Firmware 2.18 Zenfone 2: Bug Dan Fitur Baru

Firmware 2.18 Zenfone 2: Bug Dan Fitur Baru

1366
0
SHARE
Firmware 2.18 Zenfone 2: Bug Dan Fitur Baru – Setelah beberapa bug yang tidak bisa dianggap sepele pada firmware versi 2.17 pada Zenfone 2, kemarin malam ASUS akhirnya merilis update firmware versi 2.18 untuk perangkat ini baik untuk model ZE550ML maupun ZE551ML. Apa saja yang baru pada update berukuran sekitar 118 MB ini? Dan apakah bug system UI yang sering crash sudah diperbaiki?
Update sistem Zenfone 2 versi 2.18
Ya, di update firmware ini ASUS sudah memperbaiki masalah yang cukup membuat frustasi para pengguna Zenfone 2. Dan bagi kamu yang masih menerima pesan “Sayangnya sistem UI telah berhenti” (Unfortunately, system UI has stopped) maka kamu wajib melakukan update ke firmware versi ini. Menurut pengalaman mimin dan laporan dari pengguna lain yang sudah mencicipinya, pesan yang sangat mengganggu tersebut tidak lagi muncul setelah mereka melakukan pembaruan. Beberapa bug yang menyebabkan force close (menutup paksa) ketika menggunakan aplikasi social media pun nampaknya sudah diperbaiki. Oke, lebih lanjut mimin akan membahas soal bug dari firmware ini.
Masalah / BUG
Ketika mimin coba menggunakan aplikasi BBM untuk chatting dengan perangkat mimin yang lain (maklum jomblo, gak ada temen chatting #curcol) masalah force close memang tidak terjadi, dan cenderung lancar jaya baik berdasarkan pengalaman mimin maupun dari pengalaman teman yang lain. Namun ada sedikit keanehan kecil yang sedikit mengganggu mimin yakni soal speaker.
BACA JUGA : Apa itu bug?
Ketika ringtone berbunyi, di awal ringtone terdapat seperti semacam suara aneh (seperti plastik yang dilipat, ah susah jelasinnya >.<). Anehnya lagi, masalah ini hanya terjadi pada ringtone BBM, sedangkan ringtone lain terdengar normal. Entah ini masalah dari software atau hanya hardware milik mimin saja, mimin belum tau pasti. Lalu ketika mimin coba mengirim beberapa pesan sekaligus, ringtone hanya berbunyi sekali saja di awal. Sedangkan untuk pesan-pesan lain yang mimin kirimkan belakangan tidak ada pemberitahuan suara apapun. Hal ini bukan hanya terjadi di BBM saja, tapi juga di aplikasi lain seperti WhatsApp.
Lalu beberapa teman ada yang melaporkan bahwa terkadang aplikasi Auto start manager mengalami force close, namun ini tidaklah terlalu mengganggu. Belum ada masalah lain yang mimin temukan selama ini.
Pembaruan / Peningkatan
Hal pertama yang mimin rasakan ketika baru melakukan update firmware ini adalah soal performa. Ya setelah melakukan update, Zenfone 2 ini terasa memiliki performa yang lebih baik, lebih smooth khususnya ketika berpindah dari satu apps ke apps lain dan juga ketika melakukan multitasking. Haa, i like it!
Selanjutnya ada yang baru dari fitur Power Saver bawaannya. Jika sebelumnya pilihan power saving (hemat daya) ini sangat minim, kali ini ASUS menambahkan beberapa pilihan tambahan seperti battery mode dan auto switch mode :
Fitur baru power saver mode
Pada auto switch mode, kamu bisa mengatur kapan perangkat secara otomatis akan mengaktifkan ultra-saving mode pada jam-jam tertentu misalnya dari jam 11 malam hingga 5 pagi agar perangkatmu tidak memakan daya terlalu banyak ketika kamu sedang tertidur dan tidak menggunakannya. Sedangkan pada option Battery modes terdapat sebuah pilihan baru yakni Performance mode.
Penambahan pilihan power saver
Mimin belum menguji mode power yang satu ini, namun sepertinya fitur ini dimunculkan karena kita tidak lagi dapat memilih untuk menyalakan atau mematikan fitur power saver. Artinya jika kita menggunakan mode tersebut sama saja dengan kita memilih untuk mematikan power saver. Pintasan atau shortcut pada Quick panel (panel pengaturan) untuk power saver pun sudah dihilangkan.
Sepertinya untuk pembaruan kali ini developer ASUS lebih fokus untuk melakukan berbagai perbaikan serta peningkatan performa pada Zenfone 2, dan memang perubahan yang dilakukan menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Good job! Dan jangan lupa untuk memberikan ucapan terimakasih pada mereka karena mimin yakin bahwa tidak sedikit dari kamu yang mungkin sudah mencaci-maki mereka karena gangguan yang dialami sebelumnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY