Cara Mengetahui Ciri Android Sudah Di Root Atau Belum

Cara Mengetahui Ciri Android Sudah Di Root Atau Belum

8589
0
SHARE
Cara Mengetahui Ciri Android Sudah Di Root Atau Belum – Beberapa hari lalu teman mimin baru saja membeli perangkat smartphone dengan sistem operasi Android. Ia masih tergolong awam atau newbie sehingga beberapa kali menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan perangkat yang digunakannya seperti istilah-istilah pada Android termasuk juga tentang root pada Android serta keuntungan dan kerugiannya. Lalu setelah ia mengetahui beberapa keuntungan dan kerugiannya, ia pun bertanya apakah perangkat yang digunakannya sudah di root atau belum, karena memang ia membelinya dalam keadaan bekas.

Ia khawatir akan kehilangan garansi jika ternyata perangkat yang dibelinya itu sudah di root, karena memang salah satu resiko atau kerugian dari Android yang sudah di root adalah kita akan kehilangan garansi dari produk yang bersangkutan. Nah jika kamu termasuk salah satu orang yang ingin tau apakah perangkat yang kamu beli sudah di root atau belum, kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Root Android SuperUser

Untuk mengecek root pada Android, kamu hanya perlu masuk ke menu (app drawer) pada perangkat, lalu cari apakah ada aplikasi bernama SuperUser (biasanya memiliki icon “Android bermata sebelah” atau adik mimin menyebutnya sebagai “Android bajak laut”) ataupun aplikasi Super SU (biasanya memiliki icon Android yang memiliki jubah seperti superman). Namun terkadang, icon yang ditampilkan akan berbeda-beda dengan nama yang berbeda pula meski biasanya nama yang digunakan tidak akan jauh dari kata “SU”, “SuperUser” “Root” dan semacamnya. Jika terdapat salah satu dari aplikasi yang sudah mimin sebutkan cirinya tersebut pada perangkat milikmu, itu berarti perangkatmu sudah di root, begitupun sebaliknya.

Masih ragu? Gunakan saja aplikasi yang membutuhkan akses root untuk menguji coba nya, seperti Gemini App Manager misalnya (silahkan baca link tersebut untuk melihat cara penggunaan dan manfaatnya). Beberapa fitur dari aplikasi tersebut membutuhkan ijin SuperUser atau root, misalnya fitur untuk mematikan autorun. Jika perangkat milikmu sudah di root, saat pertama kali mencoba mematikan autorun dengan aplikasi ini, akan muncul sebuah menu popup yang meminta ijin akses root. Namun jika gagal atau terdapat pesan error saat mencoba mengatur autorun menggunakan Gemini App Manager, itu berarti perangkatmu belum di root.

Nah itulah cara sederhana untuk mengetahui Android sudah di root atau belum. Jika kamu termasuk salah satu pengguna baru Android, mungkin beberapa posting bertemakan Android basic yang bisa kamu cari di bagian menu di bagian atas halaman akan sedikit bermanfaat untuk menambah pengetahuan mu. Semoga bermanfaat 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY