Cara Screen Capture Samsung Galaxy Grand

Cara Screen Capture Samsung Galaxy Grand

284
0
SHARE
Cara Screen Capture Samsung Galaxy Grand – Smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat di dunia saat ini. Berbagai kecanggihan yang tertanam dalam ukuran yang mudah untuk dibawa – bawa membuat perangkat jenis ini sangat digemari oleh banyak orang. Fitur yang kaya membuatnya sangat membantu berbagai kebutuhan sehari – hari kita, mulai dari untuk sekedar media hiburan hingga alat untuk membantu aktifitas untuk produktifitas pekerjaan kita. Ditambah lagi dukungan aplikasi yang melimpah mempunyai daya tarik tersendiri khususnya bagi perangkat dengan sistem operasi Android.
Cara screenshot samsung galaxy grand

Namun tentu saja suatu saat pasti akan ada masalah yang sewaktu – waktu bisa datang begitu saja menghampiri perangkat canggih kita. Hal ini membuatnya memerlukan beberapa langkah untuk memulihkannya kembali. Dan seperti yang kita tau, tidak semua orang yang menggunakan smartphone mampu untuk menyelesaikan setiap masalah yang datang menghampiri mengingat banyaknya orang awam (termasuk mimin sendiri) yang juga menggunakan smartphone sebagai perangkat andalannya. Maka sekiranya kita sangat perlu untuk bertanya kepada yang lebih ahli tentang masalah yang dialami. Dari sini akan ada kendala lain yaitu apakah kita mampu menjelaskan masalah yang terjadi secara rinci dan detail?

Maka dibutuhkanlah sebuah screenshot untuk menjelaskan apa yang tidak bisa kita jelaskan pada orang lain agar orang tersebut dapat melihat apa yang kita lihat pada smartphone kita. Untuk cara melakukan screenshot atau screen capture (mengambil gambar tampilan pada layar) sendiri biasanya memiliki metode yang berbeda – beda pada tiap perangkat. Beberapa orang memilih untuk menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukannya, namun biasanya aplikasi seperti itu akan membutuhkan akses root (BACA : Apa itu root pada Android) padahal sebenarnya kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk mengambil screenshot khususnya untuk Android versi 4.0 keatas karena Google telah menyematkan metode standar untuk melakukannya, meski tekadang beberapa vendor melakukan kostumasi pada metode standar tersebut.
Nah pada posting kali ini, Dunia Gadget 558 akan memberikan sebuah tutorial singkat tentang cara screenshot khususnya pada perangkat Samsung Galaxy Grand tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun. Yuk langsung saja kita simak di TKP 😀
  1. Nyalakan layar pada perangkatmu, lalu carilah menu yang ingin kamu ambil dan simpan tampilannya (biarkan layar tetap menyala)
  2. Jika sudah ketemu, tekan dan tahan tombol power dan home (yang ada ditengah, bagian bawah layar) secara bersamaan. Tahan lebih kurang sekitar 2 detik. Jika layar perangkat sudah berkedip seperti sedang dipotret, maka kamu sudah berhasil melakukan screenshot.
Sangat mudah bukan melakukan screen capture pada Samsung Galaxy Grand? Gambar yang sudah diambil tersebut akan secara otomatis disimpan pada SD card dan bisa ditemukan di gallery pada folder screenshot. Kamu juga bisa melihatnya langsung dari notification bar (bagian paling atas layar, tempat pemberitahuan). Nah mungkin itu saja yang bisa berikan pada posting kali ini. Jika kamu masih baru dalam menggunakan perangkat Android, mungkin posting tentang tips dasar Android bisa berguna untukmu. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY