Gallery Hape Android Kamu Tidak Menampilkan Foto Yang Tersimpan? Coba Tips Ini...

Gallery Hape Android Kamu Tidak Menampilkan Foto Yang Tersimpan? Coba Tips Ini Deh!

132
0
SHARE

Gallery Hape Android Kamu Tidak Menampilkan Foto Yang Tersimpan? Coba Tips Ini Deh! – Waktu itu mimin iseng untuk melakukan update dari aplikasi Gallery di hape yang mimin gunakan. Beberapa jam setelah melakukan update, mimin pun coba membuka aplikasi tersebut karena ingin mengedit foto bersama gebetan untuk di upload di Instagram (@masbocah).

Dan semuanya pun lancar tanpa hambatan. Selesai. LOH, TERUS APA HUBUNGANNYA SAMA JUDUL POSTINGNYA? Ya nggak ada! Hahahahahahah..! Jadi gini ya, gaes. Kemarin itu ada yang nanya, kenapa sih kok tiba-tiba gallery di hape yang dipake mendadak nggak mau nampilin foto? Padahal jelas-jelas fotonya itu tersimpan di memory eksternal alias microSD card.

Ada yang cuma sebagian foto aja yang tidak tampil, ada pula yang mengaku semua fotonya hilang dari Gallery dan menampilkan pesan “No thumbnails” (tidak ada gambar mini), padahal ketika di cek, gambarnya masih ada tuh di microSD nya. Kira-kira kenapa bisa demikian yaa?

Foto tidak muncul di gallery hapeOke, disini mimin takkan membahas soal apa penyebab dari masalah tersebut karena bisa sangat panjang dan ribet, dan mimin pun bingung mau jelasinnya bagaimana. Yang jelas, di posting kali ini mimin bakal lebih prefer untuk memberikan tips tentang cara untuk mengatasi masalah pada Gallery itu, khususnya untuk perangkat Android. Langsung ke TKP aja yuk!

1. Pastikan hape kamu memiliki atau sudah terinstall aplikasi File Manager (Terkadang diberi nama Manajer berkas, atau semacamnya). Belum punya? Oke, kalau begitu kamu mesti download dulu! Kamu bisa coba aplikasi ASTRO File Manager yang bisa kamu download di Google PlayStore.

Belum tau cara download aplikasi di Android? Mampir ke halaman ini dulu deh! Atau halaman cara download aplikasi di Android melalui laptop. Sudah? Lanjut ke langkah berikutnya!

2. Buka aplikasi File Manager yang ada di hape atau tablet mu, lalu carilah folder dimana foto-foto yang hilang atau tidak muncul itu disimpan. Misal, dalam contoh ini anggaplah foto yang tak muncul itu tersimpan di microSD dalam folder DCIM. Maka mimin harus menuju ke penyimpanan yang menampilkan folder DCIM.

Kalau kamu pakai ASTRO File Manager, kamu perlu masuk ke penyimpanan microSD terlebih dahulu. Klik icon panah ke kiri yang terletak di sebelah kiri atas, pilih Location, lalu pilih SD card.

3. Sudah ketemu folder tempat menyimpan fotonya? Sekarang buatlah sebuah folder baru di tempat yang sama dengan letak folder fotomu itu (dalam contoh ini DCIM). Perhatikan gambar dibawah. Isi nama folder baru itu sesuka hatimu. Untuk membuat folder di ASTRO File Manager, kamu tinggal mengklik icon tiga titik yang berada di pojok kanan atas layar, lalu pilih New Folder (Folder Baru).

Mengatasi foto tidak muncul di gallery4. Sudah? Sekarang, pindahkan folder yang berisi foto yang tak muncul tadi (dalam contoh ini, DCIM) ke dalam folder yang baru kita buat tadi.

Caranya? Umumnya sih kita tinggal klik dan tahan beberapa detik diatas folder DCIM itu, lalu buka menu option (biasanya ada icon tiga titik di bagian atas atau bawah layar, tergantung apps file manager yang kamu gunakan), kemudian pilih Move (atau terkadang Cut) seperti pada gambar dibawah ini.

Gallery tak menampilkan foto di sd cardKetemu? Sekarang klik untuk masuk kedalam folder yang baru kita buat tadi, kemudian klik Paste (Tempel).

5. Tunggu hingga proses perpindahan selesai. Kemudian, pindahkan kembali folder yang baru saja kita pindahkan tadi (dalam contoh ini, DCIM) ke tempat semula. Caranya? Udah paham lah yaa. Sama kok seperti tadi.

Sekarang, kamu bisa cek aplikasi Gallery di hape kamu. Seharusnya sih, sekarang sudah bisa muncul seperti normal. Gampang, kan? Nah, itulah cara untuk mengatasi foto yang tidak muncul di Gallery hape.

Oke, sekian dulu yaa untuk posting kali ini. Semoga cukup jelas untuk dimengerti. Kamu bisa jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY