Cara Mengganti Nada SMS Android

Cara Mengganti Nada SMS Android

799
0
SHARE
Tutorial Dasar Android
Cara Mengganti Nada SMS Android – Beberapa hari lalu saya sudah membuat sebuah tutorial dasar untuk Android tentang cara mengganti ringtone Android, dimana tujuannya sudah pasti agar kita dapat mengganti nada pemberitahuan telepon masuk dengan musik atau nada custom yang kita kehendaki. Namun dengan tutorial tersebut, kita akan mendapati bahwa nada pemberitahuan SMS akan sama dengan setting nada notifikasi lain, sehingga hal ini mungkin saja akan membingungkan penggunanya apakah nada tersebut mengisyaratkan ada SMS yang masuk atau notifikasi lainnya.
Sebenarnya kita dapat dengan mudah mengganti ringtone SMS seperti yang kita lakukan saat mengganti ringtone lainnya, namun dengan cara yang sedikit berbeda dari cara yang sudah saya sebutkan diatas. Nah untuk langkah – langkahnya langsung saja kita menuju ke TKP untuk eksekusinya 😀
Jika pada tutorial yang sudah saya bahas sebelumnya kita harus masuk melalui menu setting, pada tutorial dasar Android ini kita akan mulai dari menu pesan singkat atau SMS. Silahkan pilih menu sms yang ada pada perangkat anda.
Mengatur nada SMS pada Android
Lalu pada tampilan awal aplikasi SMS, silahkan sentuh softkey (tombol pilihan) dan pilih setting seperti yang ditunjukkan oleh panah berwarna hijau pada gambar dibawah ini.
Setting nada SMS di Android
Disana kita akan menemukan beberapa menu setting seperti mengatur delivery report, pesan sim dan lainnya. Pilih notification tone atau nada pemberitahuan seperti yang ditunjukkan oleh panah berwarna hijau dibawah ini.
Mengganti nada pemberitahuan SMS pada Android
Kemudian akan muncul beberapa pilihan nada dering bawaan seperti yang nampak pada gambar sebelah kiri dibawah ini. Namun sebelumnya anda harus pastikan bahwa nada atau ringtone yang anda inginkan sudah anda siapkan dan disimpan pada perangkat Android anda. Jika sudah, silahkan scroll ke bagian paling bawah menu tersebut dan pilih music library seperti yang ada pada kotak berwarna hijau. Lalu akan muncul kumpulan lagu atau musik yang sudah anda simpan di SD card seperti yang ditunjukkan pada gambar yang ada di tengah. Silahkan pilih salah satu lalu pilih done seperti yang ada pada kotak berwarna merah.
Merubah ringtone SMS pada Android
Saya menyarankan kepada anda untuk menempatkan musik atau nada ringtone pilihan anda pada folder ringtone di SD card. Karena jika anda mencampurnya dengan file musik lain, anda akan kesulitan untuk menemukan nada yang anda inginkan tersebut terutama jika anda menyimpan lagu yang sangat banyak. Tujuan lainnya adalah untuk mencegah music player untuk memutar ringtone tersebut saat anda ingin mendengarkan musik.
Nah jika anda sudah memindahkan musik pilihan anda ke folder ringtone, maka anda bisa menemukan musik yang akan dijadikan sebagai nada dering SMS itu bisa anda temukan dengan memilih menu sound seperti pada kotak berwarna biru muda pada gambar diatas, dan anda tinggal memilih sesuka hati, lalu pilih done.
Nah, cara mengganti nada sms Android menjadi lagu atau nada yang kita inginkan cukup mudah bukan? Untuk mencari tips – tips dasar Android lain versi Dunia Gadget 558 silahkan telusuri posting dibawah label Android Basic. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY