Cara Mengaktifkan Double Tap To Wake ASUS Zenfone 2

Cara Mengaktifkan Double Tap To Wake ASUS Zenfone 2

19250
55
SHARE
Cara Mengaktifkan Double Tap To Wake ASUS Zenfone 2 – Ukuran layar yang bongsor serta penempatan tombol power yang berada di bagian atas membuat para pengguna ASUS Zenfone 2 merasa sedikit kesulitan untuk meraih tombol tersebut khususnya ketika sedang menggunakan satu tangan. Tentu saja hal ini juga akan menyulitkan pengguna ketika ingin mematikan atau mengaktifkan layar. Untunglah, perangkat smartphone flagship dari ASUS di tahun 2015 ini memiliki satu fitur yang memungkinkan kita untuk mematikan atau mengaktifkan layar tanpa harus menekan tombol power, yakni dengan metode double tap to wake (and sleep).

Fitur ini sangatlah terasa manfaatnya untuk mempermudah pengguna karena kita hanya perlu menyentuh layar 2 kali di area yang sama untuk menyalakan atau mematikan layar. Secara default, biasanya fitur ini sudah bisa langsung dimanfaatkan oleh pengguna. Namun terkadang ada beberapa perangkat yang tidak bisa memanfaatkan fitur ini karena memang belum diaktifkan sehingga pengguna harus melakukan atau merubah beberapa setting untuk mengaktifkannya.

BACA JUGA : 10 Hal tentang Zenfone 2 yang harus kamu tau

Nah jika kamu adalah pengguna ASUS Zenfone 2 dan ingin mengaktifkan fitur ini, maka kamu perlu menyiapkan beberapa cemilan untuk menyimak artikel ini karena disini mimin akan memberitahukan caranya. Langsung aja yuk kita mulai langkah-langkahnya ๐Ÿ˜€

1. Pertama masuklah ke menu setting di perangkatmu, sedikit scroll kebawah dan temukan menu ZenMotion seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Mengaktifkan double tap to wake

2. Akan muncul 3 buah pilihan disana. Pastikan kamu telah mengaktifkan menu Touch Gesture. Lalu untuk melanjutkan silahkan klik di tulisan Touch Gesture tersebut untuk membuka menu yang lebih detail.

Menyalakan layar Zenfone 2 tanpa menekan tombol

Disini akan terlihat beberapa pilihan tambahan. Sekarang aktifkan atau nyalakan dua fitur yang ditandai pada gambar diatas yakni Screen off di Wakeup mode (untuk mematikan layar dengan double tap) dan juga Screen on di Suspend mode (untuk menyalakan layar dengan double tap).

Jika sudah, sekarang kamu bisa menggunakan fitur tersebut di perangkat Zenfone 2 milikmu! Oia, mimin punya beberapa tips yang mungkin bisa berguna bagi kamu soal fitur ini :

1. Untuk mematikan layar di homepage, pastikan kamu mengetuk di bagian layar yang kosong. Pastikan juga kamu menyentuh menggunakan kulit, bukan kuku.

2. Ketika kamu sedang membuka aplikasi (misalnya bbm), kamu juga bisa mematikan layar dengan metode ini dengan menyentuh bagian paling atas layar atau status bar.

Nah itulah yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.comย untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya, dan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€

55 COMMENTS

    • Emm.. Sebelumnya, coba pastikan dulu mas, kalo mau menyalakan layar dengan Double tap to wake ini, kita mesti menyentuh layar dengan kulit, bukan dengan kuku atau benda keras lainnya.

    • Launcher nya kali ya, ada bug nya. Coba cek, ada update buat aplikasi ZenUI Launcher (pengaktif ZenUI) gak? Kalo ada, coba update dulu. Terus cek juga di menu setting, apa ada update system atau nggak.

      Kalo semua udah update, coba masuk ke menu setting – apps – all apps, cari aplikasi ZenUI Launcher (Pengaktif ZenUI), terus pilih clear data (hapus data), dan langsung restart hapenya tanpa kembali ke menu awal (tapi nanti susunan apps di home dan wallpaper bakal kembali seperti waktu pertama beli).

      Terus kalo udah, coba lagi langkah ini ๐Ÿ™‚

    • Wahh itu sih bug sepertinya. Ada 2 step yang mungkin bisa jadi solusi :

      1. Masuk ke setting โ€“ apps โ€“ all apps, cari aplikasi ZenUI Launcher (Pengaktif ZenUI), terus pilih clear data (hapus data), dan langsung restart hapenya tanpa kembali ke menu awal (tapi nanti susunan apps di home dan wallpaper bakal kembali seperti waktu pertama beli).

      2. Kalo tetep seperti itu, terpaksa coba di factory reset. Tapi semua data di hape termasuk apps bakal hilang dan balik seperti waktu pertama beli

  1. saya punya asus zenfone 2 laser. Dalam keadaan mati saat di charger tapi saya tekan tombol on/off di bagian atas gak mau nyala . apa ada cara lain untuk menghidupkannya tanpa tombol tersebut ?? Tolong responnya

    • Kalo untuk menghidupkan yaa mesti pake tombol on/off itu, gak bisa pake cara lain sih setauku, Kak. Itu sebelumnya kenapa kak? Berarti gabisa dinyalainnya pas lagi charging doank, ya?

  2. Min, hp saya asus zenfone 2 laser, permasalahannya saat saya double tap untuk screen on tidak berfungsi, namun double tap untuk screen off berfungsi. Ini masalah nya dimana ya min? Mode pengaturannya touch gesture sudah saya aktifkan semua min.

    • Hemm, coba masuk ke setting – apps – all apps, terus cari ZenUI launcher, terus klik clear data. Setelah itu langsung restart hapenya (gausah di back/tutup, jadi setelah klik langsung matiin hapenya)

      Terus nanti semua pengaturan home screen nya bakal balik seperti waktu pertama beli termasuk wallpaper nya, nah nanti kakak atur lagi deh itu tampilan home screen, pilihan lock screen sama touch gesture (termasuk double tap to wake). Kalo emang masalahnya di software, harusnya dengan cara ini bisa beres

  3. Saya pake asus zenfone max, problemnya tuh klik 2x di home bisa nge lock, tapi buat bukanya malah gabisa. Kenapa yaa gan?

  4. Kalo ZenUI launcher nya udah d clear data, apakah data2 akun seperti BBM dan Line akan terhapus jg dan kita harus masuk dr awal lg?

    • Nggak Kak. Kalo di factory reset batu deh hapenya seperti baru, semua apps bakal terhapus. Kalo clear data ZenUI, yang “kembali seperti baru” itu cuma tampilan di homescreen nya aja, sama settingan-settingan (misalnya peletakan aplikasi, widget, wallpaper, dll). Aplikasi yang terinstall dan data yang disimpen gak kehapus

  5. kak, ini saya uda clear data zenUi dan baru banget beli asus nya. double tap untuk screen on nya tetap tidak berfungsi. bagaimana ya solusinya?

    • Itu ASUS Zenfone apa Kak?

      Kalo generasi Zenfone 2 harusnya bisa, coba kalo gitu di factory reset. Oia FYI aja, ketuknya itu harus kena kulit ya Kak, bukan ketuk pake kuku diatas layar (dulu aku pernah begitu soalnya ๐Ÿ˜› )

  6. punya saya gabisa dinyalakan dengan menyentuh 2x layar. tp kalo mematikan baru bsa. itu knpa ya ? trs saya cari asus zui launcher ko ga ada ya ?

  7. saya sudah hapus data pada zui launchernya tp blm bsa jg. apakah ada kepastian kalo saya reset ulang itu jd berfungsi ?

    • Nah kalo soal kepastiannya itu gabisa jamin, Kak. Soalnya kalo factory reset, itu biasanya cuma bakal menghilangkan bug software. Tapi kalo masalahnya di hardware yaa gabisa..

      Tapi (lagi) aku rasa kemungkinannya 80% bakal work, Kak..

    • Iya, coba klik kelola ruang nya..

      Oia, Kakak pake anti gores gak? Beberapa temen ada yang bilang kalo ternyata fitur ini gabisa kalo pake anti gores (untuk beberapa seri Zenfone)

  8. Malam min, hp saya asus zenfone 2 laser, setelah pasang anti gores kaca ketuk 2x untuk menyalakan tdk berfungsi, pasti itu pengaruh anti gores ya, karena sebelumnya semuanya lancar aman terkendali

    • Iya, sya juga. Sy kira jadi rusak gara2 tukang konternya sedikit neken layarnya gtu pas masangin anti gores. Tapi sy ketuk 2x buat matiin layar bisa, buat nyalain lgi gabisa nyala klo diketuk 2x

      • Hahahahah, kok aneh ya? Itu Zenfone 2 Laser juga, Kak?

        Aku gak pake Zenfone 2 Laser sih buat keseharian, tapi pake Zenfone Selfie dan tetep lancar meskipun udah pake pelindung layar tempered glass

  9. Saya dah coba kayak bang ilminurul, udah saya update dan factory reset api tetep gk bisa i gmna kak?? Zenfone2 550 kl
    Mohon responnya makasihโ˜บ

  10. Kak, kalo misalnya udh segala cara dicoba, trus ttp gabisa nyala kalo ditouch 2x, itu berarti yg rusak hardwarenya? Contohnya apa? Kyk touchscreenya yg gaberfungsi apa lcdnya?

    • Iya, kemungkinan besar kena hardware.. Tapiii…. Beberapa temen pembaca ada yang bilang kalo ternyata penyebabnya adalah gara-gara pake pelindung layar (tempered glass). Nah, Kakak pake itu juga, gak? Kalo iya, bisa jadi itu juga penyebabnya..

  11. hahaha sama kaya punyaku asus zenfone 2 laser ze550kl juga gitu sebelum pake tempered glass lancar jaya setelah pake touch2x cuma bisa buat matiin buat nyalain ga bisa.

  12. Maaf,, kalau sdha sesuai prosedur tetapi kalai sudah di aktifkan, ketika dikeluarkan kembali lagi tidak aktif itu bagaimana?

  13. Comment:tombol buka layar gak bisa min,padahal untuk mematikan dan menghidupkan bisa,untuk mengunci jg bisa,tp untuk buka kunci gak bs,gimana min solusinya untuk zenfone 2laser.makasih

    • Maksudnya? Buka kunci? Tombol buka layar itu maksudnya tombol power?

      Kalo misalnya kita set hape pake kunci (pola atau pin), yaa jelas harus masukin pin atau polanya dulu, baru kuncinya bisa kebuka, Kak

  14. Keluhan yg sama..pake hp zenfone 3 max..sabtu pagi beli hp n fungsi zenmotion normal,bgtu malamnya zenmotion utk double tap on screen (ketuk 2x untuk menyalakan hp) tidak berfungsi (klo gak salah setelah update firmware).
    Sudah di uninstal zenui gak bisa,coba d hard reset jg tetap gak bisa.
    Kendalanya apa ya min?apa firmware terbaru belum perfect shingga menimbulkan bug pada zenmotionnya?

    • Dari awal beli zenfone 3 max langsung di pasang tempered glass,zenmotion masih berfungsi baik..begitu upgrade firmware zenmotion double tap screen on tidak bisa.tp double tap screen off msih bisa digunakan sampai sekarang.

  15. ikut bagi keluhan min..
    sy baru kurang lebih 3 minggu beli zenfone 2 laser ze500kl, saat beli masih menggunakan system operasi android 5(lolipop) fitur zenmotion tidak ada masalah membuka dan menutup layar dengan double sentuh lancar semua, tapi setelah sy upgrate ke android 6 (marsmaslow) membuka layar bisa , tapi menutup nggak bisa? kira apa masalahnya apa karena sy upgrate ke android 6 atau gmn ya min? sebelumnya fitur-fitur sudah sy aktifkn ,tips2 di atas sebelumnya sudah saya coba, yaitu menu setting -apps- zenfone launcher, dan sy tidak menemukan menu hapus data…..mohon di bantu min ???
    trimss

    • Hemm, mungkin itu bug di firmware nya, Kak. Coba cek lagi, ada update system lagi gak?

      Kalo tetep seperti itu mungkin bisa coba factory reset deh. Soalnya hapeku setelah update OS juga ada beberapa masalah kecil, tapi setelah factory reset dan dapet update system lagi, semua normal.

LEAVE A REPLY