HTC 10 Resmi Diperkenalkan, Menonjolkan Kekuatan Kamera & Sound

HTC 10 Resmi Diperkenalkan, Menonjolkan Kekuatan Kamera & Sound

684
0
SHARE

HTC 10 Resmi Diperkenalkan, Menonjolkan Kekuatan Kamera & Sound – HTC akhirnya secara resmi memperkenalkan smartphone flagship mereka untuk tahun 2016. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini HTC memberikan penamaan yang lebih simple, yakni HTC 10 tanpa embel-embel “One” seperti yang biasa digunakan pada perangkat flagship mereka sebelumnya (HTC One M8, One M9 dll).

HTC 10 versi IndonesiaKehadiran dari perangkat ini bisa dibilang agak sedikit terlambat jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Samsung dan LG yang sudah terlebih dulu memperkenalkan perangkat flagship mereka beberapa bulan sebelumnya. Mungkin karena HTC ingin menyedot perhatian yang lebih kali yaa, supaya momennya dapet gitu. Iya, mungkin.

HTC 10 mengusung setidaknya 3 buah fitur yang menjadi highlight alias nilai lebih yang ditonjolkan padanya, salah satunya adalah dari sisi kamera belakang. Kamera dengan resolusi 12 megapixel “UltraPixel” ini memiliki bukaan lensa atau aperture yang lebih lebar dari kamera smartphone pada umumnya (meskipun bukan yang terbesar di pasaran) yakni f/1.8, disandingkan dengan fitur OIS dan juga Laser autofocus generasi kedua untuk memberikan performa fokus yang lebih cepat dan akurat.

BACA JUGA : Apa itu aperture pada kamera?

Keistimewaan dari kamera ini terletak pada ukuran pixel yang besar pada sensornya, yakni 1.55µm per pixel. Perpaduan antara ukuran pixel besar plus aperture yang juga lebar ini menjanjikan performa fotografi yang baik khususnya di area minim cahaya, karena diatas kertas akan mampu menangkap cahaya yang lebih banyak, sehingga tidak hanya lebih terang, tetapi juga dapat meminimalisir noise.

BACA JUGA : Apa itu Noise pada kamera?

Berdasarkan info yang mimin baca, kamera ini juga mendukung untuk mengambil foto dalam format RAW, mengambil video beresolusi 4K serta didukung dengan kemampuan merekam audio stereo Hi-res 24-bit.

Fitur kedua yang menjadi fokus perhatian utama pada perangkat ini masih dari sisi kamera, kali ini di bagian depannya. HTC mengklaim bahwa HTC 10 merupakan smartphone pertama di dunia yang memiliki fitur OIS pada kamera depan. Ya, ini tentu sangat memanjakan para pecinta selfie.

Kamera beresolusi 5 megapixel aperture f/1.8 ini juga didukung dengan ukuran pixel yang tak kalah besar yakni 1.34µm. Lalu yang ketiga, HTC juga mengandalkan sisi sound sebagai nilai plus dari perangkat ini.

Speaker BoomSound dari HTC 10Speaker BoomSound yang diusungnya dilengkapi dengan 2 speaker terpisah dan masing-masing bekerja sebagai tweeter (untuk menghasilkan suara frekuensi tinggi) dan juga woofer (untuk menghasilkan suara frekuensi rendah) sehingga diklaim mampu menyuguhkan performa suara yang mengesankan, setidaknya untuk sebuah smartphone.

BACA JUGA : Spesifikasi Lengkap HTC 10

Dari sisi desain, ia nampak jauh berbeda dari HTC One M9, dan lebih mirip seperti HTC A9 dengan sebuah tombol home fisik di bagian tengah yang juga berfungsi sebagai scanner sidik jari. HTC juga nampak mempertahankan bahan metal sebagai pelapis body untuk perangkat ini.

Tak jauh beda dengan perangkat flagship dari kompetitornya, HTC 10 juga mengusung layar berukuran 5.2 inch Super LCD beresolusi QHD berlapis Corning Gorilla Glass 4 2.5D.

BACA JUGA : Perbedaan layar HD, FHD dan QHD

Untuk urusan performa, HTC 10 didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820, RAM 4 GB, kapasitas penyimpanan 32 / 64 GB (tersedia slot microSD), serta berjalan dengan sistem operasi Android v6.0 Marshmallow dengan Sense UI. Tak lupa, HTC juga membenamkan baterai dengan kapasitas 3000 mAh yang cukup besar untuk menunjang aktivitas seharian. Baterai ini dapat diisi hingga 50% dalam waktu sekitar 30 menit berkat teknologi Quick Charge 3.0.

HTC 10 Lifestyle

Sementara itu, diam-diam HTC juga turut menghadirkan HTC 10 Lifestyle, yang merupakan smartphone flagship khusus yang ditujukan untuk negara tertentu. Ia bisa dibilang merupakan versi downgrade dari HTC 10, dengan “hanya” berbekal chipset Qualcomm Snapdragon 652 serta RAM 3 GB, dan hanya tersedia dalam varian penyimpanan 32 GB.

Pada kabar yang sebelumnya beredar, HTC 10 Lifestyle juga pernah menampakkan dirinya dalam bentuk bocoran specs, namun saat itu ia diduga sebagai HTC 10 “lite”. Well, meski demikian, HTC 10 versi downgrade ini tak bisa dianggap remeh karena chipset Snapdragon 652 merupakan chipset kelas high-end (menengah keatas) dan bukanlah tipe chipset yang “lambat”.

BACA JUGA : Spesifikasi Lengkap HTC 10 Lifestyle

Jadi tentu saja, ia masih sangat bisa diandalkan. Untungnya, berbagai fitur lainnya masih dipertahankan pada HTC 10 Lifestyle, termasuk body metal, kamera UltraPixel, layar QHD, USB Type-C, dan juga OIS pada kamera depan dan belakang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY