Edit Fotomu Menjadi Seperti Seni Lukisan / Kartun Dengan App Prisma

Edit Fotomu Menjadi Seperti Seni Lukisan / Kartun Dengan App Prisma

2218
0
SHARE

Edit Fotomu Menjadi Seperti Seni Lukisan / Kartun Dengan App Prisma – Beberapa waktu lalu, sebuah aplikasi baru dengan kategori fotografi telah secara resmi hadir untuk perangkat Android. Siapa sangka, aplikasi bernama Prisma itu ternyata banyak diminati oleh para pengguna smartphone atau tablet Android dan sudah di download oleh ratusan ribu pengguna dalam waktu singkat.

Prisma adalah sebuah aplikasi edit foto yang bisa mengubah foto menjadi seperti karya seni lukisan (mirip vector), dan sekaligus juga menjadikannya sebagai aplikasi yang bisa dibilang istimewa diantara aplikasi edit foto lainnya karena hasil dari editan foto di aplikasi Prisma mimin rasa amat sangat bagus, dan berikut adalah contohnya dimana pada foto sebelah kiri adalah versi asli, sedangkan yang sebelah kanan adalah hasil setelah proses edit selesai :

Edit foto menjadi seni lukisan di AndroidUntuk sebuah aplikasi edit foto, Prisma bisa dibilang cukup ringan dengan ukuran file yang relatif sangat kecil yakni dibawah 6 MB saja.

Cara menggunakan Prisma pun cukup mudah. Kita tinggal membuka aplikasinya dan mengambil foto melalui apps tersebut, atau kita juga bisa menggunakan foto yang sebelumnya sudah tersimpan di gallery smartphone atau tablet, lakukan proses cropping (potong gambar), lalu pilih filter mana yang ingin kamu gunakan untuk mengubah tampilan foto tersebut.

Cara menggunakan aplikasi prismaNah setelah itu, tunggu beberapa saat agar aplikasi bisa memproses foto yang kamu pilih (yang sepertinya dilakukan secara online, sehingga kamu harus memastikan bahwa kamu telah terkoneksi di internet) dan lihat hasilnya. Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis filter untuk menyesuaikan gaya seni mana yang ingin kamu terapkan pada foto mu.

Kita juga bisa mengatur tingkat “blending”, atau gampangnya, seberapa pekat aplikasi akan melakukan pengeditan pada foto milikmu, dengan hanya melakukan swipe (mengusap) layar ke arah kiri atau kanan.

Aplikasi prisma di AndroidMenyimpan foto hasil editan pun bisa dilakukan dengan sangat mudah. Namun, terdapat setidaknya 2 kekurangan kecil yang mimin temukan pada aplikasi Prisma. Yang pertama adalah soal ukuran dari gambar, dimana hasil editan dari apps ini hanya bisa berukuran maksimal 1280×1280 pixel saja.

BACA JUGA : Apa Itu Megapixel Pada Kamera?

Ukuran itu jelas sangat kurang untuk dicetak besar. Tapi mimin rasa sih, sebagian besar pengguna apps ini pasti hanya akan menggunakannya untuk profile picture atau sekedar update posting di social media seperti Facebook dan Instagram aja, yaa. Jadi rasa-rasanya hal itu takkan terlalu menjadi masalah.

BACA JUGA : Tidak Bisa Upload Foto Di Instagram? Ini Solusinya!

Mengubah foto menjadi lukisan dengan prismaTapi kalau misalnya kamu ingin fotomu diedit sedemikan rupa dan bisa dicetak dalam ukuran besar untuk beberapa keperluan, kamu bisa coba order vector yang dibuat secara manual yang banyak tersebar di internet, salah satunya adalah jasa vector dari Mas Dzofar alias Ndop. Selain beresolusi besar, hasilnya pun akan lebih bagus, rapi, dan tentu saja punya nilai seni karena dibuat secara manual dengan sentuhan imajinasi.

Hihihi, maaf itu bukan promosi loh yaa, cuma ngasih tau aja, tapi sekaligus juga jadi promosiin sih #AhGitulahPokoknya. Oke, skip! Lanjut lagi yaa.. Kekurangan yang kedua adalah, aplikasi Prisma hanya bisa mengedit foto dengan format square alias kotak (1:1) sehingga jika kamu ingin mengedit foto yang lebih melebar, maka kamu harus mengorbankan beberapa objek untuk dipotong.

Cara membuat foto seperti lukisanTapi sekali lagi, mimin rasa itu takkan menjadi masalah yang berarti jika kegunaannya masih sebatas untuk update socmed. Gimana, kamu tertarik untuk nyobain? Kamu bisa download aplikasi Prisma di Android melalui Google PlayStore. Belum tau cara download apps dari PC / laptop agar langsung terpasang di hape? Boleh nih intip tulisan mimin dibawah ini :

BACA JUGA : Cara Download Aplikasi Di Android Melalui Laptop

Okedeh, sekian dulu dari mimin. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai info menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY