Cara Mengaktifkan (Memunculkan) Opsi Pengembang Pada Android

Cara Mengaktifkan (Memunculkan) Opsi Pengembang Pada Android

12130
0
SHARE
Cara Mengaktifkan (Memunculkan) Opsi Pengembang Pada Android – Sejak Android versi 4.2 Jelly Bean dirilis, menu Developer Option atau opsi pengembang sengaja disembunyikan oleh Google demi alasan keamanan bagi penggunanya sendiri. Dan sejak saat itu kita tidak akan menemukan menu tersebut pada semua perangkat yang menggunakan Android versi 4.2 keatas kecuali kita sudah membuka “kunci” untuk menampilkan kembali menu tersebut pada perangkat Android yang kita miliki.

Menu Developer Option memang tidaklah penting bagi pengguna biasa, namun terkadang menu ini sangat diperlukan oleh pengembang atau pengguna yang ingin mengutak-atik perangkatnya sehingga mereka harus memunculkan opsi ini pada perangkat mereka. Nah pada posting kali ini mimin akan membagikan tutorial singkat yang bisa kamu ikuti untuk memunculkan menu opsi pengembang pada perangkatmu, tentunya jika perangkatmu menggunakan OS Android v4.2 ketas yaa. Kamu hanya butuh waktu kurang dari 3 menit untuk melakukannya. Yuk kita langsung saja ke TKP 😀

1. Untuk membuka atau memunculkan menu ini, kamu harus masuk ke menu setting terlebih dahulu. Scroll layar ke bagian paling bawah untuk menemukan dan membuka pilihan About Phone (tentang ponsel) seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Setting developer option di Android

2. Sekarang pilih menu Software Information (informasi perangkat lunak/software)

Memunculkan menu opsi pengembang

3. Disana akan muncul 3 buah menu, silahkan ketuk (klik) menu yang bertuliskan Build Number (nomer bentukan) beberapa kali hingga muncul tulisan atau keterangan yang berbunyi “You are now a developer!” (Sekarang anda adalah seorang pengembang) seperti pada gambar dibawah ini.

Menampilkan pilihan developer option

4. Nah setelah itu silahkan kembali ke menu setting awal dan lihatlah, akan terdapat menu baru diatas pilihan About Phone seperti pada gambar dibawah ini.

Letak opsi pengembang pada Android

Bagaimana, sangat mudah bukan? Untuk selanjutnya kamu tidak perlu lagi melakukan langkah yang sudah mimin sebutkan tadi karena ia akan terus muncul secara permanen. Nah mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY