Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Gadget Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Gadget Android

3950
0
SHARE
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Gadget Android – Saat baru membeli gadget baik smartphone maupun PC tablet dengan sistem operasi Android tentu kita bisa melihat banyak aplikasi bawaan yang telah terinstall. Namun pada kenyataannya tidak semua dari aplikasi bawaan tersebut berguna bagi pengguna bahkan ada beberapa aplikasi yang tak tersentuh sama sekali, sehingga aplikasi tersebut terkesan mubazir atau sia-sia. Selain membuatnya terkesan “sumpek”, aplikasi yang juga biasa disebut dengan bloatware ini akan mengurangi jatah ruang pada internal memory perangkat sehingga akan lebih baik bagi kita untuk membuangnya saja.

Aplikasi bawaan pada Android

Namun seperti yang kita tau bahwa beberapa aplikasi bawaan tidak bisa dihapus atau uninstall dengan mudah karena mereka digolongkan sebagai system apps. Tapi itu bukan berarti kita tidak bisa menghapusnya karena kita sangat bisa melakukannya meski dibutuhkan sedikit usaha ekstra. Lalu bagaimana cara menghapus atau uninstall aplikasi bawaan pada gadget Android? Ini dia alasan mengapa gadget Android wajib root, karena syarat utama untuk meng-uninstall system app adalah gadget harus memasang aplikasi yang membutuhkan ijin SuperUser atau root.


Nah salah satu aplikasi yang bisa meng-uninstall atau menghapus system app adalah Link2SD. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan diantaranya dapat memindahkan data aplikasi ke SD card serta menghapus atau uninstall system app pada Android. Namun perlu saya ingatkan, jika anda salah meng-uninstall system app (terutama yang memiliki peran vital) bukan tidak mungkin gadget anda akan mengalami kerusakan atau gagal fungsi seperti bootloop, atau bahkan brick. Jadi do at your own risk! (Resiko ditanggung sendiri). Pastikan anda mengetahui dan memahami fungsi aplikasi tersebut sebelum anda berniat untuk menghapusnya.Oke tidak perlu berpanjang lebar lagi, langsung saja kita menuju TKP untuk melihat langkah mudahnya. Siapkan dulu alat dan bahannya:

  • Install aplikasi Link2SD, bisa kamu dapatkan di Google PlayStore
  • Perangkat yang sudah di root

1. Sebelum melakukan ini pastikan perangkat yang anda gunakan sudah di root, karena jika tidak maka aplikasi tidak akan bisa untuk melakukan uninstall system apps. Oke sekarang buka aplikasi Link2SD dan carilah aplikasi bawaan yang sekiranya tidak berguna dan ingin anda singkirkan dari peredaran. Pada contoh dibawah ini saya coba untuk memilih aplikasi Timescape Widget. Klik tombol Actions yang terdapat disana.

Menghapus aplikasi bawaan pada Android

2. Akan muncul menu popup seperti yang nampak pada gambar dibawah ini (sebelah kiri). Pilih menu uninstall dan aplikasi akan menampilkan sebuah halaman peringatan seperti gambar dibawah (sebelah kanan) untuk mengkonfirmasi penghapusan aplikasi. Silahkan pertimbangkan kembali apakah aplikasi tersebut benar-benar tidak anda butuhkan dan benar-benar aman untuk dihapus sebelum mengklik tombol OK.

Uninstall system apps Android

Tunggu sejenak hingga Link2SD memberitahu anda bahwa aplikasi tersebut telah berhasil dihapus. Sekarang lakukan hal yang sama pada aplikasi lain yang ingin anda hapus.

Nah itulah cara menghapus system apps pada Android menggunakan Link2SD. Dampak yang bisa kamu rasakan setelah melakukan ini adalah memory internal pada perangkatmu akan (sedikit) lebih lega dibanding sebelumnya. Silahkan jelajahi Techijau.com untuk menemukan berbagai artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY