Cara Menghilangkan Peringatan Penggunaan Data Di Android

Cara Menghilangkan Peringatan Penggunaan Data Di Android

15803
0
SHARE

Cara Menghilangkan Peringatan Penggunaan Data – Pernahkah kamu mendapati notifikasi tentang peringatan penggunaan data atau data usage warning pada smartphone maupun tablet Android milikmu? Dan apakah peringatan ini berbahaya? Kekhawatiran ini pernah disampaikan oleh salah satu pembaca blog Techijau.com kepada mimin. Tenang, peringatan ini sebenarnya tidak berbahaya, namun agaknya akan sedikit mengganggu pengguna karena selalu muncul di panel notifikasi.

Beberapa pengguna awam mungkin akan bingung tentang bagaimana cara menghilangkannya, maka disini mimin akan membuatkan artikel khusus bagi kamu yang masih newbie agar dapat mengatasi pemberitahuan yang cukup mengganggu ini.

Sebelumnya perlu kamu ketahui bahwa Google telah menyematkan fitur untuk membatasi penggunaan data atau Data Usage Limit sejak Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich diluncurkan. Fungsinya adalah untuk memonitor, memperingatkan dan membatasi penggunaan data pada perangkat. Tujuannya adalah untuk mencegah tersedotnya pulsa jika kita sudah menghabiskan jatah atau kuota internet yang kita beli dari masing-masing operator selular yang kita gunakan. Nah biasanya peringatan seperti ini akan muncul jika kita sudah melewati batas penggunaan data, sesuai dengan setting yang kita lakukan.

BACA JUGA : Tips Menghemat Data Internet di Android

Secara default perangkat akan melakukan settingan otomatis untuk hal ini. Tapi jika kamu tidak ingin melihat pemberitahuan seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, kamu bisa melakukan setting sederhana untuk mematikannya. Berikut adalah langkah yang harus kamu lakukan:

Peratama masuklah ke menu setting, lalu pilih menu Data Usage (penggunaan data) seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

Data usage warning AndroidSekarang perhatikan gambar dibawah ini. Untuk mematikan atau menghilangkan peringatan penggunaan data (data usage warning) kamu tinggal menghapus tanda centang yang terdapat pada option Set mobile data limit seperti yang ditunjukkan pada kotak nomor 1.

Setting batas penggunaan data AndroidAtau jika kamu tidak ingin mematikan fitur ini, kamu tinggal menaikkan saja batas penggunaan data pada perangkatmu. Perhatikan gambar diatas. Kotak nomor 2 menunjukkan batas peringatan dimana jika kita sudah menggunakan kuota internet melebihi batas itu, maka akan muncul pemberitahuan “peringatan penggunaan data” yang bertujuan untuk mengingatkan agar kita lebih menghemat penggunaan internet.

Sedangkan untuk kotak nomor 3 adalah batas dimana jika penggunaan kuota internet kita sudah mencapai batas itu maka perangkat akan mematikan koneksi internet secara otomatis. Tujuannya untuk mencegah agar pulsa tidak tersedot ketika kuota internet kita sudah habis. Kamu bisa mengatur batas tersebut sesuka hatimu sesuai dengan kuota internet yang kamu gunakan.

Biasanya setting ini akan bekerja berdasarkan tanggal dan bulan yang kamu tentukan, dan penggunaan data akan kembali menunjukkan angka nol ketika sudah melewati siklus tanggal bulanan yang kamu tentukan.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang fitur Data Usage Limit serta cara mematikannya. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai info tips, trik, tutorial serta berita terbaru soal Android. Jangan lupa untuk like dan follow kita yaa. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY