Cara Mengaktifkan Airplane Mode Pada Android

Cara Mengaktifkan Airplane Mode Pada Android

1489
0
SHARE
Cara Mengaktifkan Airplane Mode Pada Android – Flight mode atau Airplane mode adalah salah satu fitur penting pada sebuah gadget yang wajib untuk diaktifkan dalam keadaan tertentu. Jika kamu pernah menggunakan alat transportasi udara seperti pesawat terbang, tentu kamu akan diminta untuk mematikan perangkat khususnya handphone selama sedang dalam perjalanan. Hal ini (mematikan handphone) dilakukan demi kelancaran perjalanan dan keselamatan seluruh awak yang menumpang di dalam pesawat. Namun kamu tetap bisa menyalakan handphone atau perangkatmu dengan catatan kamu wajib untuk mengaktifkan airplane mode.

Mengapa kita harus mengaktifkan airplane mode ketika berada di dalam pesawat? Hal ini sudah pernah mimin bahas pada posting berjudul apa fungsi airplane mode? Nah bagi kamu berencana untuk melakukan perjalanan dengan meggunakan pesawat terbang, maka sekiranya adalah hal yang wajib untuk kamu mengetahui tentang bagaimana cara mengaktifkan fitur penting ini pada perangkatmu agar kamu tidak kebingungan nantinya. Dan bagi kamu yang belum tau tak perlu khawatir, karena pada posting kali ini mimin akan memberikan sedikit tutorial atau tips sederhana untuk memberitahukan kepada para pembaca Techijau.com tentang cara mengaktifkan fitur flight mode khususnya untuk perangkat dengan OS Android. Oke, langsung saja kita ke TKP dan berikut adalah langkah – langkahnya :

Buka menu setting pada perangkatmu, lalu pilih menu more atau Network & Service, dan kamu akan menemukan tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Centanglah pilihan airplane mode dan sekarang airplane mode pada perangkatmu sudah diaktifkan.

Cara mengaktifkan airplane mode android
Atau kamu bisa mengaktifkannya melalui Quick Panel yang terdapat di bagian atas layar perangkatmu (perhatikan gambar dibawah ini).

Airplane mode pada Android
Meski demikian, pilihan untuk mematikan perangkat secara total adalah hal yang lebih direkomendasikan. Fitur ini tidak hanya berguna ketika kita berada di dalam pesawat saja, karena fitur ini dapat diaktifkan kapan saja selama kita mau. Terdapat beberapa keuntungan lain jika kita menggunakan atau mengaktifkan airplane mode pada perangkat kita, diantaranya adalah:
  • Mencegah panas berlebih pada perangkat
Ajaib ya? Hehe. Mengapa bisa demikian? Karena dengan mengaktifkan modus pesawat, perangkat akan dipaksa untuk mematikan semua fitur sambungan wireless termasuk kemampuan untuk menangkap sinyal atau jaringan selular, mematikan konektivitas WiFi, bluetooth dan lainnya. Fitur – fitur tersebut akan membuat perangkat kita lebih cepat panas jika diaktifkan karena memaksa perangkat kita untuk bekerja terus – menerus agar dapat terhubung dengan konektivitas yang disebutkan tadi. Sebenarnya ada beberapa hal lain lagi yang bisa menyebabkan perangkatmu menjadi cepat panas. Silahkan cek pada halaman mengapa Android cepat panas untuk mengetahui penyebab lainnya.
  • Menghemat daya baterai pada perangkat
Konektivitas yang sudah mimin sebutkan diatas adalah salah satu penyebab mengapa Android boros baterai. Maka jika semua konektivitas itu dimatikan dengna mengaktifkan airplane mode, tentu saja akan dapat lebih menghemat penggunaan daya baterai karena kinerja perangkat menjadi lebih ringan. Meski demikian, terdapat beberapa hal lain yang menyebabkan cepat habisnya daya baterai pada suatu gadget khususnya gadget Android. Silahkan mampir ke halaman tips menghemat baterai Android jika kamu ingin memaksimalkan penggunaan atau daya tahan baterai pada perangkatmu.

Nah mungkin itu saja yang bisa mimin bahas soal modus pesawat. Jika kamu adalah pengguna baru perangkat Android, mungkin beberapa kumpulan artikel tentang tips dasar Android dapat berguna untukmu. Atau silahkan jelajahi blog ini untuk menemukan berbagai artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY