Cara Setting Gesture Keyboard Pada Android 4.0 (ICS)

Cara Setting Gesture Keyboard Pada Android 4.0 (ICS)

1858
1
SHARE
Gesture Keyboard
Cara Setting Gesture Keyboard Pada Android 4.0 (ICS) – Setelah sebelumnya saia memposting tentang apa itu gesture, pada posting kali ini saya akan membahas tentang cara setting keyboard gesture keyboard pada smartphone Android v4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) agar anda bisa menggunakan fitur gesture control pada keyboard seperti yang terlihat di gambar disamping.

Apa keunggulan dari gesture keyboard ini dibandingkan dengan keyboard biasa? Jawabannya adalah jika kita menggunakan fitur ini, maka kita dapat dengan mudah mengetik dengan menggunakan satu tangan. Cukup sapu ibu jari atau jari telunjuk anda pada huruf-huruf yang anda inginkan hingga membentuk sebuah kata. Perlu latihan yang cukup agar bisa terbiasa dengan fitur ini dan menggunakannya secara cepat.

Namun bagi anda yang belum pernah menggunakannya tidak perlu khawatir, karena kita tetap bisa mengetik atau melakukan input dengan cara biasa. Dan untuk kata-kata tertentu, anda harus “mengajari” keyboard ini agar bisa mengeluarkan kata yang anda inginkan. Fitur dan cara ini dapat diterapkan pada hampir semua merek gadget (smartphone dan tablet) dengan sistem operasi Android versi 4.0 (ICS) seperti Sony Xperia, Samsung Galaxy, LG, HTC dan lainnya.Jika kebetulan device anda adalah SE Live With Walkman (wt19i) dan belum menggunakan sistem operasi Android versi 4.0, silahkan baca di halaman cara flashing Xperia Live With Walkman untuk meng-upgrade versi Android nya. Oke, untuk cara setting nya kita langsung saja ke TKP 😀
(1) Masuk ke menu setting -> Language & input
Setting gesture input
(2) Pastikan anda memilih keyboard bawaan sebagai keyboard default (pada lingkaran berwarna hijau), lalu pilih menu setting pada keyboard tersebut seperti yang di tunjuk oleh panah berwarna merah
Setting gesture input
(3) Lalu pilih text input setting
Setting gesture input
(4) Lalu pilih (centang) gesture input seperti yang ditunjuk pada panah berwarna merah. Jangan lupa untuk mencentang learn words agar keyboard dapat “mempelajari” beberapa input dari anda untuk memberikan hasil input yang benar.
Setting gesture input

(*) Catatan : Gunakan bahasa yang sering anda gunakan untuk mengetik (bahasa Indonesia, Melayu atau lainnya) agar keyboard dapat memberikan hasil input yang lebih akurat. Setting tersebut dapat anda atur pada proses nomor 3 pada pilihan Writing Language.

Selamat mencoba 😀 .

1 COMMENT

LEAVE A REPLY