Memanfaatkan MicroSD Card di Andromax M3Y Sebagai Cloud Storage

Memanfaatkan MicroSD Card di Andromax M3Y Sebagai Cloud Storage

4015
2
SHARE

Memanfaatkan MicroSD Card di Andromax M3Y Sebagai Cloud Storage – Setelah mimin coba untuk mencicipi MiFi Smartfren Andromax M3Y selama beberapa hari untuk diulas pada blog Techijau.com ini, mimin menemukan satu fitur menarik yang menjadi salah satu poin plus dari mini WiFi router ini, yakni slot microSD.

Kelebihan kekurangan Smartfren Andromax M3YMungkin kamu bakal bertanya-tanya, sebenarnya apa sih fungsi dari slot microSD pada MiFi Andromax M3Y (dan M3Z) ini? Kalau kegunaan dari microSD nya sendiri sih jelas ya, yaitu untuk menyimpan data atau konten-konten tertentu. Tapi apakah perlu bagi sebuah perangkat MiFi untuk memiliki penyimpanan ekstra seperti itu? Nah, disinilah mimin akan coba untuk menjelaskan soal fitur tambahannya tersebut!

BACA JUGA : Apa Itu MiFi?

Kalau kita memasukkan microSD card pada perangkat ini, kita bisa memanfaatkannya untuk menyimpan atau mencadangkan konten yang ada pada smartphone, tablet, atau laptop yang terhubung dengan MiFi. Jadi, penyimpanan yang dimilikinya tersebut akan berfungsi layaknya sebuah cloud storage pribadi, sehingga kita bisa dengan mudah untuk berbagi konten dengan perangkat lain yang kita miliki. Berikut adalah gambaran atau ilustrasi sederhana yang telah mimin buat.

Fungsi microSD card pada Andromax M3YSudah kebayang fungsinya seperti apa? Yap, sekali lagi mimin sebutkan bahwa slot microSD dari perangkat MiFi ini dapat berfungsi sebagai cloud storage. Jadi, kita bisa melakukan upload file melalui WiFi untuk disimpan pada penyimpanan dari MiFi tersebut. Nah setelah itu, file yang sudah tersimpan itu akan dapat diakses, dilihat, atau bahkan di download oleh perangkat lain yang juga terhubung dengan MiFi yang sama, seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Fitur ini jelas sangat berguna untuk urusan produktifitas, karena kita bisa menyimpan file yang sekiranya penting agar mudah diakses oleh semua perangkat. Apalagi kalau kita sedang traveling, dimana sering kali aktivitas berfoto dan membuat video akan memakan banyak ruang pada memory penyimpanan, sehingga kita bisa memanfaatkan cloud storage pribadi kita ini untuk mencadangkan foto yang kita ambil, agar penyimpanan pada hape dapat digunakan kembali untuk mengambil lebih banyak foto.

Nah, bagi kamu yang ingin memanfaatkannya tapi belum tau cara agar dapat menikmati fitur tersebut, disini mimin juga akan sedikit buatkan tutorial singkatnya!

Cara Menggunakan / Memanfaatkan Penyimpanan microSD Pada MiFi Andromax M3Y & M3Z

Fungsi microSD pada Andromax M3Y1. Pertama-tama, pastikan perangkat smartphone, laptop, atau tabletmu sudah terhubung ke jaringan WiFi dari MiFi yang kamu gunakan. Lalu, silakan login ke aplikasi MyLink (M3Y / M3Z) melalui perangkat smartphone / tablet Android, atau kamu juga bisa melakukan login melalui browser pada perangkat selain tablet dan smartphone Android. Disini mimin anggap kalian sudah paham caranya yaa. Tapi kalau belum, kalian boleh mampir dulu ke halaman dibawah ini.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Aplikasi MyLink M3Y / M3Z

2. Sudah? Aplikasi akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.

Fungsi microSD card pada MiFi AndromaxNOTE : Kalau kamu menggunakan perangkat Android untuk membuka blog Techijau.com ini, mimin sarankan untuk menggunakan browser Chrome, Mozilla, atau browser bawaan Android agar gambar dan tampilan dari blog ini dapat muncul dengan baik.

Bukalah menu option yang terdapat pada bagian kiri atas layar (di sebelah kiri tulisan MyLink M3Y / M3Z) untuk menampilkan berbagai pilihan yang ada, seperti pada gambar diatas. Kemudian, pilih WiFi Disk.

3. Kalau kamu menggunakan microSD yang masih kosong, jelas tampilannya bakalan kosong juga dong. Nah untuk melakukan upload, kamu bisa mengklik icon upload di bagian bawah layar (terletak di tengah) seperti pada gambar dibawah ini.

Cara memanfaatkan microSD card Andromax M3YKita juga bisa membuat folder dengan mengklik icon add folder yang ada di sebelah kiri untuk memisahkan kategori file atau sekedar merapikan tampilan, sesuai dengan keinginan kita. Oiya, menu upload yang terdapat di bagian tengah itu hanya bisa digunakan untuk meng-upload satu buah file saja.

Dan kalau kamu ingin meng-upload banyak file sekaligus, kamu bisa membuka icon menu more option (di sebelah kanan bawah) dan pilih Multiple files upload, seperti pada gambar diatas.

4. Kalau sudah tersimpan dengan baik, maka sekarang kamu bisa mengakses file tersebut menggunakan perangkat lain yang juga terhubung dengan MiFi yang sama. Silakan login ke aplikasi MyLink dan lakukan seperti pada langkah nomor 1 dan 2 diatas.

Untuk melihat file yang sudah di upload, kita tinggal mengakses folder dan mengklik file yang ingin kita lihat. Untuk download pun juga sangat mudah. Atau mau download banyak file sekaligus? Gampang, tinggal sentuh dan tahan pada file, lalu kita akan bisa melakukan multiple select seperti pada gambar dibawah ini, dan bisa langsung mendownload nya dengan mengklik icon download (sebelah kiri bawah).

Cara menggunakan sd card pada MiFi AndromaxAwas, jangan sampai salah klik menu loh! Salah-salah nanti malah kehapus file nya. Hihihi 😀 Sayangnya, tampilan dari file yang di upload itu masih sangat sederhana, khususnya untuk file dalam bentuk gambar yang ternyata tidak menampilkan thumbnail atau preview gambar sehingga kita harus repot-repot untuk mengecek foto satu-persatu jika ingin mendownload file tertentu saja.

Nah, itulah cara untuk memanfaatkan slot microSD card pada MiFi Andromax M3Y dan M3Z. Gimana, gampang kan? Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY