Notifikasi Gmail Di Android Tidak Masuk? Ini Cara Untuk Mengaktifkannya

Notifikasi Gmail Di Android Tidak Masuk? Ini Cara Untuk Mengaktifkannya

5137
0
SHARE
Notifikasi Gmail Di Android Tidak Masuk? Ini Cara Untuk Mengaktifkannya – Beberapa hari yang lalu Google mengeluarkan sebuah update terbaru untuk aplikasi gmail. Update tersebut memberikan tampilan yang menawan serta pengalaman yang baru untuk urusan email. Namun belakangan baru diketahui bahwa terdapat sedikit masalah pada aplikasi ini, yakni soal notifikasi atau pemberitahuan yang tidak bisa masuk langsung ke perangkat Android.
Awalnya saya pikir memang sedang tidak ada email yang masuk, namun ketika saya cek ternyata ada puluhan email yang masuk di gmail saya dan tak ada satupun notifikasi yang masuk. Hal ini tentu cukup mengherankan mengingat push notification gmail untuk Android sangat baik sebelumnya. Lalu saya mencoba untuk mengutak – atik menu pengaturan untuk dapat mengaktifkannya kembali. Dan benar saja, ternyata dalam update yang baru ini terdapat beberapa pengaturan yang juga terbilang baru untuk aplikasi gmail.
Nah pada posting kali ini Dunia Gadget 558 akan membagikan solusi untuk mengaktifkan notifikasi gmail untuk Android. Berikut langkah – langkah mudahnya :
1. Buka akun gmail pada perangkat Android anda, lalu akan muncul tampilan awal seperti pada gambar dibawah ini. Perhatikan 2 kotak berwarna merah, itu adalah label khusus yang disediakan secara default oleh google untuk memisahkan antara email yang bersifat promosi ataupun email yang berhubungan dengan social media. Pilih salah satu dari kedua label tersebut.
Setting pemberitahuan email di gmail Android
2. Perhatikan gambar dibawah ini. Pada panah berwarna merah menunjukkan label yang anda pilih. Untuk mengaktifkan notifikasi pada label ini, silahkan sentuh softkey (tombol pilihan) lalu pilih label settings seperti yang ditunjukkan oleh panah berwarna biru.
Mengaktifkan pemberitahuan gmail di Android
3. Kemudian klik kotak yang ditunjukkan oleh panah berwarna merah untuk mencentang dan mengaktifkan pemberitahuan untuk label bersangkutan. Saya sarankan anda untuk mencentang Notify for every message seperti yang ditunjukkan oleh panah berwarna biru agar aplikasi memberi notifikasi pada setiap email yang masuk.
Setting untuk mengaktifkan notifikasi gmail di Android
Anda juga bisa mengganti nada pemberitahuan untuk label bersangkutan dengan memilih menu sound seperti yang ada di dalam kotak berwarna biru serta mengaktifkan getaran dengan mencentang pilihan vibrate.
Lakukan hal yang sama pada label lainnya jika anda ingin mendapatkan notifikasi di setiap email gmail yang masuk. Jika anda memiliki lebih dari satu akun gmail pada perangkat Android anda, anda harus melakukan hal yang sama untuk setiap akun yang tersimpan.
Nah itulah cara mengaktifkan pemberitahuan (notifikasi) pada gmail di Android. Cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat 😀
Baca Juga :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY