Ini Dia Hape “Baru” Pertama Yang Bakal Menggunakan Android Nougat!

Ini Dia Hape “Baru” Pertama Yang Bakal Menggunakan Android Nougat!

508
0
SHARE

Ini Dia Hape “Baru” Pertama Yang Bakal Menggunakan Android Nougat! – Seperti yang sudah mimin kabarkan sebelumnya bahwa kemarin, tepatnya pada tanggal 22 Agustus 2016, Google telah secara resmi merilis atau meluncurkan update OS Android versi 7.0 Nougat untuk perangkat-perangkat yang mendukung (Nexus series).

Namun ada sesuatu yang berbeda pada perilisan kali ini, dimana ternyata tidak ada satu perangkat Nexus baru apapun yang turut diperkenalkan bersamaan dengan dirilisnya versi OS Android terbaru tersebut. Namun pada website resminya, Google memberikan sedikit “bocoran” bahwa nantinya, perangkat pertama yang akan menggunakan OS Android Nougat “out of the box” (kalau bahasa Indonesia nya sih : langsung, sejak pertama kali dibuka dari dusnya) adalah LG V20, sebuah calon andalan baru dari LG yang merupakan penerus dari LG V10.

Hape baru pertama menggunakan Android NougatAgak unik memang, mengingat perangkat pertama yang menggunakan OS Android terbaru itu bukanlah termasuk dalam keluarga Nexus series. Namun demikian, seperti yang terlihat pada gambar teaser diatas, LG V20 tak akan menggunakan UI “asli” dari Android, dan nampak menggunakan UI yang sudah dirombak, khas perangkat LG.

Itu artinya, meski LG V20 merupakan perangkat pertama di dunia yang mengusung OS Android Nougat, namun belum tentu nantinya ia juga akan mendapatkan update OS berikutnya secepat yang biasa didapatkan oleh perangkat Nexus. Karena tentu saja, akan butuh sedikit waktu bagi LG untuk menyesuaikan UI agar sesuai dengan UI standar dari perangkat LG.

Sekilas Tentang LG V20

Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, LG V20 merupakan generasi penerus dari LG V10 yang merupakan andalan bagi LG untuk pasar smartphone di kelas yang berbeda. Apa yang membuatnya berbeda adalah bagian layar yang memiliki 2 bagian terpisah, dimana layar utama akan memiliki bentang layaknya smartphone pada umumnya, sedangkan layar kedua akan memiliki ukuran yang kecil dan memanjang dan disematkan tepat di bagian atas layar utama yang akan selalu aktif untuk memberikan berbagai notifikasi serta informasi tertentu seperti jam, atau yang lainnya.

Sehingga, kita bisa melihat notifikasi apa saja yang masuk ke perangkat tersebut tanpa harus menyalakan layar utama. Dengan demikian, diharapkan adanya efisiensi daya alias penggunaan baterai, sehingga akan lebih hemat. Setidaknya, teorinya sih begitu 😀

Lebih lanjut, LG V20 ini dikabarkan bakal mengusung spesifikasi hardware yang bakal setara dengan perangkat flagship lain yang beredar saat ini. Sehingga bisa dipastikan bahwa perangkat ini bakal sangat powerful dan siap bersaing dengan smartphone kelas premium.

BACA JUGA : Apa Itu Flagship?

Menurut kabar yang beredar, LG V20 ini kemungkinan besar bakal resmi diperkenalkan pada tanggal 6 September 2016 mendatang di San Fransisco. Dan ya, perangkat Nexus yang baru hampir bisa dipastikan tidak akan diperkenalkan hingga tanggal tersebut.

Menurut kabar yang lain lagi, kemungkinan perangkat Nexus bakal mulai dimunculkan ke publik oleh Google bersamaan dengan dirilisnya Maintenance update untuk OS Android Nougat yang diperkirakan bakal berlangsung pada awal bulan Oktober tahun ini. Perangkat Nexus yang bakal hadir nanti bakal memiliki 2 seri berbeda, dan disebut-sebut akan dibuat oleh HTC dengan kode nama “Marlin” dan juga “Sailfish”.

Akan tetapiiiiii….. Hampir bisa dipastikan bahwa baik perangkat Nexus maupun LG V20 yang bakal diperkenalkan nanti itu tidak akan hadir di Indonesia secara resmi karena aturan ketat yang berlaku di tanah air. Wah, sayang sekali yaa 🙁

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY