Firmware Update v2.17 Zenfone 2 : Fitur Baru Dan Bug

Firmware Update v2.17 Zenfone 2 : Fitur Baru Dan Bug

1631
0
SHARE
Firmware Update v2.17 Zenfone 2 : Fitur Baru Dan Bug – Beberapa hari lalu pengguna ASUS Zenfone 2 mendapatkan update firmware versi 2.17. Dalam firmware ini diberitahukan bahwa terdapat beberapa update untuk memperbaiki bug yang ada termasuk peningkatan dari segi detail pada kamera belakang. Namun setelah melakukan update, beberapa pengguna termasuk mimin menemui beberapa masalah yang muncul begitu saja pada perangkat ini. Apa sajakah itu?
Firmware Zenfone 2 v2.17
Masalah / bug
Tidak sedikit dari pengguna Zenfone 2 yang mengeluh karena perangkat mereka sering kali mengeluarkan pesan yang berbunyi “Sayangnya, Sistem UI telah berhenti” (Unfortunately, System UI has stopped). Bahkan ada seorang pengguna yang mengaku bahwa perangkatnya mendadak mengalami black screen (mungkin maksudnya layar mendadak mati) setelah pesan tersebut muncul meski kemudian kembali normal setelah merestart perangkat. Mimin sendiri tidak merasakan hal yang sama, namun mimin menemukan sedikit masalah pada fitur kamera.
Sebelumnya kamera perangkat ini dapat bekerja dengan normal, namun kemudian perangkat terasa hangat bahkan ketika tidak sedang digunakan (saat itu mimin menggunakan airplane mode untuk menghemat baterai) diikuti dengan gejala lag yang sebelumnya tidak pernah mimin rasakan ketika menggunakan perangkat ini. Mimin curiga bahwa ada aplikasi tertentu yang masih bekerja di background meski kemudian mimin mendapati bahwa RAM masih aman dengan ruang kosong mencapai 1 GB lebih sehingga mimin mencurigai telah terjadi kesalahan system.
Kemudian mimin coba untuk membuka kembali aplikasi kamera, namun aplikasi kamera bawaan tersebut tidak bisa digunakan dan mengeluarkan pesan : “Camera failed to launch, please reboot your device and try again” (Kamera gagal untuk diluncurkan, mohon reboot perangkat anda dan coba lagi).
Masalah pada kamera

Setelah melakukan restart aplikasi kamera memang sudah bisa dijalankan dengan normal, namun suhu pada perangkat yang sedari tadi menghangat tak kunjung turun. Setelah mematikan perangkat dan melakukan charging, pagi ini masalah suhu tersebut sudah hilang. Beberapa rekan lain juga mengeluhkan bahwa beberapa aplikasi social media mendadak menutup sendiri (force close) ketika sedang digunakan.

Fitur baru dan peningkatan
Meski mengalami beberapa masalah, memang harus diakui bahwa terdapat beberapa peningkatan dari segi kamera khususnya di keadaan minim cahaya. Ketika menggunakan mode auto, noise terlihat lebih sedikit dari sebelumnya meski gambar nampak sedikit lebih gelap. Namun ketika menggunakan mode low light, terlihat bahwa foto yang dihasilkan benar-benar cerah dan lebih berwarna dibanding sebelumnya. Bahkan warna yang dihasilkan mendekati warna aslinya.
Low light mode asus zenfone 2

Anehnya ketika menggunakan manual mode dan mensetting ISO di angka 200, noise masih terlihat bermunculan, hampir sama dengan noise yang muncul ketika menggunakan mode Auto yang menggunakan ISO diatas angka 700an.

BACA JUGA : Review hasil kamera Zenfone 2

ASUS juga menyematkan beberapa fitur baru pada update firmware ini, diantaranya ada penambahan fitur Do not disturb (untuk menggantikan fitur interupt) serta ZenTalk. Kemungkinan fitur interupt dihapuskan karena masih banyak pengguna yang bingung tentang bagaimana memanfaatkan fitur ini sehingga ASUS mengembalikan fitur Do not disturb yang sudah digunakan pada Zenfone generasi sebelumnya. Lagipula tampilan serta pengaturan dari fitur ini lebih user friendly dibandingkan fitur Interupt, sehingga mimin rasa ini adalah langkah yang tepat.
So, bagi kamu yang belum melakukan update firmware Zenfone 2 milikmu ke versi 2.17, mimin sarankan untuk menunggu hingga update firmware berikutnya datang.

UPDATE..!!

Saat ini Asus telah merilis update terbaru versi firmware untuk Zenfone 2 dengan berbagai perbaikan dan juga peningkatan performa. Silahkan baca review soal update firmware versi 2.18 tersebut di posting yang ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY