Cara Mematikan Auto Update Aplikasi di Android

Cara Mematikan Auto Update Aplikasi di Android

3450
0
SHARE

Cara Mematikan Auto Update Aplikasi di Android – Melimpahnya aplikasi yang tersedia pada perangkat dengan sistem operasi Android ternyata tidak selamanya menguntungkan dan menyenangkan. Karena banyaknya aplikasi yang tersedia (dan gratis) tersebut membuat para pengguna beramai-ramai untuk menginstall banyak aplikasi sekaligus pada satu perangkat. Padahal tidak semua aplikasi yang di install itu berguna bagi sang penggunanya. Ditambah lagi, tidak semua perangkat memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk menampung semua apps yang tersimpan, sehingga akan beresiko untuk menurunkan performa perangkat secara drastis atau biasa kita sebut dengan lemot.

BACA JUGA : Kenapa Android Mulai Lemot?

Selain lemot, hal ini juga akan membuat perangkat menjadi lebih boros kuota internet karena terkadang kita harus melakukan update dari tiap-tiap aplikasi yang rata-rata memiliki ukuran file yang cukup besar. Yang menyebalkan adalah ketika aplikasi yang terinstall di perangkat ternyata meng-update sendiri tanpa kita minta (melakukan update secara otomatis), sehingga jelas sangat rawan terjadi pemborosan kuota.

Cara mematikan update otomatis aplikasi AndroidUntuk menghindari pemborosan kuota karena masalah diatas, tentu kita harus mencegahnya dengan cara mematikan auto update aplikasi agar aplikasi tidak melakukan update secara otomatis. Nah disini, mimin Techijau.com bakal memberikan tutorial singkat agar kamu bisa mematikan auto update aplikasi pada perangkat Android milikmu :

1. Bukalah aplikasi Google PlayStore pada perangkat milikmu. Setelah kamu membukanya, klik icon 3 buah garis yang menumpuk di sebelah kiri atas layar (sebelah kiri kotak pencarian). Disana kamu akan menemukan beberapa menu yang terdapat dalam apps tersebut. Scroll kebawah dan temukan menu Settings.

Agar aplikasi Android tidak update otomatis2. Setelah membuka setting, kamu akan menemukan berbagai pilihan untuk mengatur Google PlayStore. Sekarang, cari dan pilih menu Auto-update Apps (Pembaruan otomatis aplikasi) yang biasanya terdapat di bagian paling atas menu. Akan muncul menu popup, dan pilih Do not auto-update apps (jangan update otomatis aplikasi). Klik ok untuk melanjutkan.

Mematikan update otomatis aplikasi AndroidDan sekarang, aplikasi yang terinstal di smartphone atau tablet Android mu tidak akan lagi meng-update sendiri tanpa sepengetahuanmu. Sangat mudah bukan? Kamu juga bisa melakukan beberapa trik lain untuk lebih menghemat penggunaan data pada perangkat yang kamu gunakan, seperti yang sudah mimin tuliskan pada posting berjudul Tips menghemat kuota data pada Android.

Nah, mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY