Kenapa Hape Tidak Bisa Menyala Setelah Kehabisan Baterai?

Kenapa Hape Tidak Bisa Menyala Setelah Kehabisan Baterai?

7178
19
SHARE
Kenapa Hape Tidak Bisa Menyala Setelah Kehabisan Baterai? – Sebenernya sih mimin pribadi belum pernah mengalami kejadian seperti ini, tapi melihat dari cukup banyaknya pertanyaan yang masuk baik dari komentar di blog ini maupun melalui kontak email, mimin rasa perlu untuk membuat bahasan soal ini.

Pertanyaan yang mimin maksud adalah soal kenapa sih hape tidak bisa menyala setelah sebelumnya mati karena baterai lemah (lobat)? Sebagian dari mereka yang bertanya mengaku bahwa ketika coba untuk di cas (charge) alias di isi ulang, smartphone nya nampak tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan dan hanya memberi respon getaran saja. Dan bahkan, ada juga sebagian yang mengaku bahwa mereka sudah menunggu lama, tetapi baterai tidak mau mengisi, sehingga perangkat tidak bisa dinyalakan.

Jadi sebenarnya itu kenapa? Oke, disini mimin bakal coba jelaskan penyebabnya berdasarkan apa yang mimin ketahui, agar nantinya kamu dapat menghindari masalah serupa pada smartphone milikmu.

Apa yang salah?

Jika kamu pernah atau sedang mengalami masalah yang sama seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, kamu tak perlu panik karena belum tentu perangkatmu itu rusak. Dan sebenarnya, besar kemungkinan bahwa masalah hanya terjadi pada bagian baterai saja.

Iya, sebelumnya kamu perlu tau bahwa saat ini ada 2 jenis baterai yang digunakan oleh smartphone pada umumnya, yakni Li-Ion (Lithium Ion) dan Li-Po (Lithium Ion Polymare) yang mana keduanya punya keunggulan masing-masing seperti yang sudah pernah mimin tuliskan pada artikel ini. Nah biasanya, masalah smartphone yang tidak bisa di isi ulang setelah mati kehabisan baterai biasanya terjadi pada perangkat yang menggunkanan baterai berjenis Li-Po (kadang disebut juga sebagai Li Ion Polymare).

Sebenarnya, baterai Li-Po ini merupakan teknologi baterai yang lebih mutakhir dibandingkan Li-Ion biasa. Dari sisi masa pakai, ia bisa jauh lebih awet dan tidak akan mengalami masalah yang berarti jika di charge secara tidak beraturan, meskipun tetap saja hal itu tidaklah disarankan karena dapat mempercepat kerusakan pada baterai.

BACA JUGA : Kenapa baterai menjadi kembung?

Mimin pribadi sudah lama menggunakan smartphone yang dibekali baterai jenis ini di perangkat Sony Ericsson Live With Walkman (wt19i) yang sampai sekarang masih mimin gunakan (sejak Juni 2012) dan belum pernah sekalipun melakukan penggantian pada baterai. Yup, baterai jenis ini memang sangat awet jika dibandingkan dengan baterai berjenis Li-Ion biasa yang rata-rata sudah mengalami penurunan performa sebelum 2 tahun pemakaian.

BACA JUGA : Tips merawat baterai Li-Po pada smartphone

Namun dibalik keunggulannya itu, baterai Li-Po punya satu kelemahan yang bisa dibilang cukup mengganggu dan bahkan bisa membuat sebagian orang merasa panik. Jadi, ketika ia dibiarkan lobat hingga mati (kosong total), perangkat yang menggunakan baterai ini akan sulit untuk dinyalakan kembali sebelum baterai pulih total. Dan terkadang, baterai juga akan sulit untuk di isi kembali seperti yang sudah disebutkan diatas.

Maka, sangat disarankan untuk menghindari perangkat mati karena kehabisan baterai. Kalau misalnya sudah terlanjur lobat dan kamu tidak punya powerbank atau kamu tidak bisa melakukan charging, lebih baik matikan dulu perangkatmu sebelum baterai benar-benar lemah.

BACA JUGA : Review ZenPower, Powerbank dari ASUS

Tapi kalau ternyata sudah terlanjur mati dan gak bisa di cas……… Yaa kamu perlu bersabar, karena menurut beberapa laporan, kita harus melakukan charging selama berjam-jam atau bahkan hingga hampir 2 hari agar baterai bisa atau mau mengisi kembali. Tapi, bagi kamu yang menggunakan perangkat yang baterainya bisa dilepas, mungkin kamu bisa menggunakan desktop charger (sebagian menyebutnya sebagai charger kodok) untuk membantu pengisian baterai.
Charger kodok
Sumber gambar : Blibli.com
http://techijau.com/hape-tidak-bisa-menyala-setelah-lobat/Tapi inget, jangan sering-sering loh, karena charger yang paling baik adalah charger bawaan perangkat yang ada dalam paket penjualan. Oke, mungkin segitu aja posting kali ini, semoga bisa memberikan jawaban atas pertanyaanmu. Silahkan jelajahi blog Dunia Gadget 558 ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya 😀

19 COMMENTS

    • Coba dicabut dulu chargernya, terus tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih semenit, abis itu coba charge lagi. Kalo belum ada tanda kehidupan, coba biarin dulu selama beberapa menit, terus tekan dan tahan tombol power lagi selama semenit, dan biarin di charge. Pokoknya gituin terus aja. Kalo gabisa yaa terpaksa service

  1. hp lenovo saya mati ga bsa hidup, gara” semalem d tinggal tdr nntn youtube batre hbs 0%. waktu saya charger saya nyalain cma bisa sampai tulisan lenovo, layar blank. tp klo ada notif atau tlpn bergetar.. masalahnya layar blank, itu knp ya klo blh tau ? mhon jwbnnya.

  2. hay ka hp ku juga ga bisa di carge gara”nya aku matiin terus pas mau di nyalain eh malah mati ga nyala sama sekali. pas di cas ada gambar baterai tp ga ngisi” terus dia ngerestart sendiri tanpa aku sentuh terus muncul logo tapi eh mati lagi, gtu terus menerus aneh kan mohon pen cerahannya yah ka

    • Itu bootloop deh sepertinya. Coba masuk ke mode recovery untuk di hard reset, Kak. Untuk caranya, tiap tipe dan merk hape beda-beda yaa, jadi silakan coba untuk dicari dulu. Atau kalo nggak mau ribet, mungkin bisa klaim garansi untuk di install ulang. Kalo install ulang doang harusnya cepet..

      Oiya, perlu dicatat bahwa setelah hard reset atau install ulang, semua data yang kesimpen di internal memory bakal ilang..

  3. Jika hp kalian matot ga bisa di charge maka charge pakai power bank selama 30 menit, setelah itu charge pakai charge bawaan hp anda,ok terima kasih sudah membaca….

    By Mbah Sapip….

    • Masuk ke recovery mode, Kak. Terus cari option “Wipe data / Factory reset” (biasanya ngumpet dan mesti dicari dulu di dalam menu yang lain)

      Cara masuk recovery nya kalo nggak salah begini :
      1. Matiin hapenya
      2. Tekan dan tahan tombol volume up dan power (bersamaan) selama beberapa detik sampai muncul logo MI, langsung lepas tombolnya
      3. Nanti kita bisa menggunakan tombol volume keatas / kebawah buat highlight pilihan

      Atau kalau nggak bisa, terpaksa harus flashing. Tutorialnya silakan dicari sendiri ya Kak 🙂

  4. samsung mega 6,3 sy semalem kehabisan batre tinggal 15% trs sy matiin trs mau sy cas mlh gak bisa sy hidupin lg dgn kondisi daya se adanya mlh ada mlh ada mode genggaman dah di non aktif kan modenya msih aktif lgi

  5. Hape saya mi redmi3 pro. Mati karena kehabisan batre . Trus d chrgr ulang pake charger bawaan cumaa hidup muncul logo mi selanjutnya gambar btre sedang pengisian tapi cuma 0% nah udah d tunggu Berjam jam kok gada peningkatan ya gan. Itu gimana solusinya?

LEAVE A REPLY