Cara Mengganti Ringtone Android

Cara Mengganti Ringtone Android

397
0
SHARE
Trik dasar Android

Cara Mengganti Ringtone Android – Merubah suara atau nada dering dari suatu perangkat komunikasi sepertinya memang sudah menjadi hal wajib bagi sebagian orang, termasuk saya sendiri. Alasan orang mengganti nada dering biasanya bermacam – macam. Dan yang paling banyak adalah karena mereka bosan dengan ringtone bawaan. Ada juga yang melakukannya karena agar bisa menjadi “identitas” tersendiri bagi perangkat komunikasi yang digunakan. Sehingga jika sewaktu – waktu ada perangkat yang berbunyi atau berdering, kita bisa membedakan apakah perangkat yang berbunyi tersebut milik kita atau bukan.

Tidak jarang saya melihat beberapa orang di tempat umum yang secara serentak mengambil perangkat komunikasi mereka saat mendengar satu perangkat yang bukan milik mereka berbunyi. Dan hal itu tidak lain karena mereka memakai nada dering bawaan perangkatnya yang kebetulan memiliki merek yang sama. Dan hal itu bisa dihindari dengan cara mengganti nada dering default tersebut. Bagi sebagian besar orang hal ini pastilah sangat mudah untuk dilakukan, namun bagi sebagian yang lain mungkin akan terasa sedikit sulit karena mungkin mereka menggunakan perangkat baru yang sebelumnya belum pernah mereka miliki. 
Nah untuk itu, saya akan memberikan sedikit tutorial sederhana tentang cara mengganti ringtone, namun kali ini khusus untuk pengguna perangkat komunikasi yang memiliki sistem operasi Android, mengingat banyaknya orang yang baru menggunakan perangkat Android. Oke, untuk eksekusinya kita langsung saja ke TKP 😀
Untuk mengganti nada dering di Android, pertama – tama pastinya anda harus masuk ke menu setting terlebih dahulu. Pada home screen atau tampilan layar awal anda bisa langsung menyentuh softkey (tombol pilihan) dan pilih setting seperti pada gambar di bawah ini.
Setting nada dering Android
Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu seperti pada gambar dibawah ini. Pilihlah menu sound atau suara untuk mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan suara pada perangkat Android yang anda gunakan.
Mengatur suara pada Android
Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Perhatikan ringtone & notifications (Nada dering dan pemberitahuan) yang dibawah nya terdapat beberapa menu. Untuk mengganti nada dering pada saat telepon masuk, anda bisa memilih menu phone ringtone seperti yang terlihat di dalam kotak berwarna merah. Dan pada kotak berwarna kuning adalah untuk mengatur nada pemberitahuan lain seperti e-mail masuk, pemberitahuan komentar facebook dan lain sebagainya.
Mengganti ringtone Android
Jika sudah memilih salah satu diantara kedua pilihan itu, maka akan muncul menu yang menunjukkan berbagai jenis ringtone bawaan gadget Android yang anda gunakan. Untuk menemukan lagu atau musik yang kita inginkan sebagai nada ringtone, scroll layar hingga paling bawah dan pilihlah music library. Namun disini saya perlu mengingatkan bahwa anda harus memastikan file lagu atau musik yang anda inginkan harus sudah tersimpan pada memory atau penyimpanan perangkat anda, baik memory internal ataupun eksternal. Karena jika belum, sampai kapanpun anda mencoba mencari lagu yang anda inginkan, anda tidak akan bisa menemukannya.
Mengganti ringtone Android dengan lagu
Lalu akan muncul beberapa koleksi musik yang tersimpan pada perangkat anda (pada gambar dibawah, sebelah kiri). Anda bisa mulai mencarinya dengan scroll layar ke bawah lalu pilih musik yang anda inginkan, lalu sentuh pilihan done atau selesai.
Mengganti nada dering Android dengan lagu atau musik
Agar lebih mudah menemukan musik yang anda inginkan atau yang ringtone yang sudah anda persiapkan, anda bisa memindah file dari ringtone atau musik tersebut ke folder ringtone (pada SD card). Dan untuk menemukan file yang sudah dipisahkan tersebut, anda bisa mengikuti semua langkah diatas, lalu pada tahap akhir anda bisa memilih kotak hijau seperti yang terlihat pada gambar diatas, lalu akan muncul semua ringtone yang sudah anda pindahkan tadi.
Nah cukup mudah bukan mengganti ringtone di Android? Namun jika boleh saya sarankan untuk nada dering terutama untuk nada notifikasi sebaiknya anda gunakan ringtone yang tidak terlalu panjang. Mengapa? Alasannya adalah untuk lebih menghemat baterai dari perangkat yang anda gunakan. Namun kembali lagi ke selera anda masing – masing. Untuk tips lain mengenai penghematan baterai bisa anda simak pada halaman tips menghemat baterai Android. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY