Selesai! Gampang, kan? Jika ternyata terdapat balasan email yang berisi keterangan gagal kirim (Fail), maka besar kemungkinan alamat email yang kamu masukkan tidak valid alias salah. Maka, pastikan untuk memeriksa kembali sebelum mengirim, yaa.

Oke, mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan untuk tulisan yang membahas soal Bagaimana cara mengirim email menggunakan hape atau tablet Android. Silahkan jelajahi Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY