Cara Screenshot Android Tanpa Root & Aplikasi

Cara Screenshot Android Tanpa Root & Aplikasi

5109
0
SHARE
Cara Screenshot Android Tanpa Root & Aplikasi – Meski terbilang sepele, nyatanya mengambil dan menyimpan tampilan pada layar di smartphone atau tablet merupakan salah satu hal yang sangat penting khususnya pada keadaan tertentu. Seperti misalnya untuk menyimpan informasi menarik yang kita temukan dan lihat melalui layar perangkat, atau hanya untuk sekedar menyimpan bukti percakapan untuk ditunjukkan kepada orang lain. Biasanya kita juga sangat perlu untuk mengambil sebuah screen capture untuk kemudian ditunjukkan pada orang lain untuk memperlihatkan apa yang kita lihat di layar, namun sangat sulit untuk kita jelaskan.

Meski kita sudah sangat akrab dengan screenshot, namun ternyata masih ada beberapa pengguna gadget smartphone atau tablet yang masih asing dan belum tau cara untuk melakukannya, khususnya mereka para pengguna smartphone yang masih sangat awam. Nah untuk itu, di posting kali ini mimin akan memberitahukan cara untuk mengambil SS (screenshot) pada perangkat dengan sistem operasi Android.
Contoh screenshot pada Android
Sejak dirilisnya Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich, Google telah menyematkan fitur screenshot secara default. Sehingga pengguna dapat mengambil screenshot tanpa harus menggunakan aplikasi yang biasanya akan memerlukan akses root.

Nah metode atau cara untuk melakukan screenshot pada perangkat Android sangatlah sederhana. Umumnya kita hanya perlu menekan dan tahan tombol power dan volume down secara hampir bersamaan selama 1 sampai 2 detik, dan biasanya layar pada perangkat akan berkedip seperti sedang dipotret atau difoto, lalu screenshot pun akan disimpan secara otomatis.
Cara screenshot Android
Cara tersebut bisa digunakan pada hampir semua merk perangkat Android termasuk Sony Xperia, LG, ASUS, Xiaomi dan bahkan juga untuk merk-merk lokal seperti Mito, Smartfren Andromax dan yang lainnya. Namun beberapa vendor menerapkan metode yang berbeda untuk mengambil screenshot, seperti misalnya pada perangkat Samsung Galaxy.

Pada perangkat Samsung Galaxy, biasanya kita harus menekan tombol yang berbeda yakni tombol power dan home secara hampir bersamaan hingga layar berkedip. Tidak hanya Samsung, beberapa perangkat merk lain pun juga menerapkan metode alternatif untuk mempermudah dalam mengambil sebuah screen capture, seperti misalnya pada beberapa perangkat LG dan juga ASUS. Namun cara alternatif tersebut membutuhkan beberapa setting terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Silahkan baca cara screenshot tanpa menekan tombol fisik pada ASUS Zenfone dan Fonepad.

Nah mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY