Apa Itu Arti Dan Fungsi ISO Pada Kamera

Apa Itu Arti Dan Fungsi ISO Pada Kamera

25125
0
SHARE

Apa Itu Arti Dan Fungsi ISO Pada Kamera – Dunia fotografi sudah semakin akrab dengan masyarakat awam seiring dengan berkembang pesatnya pemasaran smartphone di seluruh dunia. Tidak heran, saat ini memang banyak smartphone yang menawarkan hasil foto yang apik dari fitur kamera yang dibawanya sehingga tidak sedikit dari para pengguna smartphone yang kecanduan fotografi termasuk dalam hal ini mimin sendiri.

Seiring perkembangannya, kamera pada smartphone yang beredar saat ini sudah mendukung pengaturan-pengaturan tertentu untuk mendukung kreativitas kita dalam mengambil foto meski pengaturan tersebut tidak selengkap pengaturan yang ada di kamera DSLR atau mirrorless. Salah satu pengaturan yang dimiliki oleh fitur kamera smartphone adalah ISO. Apa itu ISO? ISO merupakan salah satu dari Segitiga exposure dalam fotografi yang artinya merupakan salah satu elemen terpenting dalam menghasilkan foto.

BACA JUGA : 3 Faktor Yang Mempengaruhi Kecerahan Foto (Segitiga Exposure)

Menurut Wikipedia, ISO adalah istilah dalam fotografi yang digunakan untuk mengukur tingkat sensitifitas sensor terhadap cahaya. Seperti yang kita tau, biasanya akan terdapat angka di belakang tulisan ISO misalnya ISO 100, ISO 800 dan seterusnya.

Nah angka itu merupakan tingkatan-tingkatan sensitifitas yang bisa kita setting pada sensor kamera. Semakin tinggi ISO yang digunakan, maka sensor akan semakin sensitif sehingga kamera akan mampu menangkap gambar dengan lebih cerah sehingga tidak membutuhkan exposure atau sorotan cahaya ke kamera yang lama (yang di setting pada shutter speed). Perhatikan gambar dibawah ini.

Apa Itu ISO Pada KameraGambar diatas merupakan contoh ketika kita menggunakan variasi ISO yang berbeda dengan settingan aperture dan shuter speed yang sama. Gambar tersebut menunjukkan bahwa semakin besar nilai ISO yang digunakan maka gambar akan nampak semakin terang. Namun ketika kita menggunakan ISO yang besar, maka biasanya akan timbul efek samping berupa noise, seperti yang nampak pada gambar diatas.

BACA JUGA : Apa Itu Noise?

Ya, settingan ISO yang besar memang akan dapat menghasilkan gambar yang lebih terang, namun semakin besar nilai ISO yang digunakan untuk mengambil foto maka akan semakin banyak pula noise yang timbul, sehingga akan sedikit hasil foto akan nampak kurang baik dan kurang tajam. Berikut adalah contoh perbandingannya jika foto yang ditangkap menghasilkan gambar yang sama-sama terang.

Fungsi ISO Untuk FotografiSeperti yang bisa kita lihat, semakin kecil nilai ISO maka gambar akan terlihat semakin jernih. Besaran ISO yang digunakan juga akan mempengaruhi warna dari foto yang dihasilkan. Semakin kecil ISO yang digunakan maka akan dapat menghasilkan gambar yang semakin jernih dan juga warna yang bagus. Sebaliknya, ISO yang besar akan membuat warna foto menjadi lebih pudar seperti yang terlihat pada contoh foto yang mimin ambil dibawah ini.

Apa Itu ISONamun tentu saja kita harus melakukan perubahan setting pada shutter speed atau aperture (atau mungkin keduanya) untuk dapat menghasilkan foto yang sama cerahnya dengan gambar yang diambil dengan nilai ISO yang lebih besar. Namun pada kamera-kamera canggih biasanya gambar yang dihasilkan akan tetap baik (dalam arti minim noise) meski kita melakukan setting pada ISO yang cukup tinggi. Kebanyakan fotografer menyarankan untuk menggunakan setting ISO serendah mungkin ketika mengambil foto agar dapat menghasilkan warna yang baik.

Nah itulah arti dari istilah ISO serta kegunaannya pada kamera baik kamera smartphone ataupun kamera lainnya. Mimin akan membuat posting lebih lanjut mengenai fotografi untuk melengkapi artikel ini. Sementara itu silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY