Fitur-Fitur Yang Dimiliki ASUS Zenfone 2

Fitur-Fitur Yang Dimiliki ASUS Zenfone 2

11043
2
SHARE
Fitur-Fitur Yang Dimiliki ASUS Zenfone 2 – Melanjutkan posting sebelumnya, disini mimin akan lebih fokus untuk membahas apa saja fitur yang dimiliki oleh ASUS Zenfone 2. Terlepas dari spesifikasi yang diusungnya, tentu kita akan mempertimbangkan soal fitur yang dimiliki oleh suatu perangkat sebelum memutuskan untuk membelinya bukan? Oke, tidak perlu berpanjang lebar lagi karena masih ada bagian tulisan lain yang harus mimin lanjutkan setelah posting ini.

Tampilan

Yang pertama pastinya kita akan disajikan dengan tampilan antarmuka atau UI ketika menggunakan suatu perangkat. Bagi kamu yang sudah menggunakan Zenfone generasi sebelumnya tentu kamu tidak asing dengan tampilan yang dimiliki oleh Zenfone 2 karena memang mereka sama-sama mengusung ZenUI meski akan ada sedikit perbedaan mengingat perangkat ini sudah menggunakan system operasi Android versi 5.0 Lollipop.
Tampilan home ASUS Zenfone 2
Seperti yang bisa kita lihat pada gambar diatas, gambar sebelah kiri adalah tampilan ketika kita membuka recent apps (untuk multitasking). Lalu perbedaan juga akan kita lihat pada lockscreen dan navigation bar seperti pada gambar dibawah ini. Disana terlihat bahwa notifikasi pada lockscreen akan ditampilkan langsung pada layar. Sedangkan pada navigation bar yang dulu terpisah dengan panel notifikasi, kini dijadikan satu.
Tampilan lockscreen dan nav bar zenfone 2
Layar 5.5 inch yang dimilikinya memang sedikit menyulitkan ketika kita harus menggunakan satu tangan, namun hal ini sudah di antisipasi oleh ASUS karena mereka sudah menyematkan fitur one hand mode pada smartphone ini. Dengan fitur ini kita bisa mengatur ukuran layar sesuai dengan keinginan kita seperti pada gambar dibawah ini. Kita juga dapat dengan mudah mengembalikannya ke ukuran normal dengan mengklik icon maximize yang terdapat di pojok kanan atas tampilan layar.
One hand mode ASUS Zenfone 2
Theme

Lebih lanjut soal tampilan, ASUS telah menyematkan fitur baru untuk mengkostumasi tampilan dimana kini pengguna dapat mengganti tema sesuai dengan pilihan yang ada. Sebelumnya memang ASUS telah membuat beberapa update pada Zenfone generasi sebelumnya untuk dapat mengganti icon pack pada perangkatnya, namun dengan hadirnya fitur theme ini tampilan akan dapat dirubah secara menyeluruh dan lebih rapih.
Aplikasi theme pada Zenfone 2
Tidak hanya icon pack, tapi dalam tema yang tersedia juga akan mengganti wallpaper background dari perangkat.
Tema pada Zenfone 2
Tampilan lockscreen dan navigation bar pun turut berubah.

Berbeda dengan fitur theme pada perangkat Xiaomi, pada perangkat ini kita tidak bisa merubah komponen pada theme secara terpisah (misal hanya mengganti icon pack nya saja). Namun mimin rasa fitur tersebut tidak perlu lagi disematkan karena kita masih dapat mengganti icon pack secara terpisah meski tidak melalui aplikasi theme. Bedanya lagi, kita tidak perlu mendownload tema yang ingin kita terapkan seperti halnya pada perangkat Xiaomi karena tema tersebut sudah tersedia secara preloaded. Kita juga dapat mengganti font dengan beberapa pilihan font yang tersedia. Sayangnya kita hanya akan disuguhkan dengan pilihan yang sangat terbatas baik untuk tema maupun font. Mungkin kedepannya ASUS akan menambahkan lagi pilihan yang ada sehingga pengguna dapat dengan lebih leluasa untuk mengkostumasi tampilan perangkatnya.

Guest Account

ASUS Zenfone 2 juga telah mendukung fitur guest account. Fitur ini mirip dengan acount yang biasa kita temukan pada perangkat PC. Kita bisa menentukan setting yang berbeda pada masing-masing account. Konsep dari fitur ini adalah untuk memisahkan “mode kerja” dan “mode pribadi” dalam satu perangkat atau “mode tamu” dan “mode pemilik” dimana konten yang ada pada masing-masing account akan berbeda dan tidak bisa dilihat/diakses jika menggunakan akun yang lain.
Guest Account Zenfone 2
Sayangnya, fitur ini nampak belum sempurna karena mimin merasakan pengalaman yang tidak mulus ketika berganti account (akun) dari Guest accoung ke owner account (mode normal) ataupun sebaliknya. Ditambah lagi fitur ini tidak dilengkapi dengan password ketika kita ingin masuk ke owner account (mengembalikan ke mode normal) sehingga orang lain bisa saja masuk ke owner account tanpa seizin kita.

Lock Apps

Ini juga merupakan salah satu fitur untuk menjaga privasi dari pengguna. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengunci aplikasi tertentu yang kita anggap perlu untuk “dilindungi” dari tangan-tangan jahil mengingat sekarang ini ada banyak sekali teman-teman kepo plus jahil yang berkeliaran di muka bumi. Aplikasi yang kita kunci hanya akan dapat dibuka dengan kode angka yang sudah kita tentukan sebelumnya. Dan perlu diingat bahwa kode-kode yang biasa kamu berikan pada gebetan tidak akan mampu membuka aplikasi yang terkunci tersebut.

Kids Mode

Sepertinya ASUS menyadari bahwa anak-anak di masa kini mulai kecanduan menggunakan gadget bahkan di usia yang masih sangat belia. Bermain game di gadget sudah menjadi hal yang lumrah, beda dengan kita anak-anak dari #Generasi90an. Hal ini tentu akan mempengaruhi interaksi sosial mereka di masa mendatang dan itu bukanlah hal yang baik. Dengan dihadirkannya fitur ini para orang tua dapat mengatur berapa lama si anak dapat bermain, dan aplikasi apa saja yang boleh digunakan.
Kids mode ASUS Zenfone 2
Selain itu, tampilan dari layar perangkat akan berubah menjadi terkesan lebih imut-imut seperti mimin.

Aplikasi ZenUI

Seperti pada perangkat seri sebelumnya, Zenfone 2 juga dilengkapi dengan aplikasi ZenUI. Mulai dari Email, Browser, File Manager hingga beberapa aplikasi custom seperti Backup, Auto Start Manager, Mini Movie, Photo Collage, Splendid, SuperNote, What’s Next, Do It Later, Quick Memo, Flash Light, Share Link, PC Link, Remote Link dan Party Link. Nah bingung kan? Sebagian besar dari aplikasi tersebut sangat bermanfaat untuk hal produktivitas meksipun beberapa juga ditujukan untuk mendukung kreativitas kita seperti Mini Movie dan Photo Collage misalnya.

Aplikasi Mini Movie memungkinkan kita untuk membuat video (slide show) dari beberapa foto yang digabungkan menjadi 1 buah file. Sedangkan fitur yang mendukung produktivitas antara lain ada SuperNote dan Quick Memo untuk mencatat. Aplikasi Quick memo sendiri menurut mimin sangat bermanfaat karena mimin sering kali menggunakan aplikasi ini untuk mengingatkan sesuatu yang sepele namun penting seperti yang bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini. Kita juga dapat me “minimize” aplikasi ini sehingga kita dapat dengan mudah menampilkan atau menyembunyikannya dari layar.
Aplikasi quick memo Zenfone 2
ZenLink

ZenLink adalah aplikasi yang memiliki akhiran “link” dibelakangnya. Aplikasi ini berguna untuk menghubungkan perangkat smartphone kita pada perangkat lain. Share Link misalnya, untuk memudahkan transfer data melalui WiFi ataupun Remote Link yang memungkinkan kita untuk mengendalikan laptop ASUS kita menggunakan smartphone.

Auto Start Manager

Fitur baru yang disematkan pada ASUS Zenfone 2 ini nampaknya akan sangat berguna untuk mengurangi beban RAM pada perangkat. Meski ia memiliki kapasitas RAM yang besar, namun kita tau bahwa tidak sedikit aplikasi yang terbilang rakus dalam penggunaan RAM. Belum banyak hal yang mimin ketahui dari fitur ini, namun sepertinya ini berfungsi untuk mencegah aplikasi untuk melakukan proses di background. CMIIW. Kita dapat memilih aplikasi mana saja yang ingin kita cegah agar tidak dapat seenaknya berjalan sendiri tanpa kita aktifkan.
Auto start manager ASUS Zenfone
Zen Motion

Ini adalah salah satu fitur baru pada smartphone ASUS Zenfone 2. Zen Motion adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk mengaktifkan atau menjalankan suatu apps langsung dari layar yang sedang nonaktif. Kita hanya perlu membuat pola ketika layar sedang mati untuk mengaktifkan apps tertentu. Misalnya ketika kita ingin mengakses fitur kamera, maka kita hanya perlu membuat pola huruf “C” pada layar yang mati, maka perangkat akan segera mengaktifkan kamera.

Ini tentu akan membantu kita untuk mengakses aplikasi tertentu dengan cepat tanpa perlu repot menyalakan layar dan mencarinya di App drawer. Kita juga bisa mengganti atau menentukan aplikasi apa saja yang dapat dijalankan dengan shortcut ini.

Boost Master

Fitur yang satu ini memungkinkan kita untuk melakukan charging dengan cepat. ASUS mengklaim bahwa kita bisa mengisi daya baterai hingga 60% dalam waktu kurang dari 39 menit. Namun setelahnya kecepatan pengisian daya akan diturunkan untuk menghindari terjadinya overheat atau panas berlebihan pada perangkat. Menurut pengujian yang mimin lakukan, fitur ini memang bekerja dengan baik. Dan untuk mengisi daya dari 5% hingga 100% dibutuhkan waktu sekitar 2 jam. Perlu dicatat bahwa fitur ini hanya berlaku untuk perangkat Zenfone 2 yang memiliki kapasitas RAM 4GB.
Fitur boost master ASUS Zenfone 2
Kamera

Ini adalah salah satu fitur yang menjadi perhatian utama mimin. Pada Zenfone generasi sebelumnya mimin mendapati bahwa gambar yang dihasilkan memiliki white balance yang tidak wajar dan sedikit over saturasi. Pada Zenfone 2 terlihat ada peningkatan yang sangat signifikan dimana kamera 13 Megapixel nya mampu menangkap gambar dengan lebih jernih serta cepat.
Fitur menu kamera ASUS Zenfone 2

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi kamera bawaan ini juga mendapatkan beberapa tambahan, diantaranya ada fitur Time Lapse, Super Resolution dan Manual Mode. Kamera depan beresolusi 5 Megapixel nya pun mendapatkan beberapa fitur tambahan seperti Low Light, serta Selfie Panorama. Mimin akan membuat pembahasan khusus soal fitur kamera pada halaman berikutnya. Cek link nya dibawah yaa!


HALAMAN TERKAIT :

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY