Fungsi Aplikasi Do It Later & Cara Menggunakannya

Fungsi Aplikasi Do It Later & Cara Menggunakannya

6166
0
SHARE
Fungsi Aplikasi Do It Later & Cara Menggunakannya – Setelah hadirnya perangkat Zenfone, setiap perangkat baik dalam bentuk smartphone maupun tablet Android yang diproduksi oleh ASUS selalu menggunakan ZenUI sebagai launcher bawaan. Selain berbeda dari sisi tampilan, ZenUI juga membawa beberapa aplikasi khas yang memiliki fungsi yang beragam, salah satunya adalah Do It Later.

BACA JUGA : Apa Itu ZenUI?

Do It Later adalah sebuah aplikasi produktifitas yang menurut mimin sangat membantu bagi mereka yang mudah lupa seperti mimin. Namun sayang, masih sedikit sekali pengguna ASUS Zenfone atau Zenpad yang memanfaatkan aplikasi ini entah karena tidak mengerti atau tidak tau fungsinya untuk apa. Nah untuk itulah mimin membuat postingan ini agar kamu lebih paham dan mungkin bisa memaksimalkan manfaat dari aplikasi bawaan perangkat ASUS ini.

Berdasarkan apa yang mimin lihat, aplikasi Do It Later merupakan semacam aplikasi task manager. Jadi disini, kita bisa mengumpulkan berbagai hal yang ingin kita “lakukan di lain waktu”. Masih bingung? Yaa sama, mimin juga bingung mau jelasinnya gimana. Hihihi :p

Oke, kalo gitu kita langsung ke contoh aja yaa. Misalnya, saat jam istirahat makan siang kita menemukan sebuah tweet yang didalamnya terdapat sebuah link yang sepertinya memiliki konten menarik. Namun karena kita tidak punya waktu yang cukup panjang untuk membaca artikel yang terdapat pada link yang kita temukan tadi, kita bisa memanfaatkan aplikasi Do It Later untuk menyimpan tweet yang kita anggap menarik itu, lengkap dengan link yang ada di dalamnya, sehingga kita bisa membacanya di lain waktu.
Cara menggunakan aplikasi Do It Later
Bukan cuma itu saja, kita juga bisa menyimpan link yang kita temukan ketika sedang asik browsing serta berbagai hal penting atau menarik lainnya. Nah dengan demikian, kita hanya perlu membuka aplikasi ini saat kita memiliki waktu luang untuk mengerjakan atau melihat apa saja yang kita simpan tadi. Jadi, tidak ada lagi pertanyaan macam ini : “tadi aku liat ini dimana ya?”.

Mimin sendiri juga sering memanfaatkannya untuk menyimpan semacam data “riset” atau data-data tertentu yang mimin anggap penting untuk disimpan agar bisa diambil tindakan nantinya. Sebagai contoh adalah data statistik di blog Dunia Gadget 558 (yang sekarang berganti menjadi Techijau.com), yang mana ketika mimin menemukan sesuatu yang janggal atau menarik, mimin akan segera mengambil screenshot lalu mengeditnya seperti ini:
Fungsi aplikasi Do It Later
Mimin lingkari sesuatu yang menarik tadi dengan menggunakan fitur bawaan dari aplikasi Gallery di perangkat Zenfone (kotak nomor 1), dan setelah menandainya, mimin langsung meng-klik icon aplikasi Do It Later yang terdapat di bagian atas (kotak nomor 3), atau jika icon tersebut tidak muncul, kita bisa meng-klik icon share yang ada disebelah kirinya dan kemudian cari aplikasi Do It Later. Nah kemudian, data yang sudah kita simpan tadi akan muncul seperti pada gambar dibawah ini:
Manfaat aplikasi Do It Later
Disana kita bisa lihat, berbagai task yang mimin buat akan muncul di aplikasi ini, sehingga kita tidak perlu lagi membuka berbagai aplikasi lain untuk menemukan hal menarik / penting yang sudah kita temukan sebelumnya agar bisa kita cek di lain waktu.

Bagi kamu yang mungkin menjalankan bisnis seperti misalnya toko online, tentu apps ini akan sangat bermanfaat. Kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan rekap orderan, mengambil screenshot dan menyimpan pesanan pelanggan, lalu jika pelanggan sudah melakukan transfer, kita bisa memberi tanda centang pada screenshot yang kita simpan disini. Terus orderan yang sudah kita kirim bisa kita hapus dari sini dengan cara menggesernya ke kiri/kanan. Tuh, bermanfaat kan?

Kita juga bisa membuat sebuah catatan langsung di aplikasi ini, lengkap dengan pengingat jika kita mau. Cara untuk membuat catatan di apps ini adalah dengan membukanya terlebih dahulu, lalu klik tab Normal yang terdapat di bagian atas. Lalu di sebelah kanan bawah terdapat sebuah tombol dengan tanda plus (+), silahkan klik tombol tersebut, maka akan muncul 3 tombol tambahan seperti pada gambar dibawah ini (sebelah kiri).
Memanfaatkan aplikasi Do It Later
Tombol yang paling atas adalah pengingat untuk menelpon seseorang, di bagian tengah adalah pengingat untuk mengirim pesan teks (SMS), sedangkan yang paling bawah merupakan pengingat berupa tulisan. Pada contoh diatas, mimin menggunakan tombol yang paling bawah untuk membuat sebuah catatan singkat.

Setelah membuat judul dan isi catatan, kita bisa mengatur beberapa hal berikut (yang ditunjukkan berdasarkan nomor yang tertera pada gambar diatas).

2. Pengulangan, secara default, catatan yang kita buat bersifat “catatan sekali pakai”. Kita bisa mengubahnya untuk mengingatkan kita dalam jangka waktu tertentu secara berkala. Misalnya jika kita mengaktifkan untuk pengulangan mingguan, maka aplikasi akan menampilkan notifikasi untuk catatan ini agar tampil tiap minggu, sesuai dengan setting waktu yang kita buat. Kita juga bisa menentukan di hari apa sajakah aplikasi akan mengingatkan kita.

3. Ini adalah setting untuk mengingatkan kapan kira-kira waktu (tanggal) “berlakunya” catatan tersebut. Biasanya ini berguna untuk mengingatkan deadline suatu tugas atau yang lainnya. Jika kita mengaktifkan pengulangan (pada nomor 2), maka pilihan ini akan hilang secara otomatis.

4. Setting untuk mengaktifkan pengingat. Kita bisa mengatur kapan kira-kira aplikasi harus mengingatkan kita soal catatan yang kita buat ini. Setelah diatur, nantinya aplikasi akan menampilkan notifikasi pada perangkat untuk mengingatkan kita. Namun jika kita tidak mengaturnya, maka apps tidak akan mengingatkan atau menampilkan notifikasi apapun.

5. Tingkat “prioritas” dari catatan yang kita buat, apakah penting banget, biasa aja, atau cuma dianggep temen #eh. Hehehe, sabar ya mblo :p

Nah, gimana, udah kebayang untuk nyobain aplikasi ini? Rugi banget deh kalo gak kamu manfaatkan! Itulah sedikit tutorial cara menggunakan aplikasi Do It Later pada perangkat ASUS serta fungsi-fungsinya. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan info menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY