Cara Menggunakan Bluetooth Keyboard Pada Android

Cara Menggunakan Bluetooth Keyboard Pada Android

6841
0
SHARE
Cara Menggunakan Bluetooth Keyboard Pada Android – Salah satu aksesori yang bisa membantu kita untuk urusan produktivitas adalah wireless keyboard. Kebetulan mimin juga menggunakan keyboard wireless dengan konektivitas bluetooth untuk melakukan input agar mempermudah mimin untuk urusan mengetik mengingat mimin harus mengetik panjang lebar di blog-blog yang mimin kelola termasuk Techijau.com ini.
Smartphone Android menggunakan bluetooth keyboard
Sebelum dapat menggunakan keyboard wireless alias tanpa kabel tentu kita harus melakukan “pairing” terlebih dahulu dari keyboard ke perangkat (entah itu smartphone ataupun tablet) sebelum dapat menggunakannya. Nah jika kamu sudah terlanjur membeli wireless bluetooth keyboard untuk gadget kesayanganmu namun kamu bingung untuk melakukan pairing, maka kamu wajib membaca artikel ini karena mimin akan memberikan tutorial singkat tentang cara menghubungkan keyboard bluetooth ke perangkat Android agar kamu bisa menggunakannya.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyalakan bluetooth baik pada perangkat keyboard maupun smartphone atau tablet yang kamu gunakan. Pada keyboard biasanya terdapat tombol switch untuk mengaktifkan bluetooth di bagian bawahnya. Setelah menyalakan keyboard, silahkan klik tombol kecil bertuliskan “connect” yang biasanya terletak tidak jauh dari tombol switch on/off bluetooth. Jangan lupa untuk menggunakan baterai karena tanpanya keyboard milikmu tidak akan bisa digunakan :))

Setelah itu bukalah setting pada gadget mu, lalu masuk ke menu bluetooth dan lihat apakah ada perangkat yang terdeteksi seperti pada gambar dibawah ini. Pada Android versi 4.4 (Kitkat) kebawah biasasanya kamu perlu melakukan setting ringan agar bluetooth dari perangkatmu bisa di deteksi oleh perangkat lain. Caranya adalah dengan mengklik menu bertuliskan “only visible on paired device” atau hanya terihat oleh perangkat yang terhubung (atau semacam itulah).
Cara menggunakan keyboard bluetooth pada Android
Jika keyboard sudah terdeteksi, silahkan pilih (klik) lalu gadget mu akan menampilkan sebuah menu popup yang akan menampilkan 6 digit nomor sebagai “PIN” verifikasi untuk dapat melakukan pairing. Ketik nomor yang tertera pada layar gadget mu itu di keyboard yang akan kamu gunakan, lalu tekan enter.
Cara pairing keyboard ke Android
Dan sekarang, keyboard mu sudah terhubung dengan gadget. Namun kamu masih perlu melakuan satu settingan lagi. Pada panel notifikasi (yang terdapat di bagian atas layar) akan muncul icon gembok yang menunjukan menu smart lock. Silahkan klik menu tersebut di bagian yang bertuliskan add as a trusted device (tambahkan sebagai perangkat terpercaya).
Menghubungkan keyboard eksternal ke Android
Jika perangkat smartphone atau tabletmu menggunakan kunci pattern atau PIN pada layar, maka kamu harus memasukkan PIN atau pattern yang sama untuk membuka kunci hingga muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini (mungkin akan berbeda di tiap perangkat).
Perangkat terpercaya
Nah sekarang kamu bisa menggunakan bluetooth wireless keyboard untuk melakukan input di perangkatmu. Dan jika nantinya kamu mengalami kesulitan untuk melakukan pairing untuk penggunaan selanjutnya, maka kamu bisa membaca artikel ini lebih lanjut.

Mengatasi Masalah Tidak Bisa Pairing Bluetooth Keyboard Pada Android

Untuk mengatasi masalah bluetooth wireless keyboard yang tidak mau konek pada perangkat Android, kamu bisa melakukan trik sederhana dibawah ini untuk melakukan pairing ulang :

1. Aktifkan keyboard pada kedua perangkat (keyboard dan smartphone/tablet), lalu bukalah setting -> bluetooth pada gadget mu. Akan muncul menu yang menampilkan perangkat yang terhubung (termasuk bluetooth keyboard) seperti ada gambar dibawah ini.
Cara mengatasi gagal pairing keyboard bluetooth
Klik icon gear yang terdapat di sebelah Bluetooth Keyboard untuk membuka pilihan lebih lanjut. Akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Klik tombol Forget (Lupakan?)
Pairing ulang
Jika sudah, silahkan klik kembali Wireless Keyboard yang tampil di daftar bluetooth yang aktif. Dan yang harus kamu lakukan adalah melakukan pairing ulang seperti yang sudah mimin tuliskan diatas. Dan sekarang seharusnya kamu sudah bisa menggunakan kembali wireless keyboard mu pada gadget kesayanganmu. Nah mungkin itu saja yang bisa mimin tuliskan pada posting kali ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY