Kenapa Kamera Zenfone 2 Low Light Mode Tidak Bisa 13 Megapixel?

Kenapa Kamera Zenfone 2 Low Light Mode Tidak Bisa 13 Megapixel?

1187
0
SHARE
Kenapa Kamera Zenfone 2 Low Light Mode Tidak Bisa 13 Megapixel? – Salah satu fitur andalan dari kamera yang dimiliki oleh perangkat ASUS Zenfone 2 adalah mode Low light. Mode ini bisa kita jadikan sebagai andalan ketika kita ingin mengambil gambar atau foto pada keadaan minim cahaya seperti misalnya ketika berfoto di dalam ruangan atau berfoto di malam hari. Perbedaan foto yang dihasilkan dibandingkan dengan menggunakan mode auto cukup signifikan seperti pada contoh gambar dibawah ini. Kemampuannya pun jauh melampaui kamera smartphone lain di kisaran harga yang sama.
Hasil kamera Zenfone 2 low light mode

Namun salah satu kekurangan dari mode ini adalah soal resolusi atau ukuran dari gambar yang ditangkap. Mode low light pada Zenfone 2 hanya bisa menangkap gambar sebesar 3 megapixel saja. Hal ini sempat ditanyakan oleh salah satu pembaca yang merasa heran ketika ia mengetahui ada sesuatu yang janggal ketika ia menggunakan mode ini pada smartphone miliknya, dan sesuatu itu tidak lain adalah settingan ukuran gambar yang hanya mentok di 3 megapixel. Dan karena hal itu ia sempat mencurigai bahwa perangkat yang dibelinya itu adalah palsu.


Sebenarnya itu bukanlah bug, dan jika kamu juga menemukan hal yang sama pada Zenfone 2 milikmu, itu adalah hal yang wajar. Memang, kamera yang diusung oleh Zenfone 2 memiliki kemampuan mengambil gambar dengan resolusi maksimal 13 megapixel. Namun ketika menggunakan mode low light, kamera perangkat hanya akan mampu menangkap gambar dengan ukuran 3 megapixel saja. Mengapa bisa demikian?
Resolusi cuma 3 megapixel

Ketika kita menggunakan mode Low light, software kamera akan menyatukan 4 pixel pada sensor kamera untuk dapat menangkap cahaya dengan lebih baik, meskipun konsekuensinya adalah resolusi gambar yang bisa ditangkap nantinya akan dibagi 4 (karena 4 pixel yang disatukan tadi) sehingga resolusi maksimal yang bisa ditangkap adalah 13 MP : 4 = 3 MP lebih sedikit. Namun di sisi lain, hal ini sangat menguntungkan untuk memungkinkan kamera agar dapat mengambil gambar yang terang di malam hari dengan shutter speed yang lebih cepat serta nilai ISO yang lebih rendah sehingga gambar yang ditangkap akan memiliki warna yang lebih realistis. Mode ini lebih cocok untuk foto di jarak dekat seperti pada contoh gambar yang sudah mimin sematkan diatas.


Jadi jika kamu menemukan bahwa setting resolusi kamera hanya sampai 3 megapixel saja, kemungkinan Zenfone 2 milikmu sedang menggunakan mode Low light. Silahkan kembalikan ke mode auto atau mode yang lain agar kamu dapat melakukan setting ukuran gambar hingga 13 megapixel pada kamera perangkatmu. Nah jika kamu punya pertanyaan lain mengenai Zenfone 2, mungkin posting tentang index tanya jawab ASUS Zenfone 2 akan bisa membantumu. Silahkan jelajahi Techijau.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY