Pengujian Gorilla Glass 5 Terhadap Goresan. Hasilnya?

Pengujian Gorilla Glass 5 Terhadap Goresan. Hasilnya?

2982
8
SHARE

Pengujian Gorilla Glass 5 Terhadap Goresan. Hasilnya?UPDATE! Setelah sebelumnya melakukan pengujian dan ternyata gagal, channel JerryRigEverything kemudian kembali membuat pengujian kedua sebagai update karena ditemukan sebuah kesalahan kecil pada pengujian versi awal. Kesalahan apa? Nanti mimin sertakan di bagian bawah tulisan yaa 🙂

——- Pengujian Awal ——-

Menjelang akhir Juli 2016 lalu, Corning secara resmi memperkenalkan produk kaca pelindung bagi layar gadget seri terbarunya yakni Gorilla Glass 5, yang ternyata langsung digunakan oleh Samsung pada Galaxy Note7 dan sekaligus juga menjadikannya sebagai perangkat pertama yang menggunakan Gorilla Glass 5.

Layar gorilla glass 5 mudah tergoresJika kamu mengikuti kabar yang mimin posting sebelumnya, maka kamu pasti sudah tau bahwa Corning mengklaim bahwa generasi baru dari kaca pelindung layar gadget ini memiliki ketahanan yang lebih tinggi, khususnya pada benturan. Mereka mengklaim bahwa kemungkinan dari kaca tersebut untuk dapat tetap utuh setelah jatuh dari ketinggian 1.6 meter adalah sekitar 80% (dalam keadaan layar menghadap kebawah, membentur permukaan datar) sehingga bisa dibayangkan bagaimana tangguhnya kaca tersebut.

BACA JUGA : Apakah Gorilla Glass Bisa Pecah?

Namun, bagaimana soal ketahanannya terhadap goresan? Nah, hal itulah yang coba diuji oleh seorang Youtuber dengan nickname JerryRigEverything melalui video yang di publikasikan pada channel Youtube nya. Iya menguji sebuah Samsung Galaxy Note, dan mencoba menggoreskan luka dihatinya beberapa jenis logam dengan skala Mohs (semacam tingkat kekerasan dalam rumah tangga suatu mineral termasuk logam, batu, dll) yang berbeda. Lalu bagaimana hasilnya? Langsung intip video nya aja deh..

Berdasarkan pengujian tersebut, terlihat jelas bahwa lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5 pada Samsung Galaxy Note yang diuji tersebut sudah mulai tergores ketika coba digores dengan menggunakan logam dengan skala Mohs 3, dimana menurut sumber yang sama, perangkat lain yang menggunakan Corning Gorilla Glass 4 mampu bertahan lebih baik dan baru akan terlihat goresannya setelah menggunakan logam dengan skala Mohs 6 keatas.

Lalu itu artinya apa? Artinya, layar dengan Gorilla Glass 5 akan sangat rentan untuk tergores dengan benda-benda keras yang biasa kita temukan di sekeliling seperti kunci, atau benda lainnya yang terbuat dari besi, nickel, tembaga, atau bahkan oleh kaca jenis lain pun ia juga bisa tergores.

Iya, mungkin itu sebuah “konsekuensi” yang harus dibayar karena Corning menginginkan Gorilla Glass 5 agar dapat bertahan lebih kuat dari benturan, dimana mereka harus menggunakan material yang lebih lunak dan elastis, sehingga akan menurunkan kemampuan untuk menahan goresan.

BACA JUGA : Perlukah Hape Dengan Gorilla Glass Menggunakan Pelindung Layar?

Tapi, bukan berarti Gorilla Glass 5 itu jelek loh yaa. Hanya saja, kekuatannya di distribusikan untuk kebutuhan yang berbeda. Toh kita masih bisa memberikannya sebuah lapisan pelindung tambahan seperti tempered glass, bukan?

Yap, sepertinya memang sang pembuat video sengaja membuat channel tersebut untuk menguji seberapa kuat ponsel-ponsel yang beredar dapat bertahan, sehingga konsumen dapat melakukan tindakan pencegahan agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan. Recomended tuh buat di subscribe! Hemm, jadi gimana nih menurut kalian, gaes? Kira-kira lebih suka yang tahan goresan, atau tahan benturan?

——- Pengujian Kedua ——-

Setelah sang pembuat video melakukan investigasi terhadap pengujian sebelumnya yang nampak agak sedikit mengecewakan karena lapisan layarnya dianggap terlalu cepat tergores, akhirnya ditemukan bahwa ternyata pada pengujian awal tersebut terdapat sedikit “kesalahan” kecil.

Jadi ceritanya, sebelum melakukan pengujian itu, si pembuat video coba untuk menajamkan “pick” (logam yang digunakan untuk menggores itu) dengan culprit, sebuah batu asahan yang konon memiliki skala mohs 8. Nah ternyata, serpihan dari batu culprit ini ada yang menempel pada pick yang digunakan oleh Jerry, sehingga layar pun jadi tergores karena serpihan kecil itu.

Lalu, Jerry memutuskan untuk mencoba pengujian lagi dengan menggunakan picks yang benar-benar baru dan dipastikan bersih dari serpihan mineral lain seperti yang terjadi sebelumnya, dan hasilnya :

Yap, pada video tersebut terlihat jelas bahwa layar tersebut baru tergores setelah diuji menggunakan logam dengan skala mohs 6, sangat berbeda dengan pengujian sebelumnya yang sudah tergores dengan logam nomor 3.

8 COMMENTS

  1. Comment: jujur saja all gorila glas emg sgt tahan thd pisau,cutter n logam yg lainya yg umum beredar dipasaran. tapi all gorilla glass, tidak tahan terhadap goresan butiran pasir dan batu/batu kerikil, batu kricak dan pecahan batu (batu kali). pasti akan tergores. silahkan dibuktikan. karena sy sudah membuktikan. hehe. atau coba tantang sales hp dg mengedepankan gorila glasnya digores pakai batu berani kagak. justru itu masalahnya bila hape terlempar (bukan terbanting) dijalanan, jujur saja material aspal mengandung pasir dan batu kerikil.

  2. mas. beli asus earphone ori buat dengerin musik dmn ya? kalo ada solusi merek lain yg bagus. cz sy takutnya kalo salah beli.mahal2 spt di toko aksesori hp

  3. Saya pake iphone6, katanya pake kaca anti goeress( gorilla???) masuk kantong kegores jg. Terpaksa pake anti gores,.produsen yg buat kaca anti gores, tapi banyak syaratnya or kondisi yg ideal.hadeeh, sm juga bohong,, just my opinion.

LEAVE A REPLY